sign up SIGN UP

5 PTN yang Dikenal dengan Biaya Kuliah Paling Murah, Mulai Rp475 Ribuan per Semester!

Tim Redaksi detikEdu | Beautynesia
Jumat, 15 Jul 2022 11:00 WIB
5 PTN yang Dikenal dengan Biaya Kuliah Paling Murah, Mulai Rp475 Ribuan per Semester!
caption
Jakarta -

Selain jurusan kuliah, satu hal yang sering menjadi pertimbangan saat memilih perguruan tinggi adalah masalah biaya kuliah atau Uang Kuliah Tunggal (UKT). Hal ini sering jadi bahan pertimbangan karena tentu untuk menyesuaikan dengan keadaan ekonomi. 

Setiap perguruan tinggi pun memiliki biaya kuliah yang beragam. Ini dipengaruhi oleh jalur masuk seperti prestasi, SNMPTN, SBMPTN, atau pun mandiri. 

Dari puluhan perguruan tinggi negeri (PTN) di Indonesia, ada deretan yang dikenal memiliki biaya pendidikan murah. Yang mana mulai dari Rp475 ribuan, kita sudah bisa berkuliah. 

Berikut deretan PTN yang dikenal dengan biaya kuliah murah. Simak yuk!

1. Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)

Kampus Universitas Negeri Yogyakarta (UNY).Kampus Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)./ Foto: Dok. UNY

Yogyakarta sering kali disebut sebagai kota pelajar. Banyak para pelajar yang kemudian menempuh pendidikan di Jogja karena ada deretan universitas terbaik yang tersedia. 

Belum lagi masalah biaya hidup yang begitu murah pun sering kali jadi incaran untuk menetap selama pendidikan. Nah ternyata, salah satu PTN di Jogja, yakni Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) menawarkan biaya kuliah yang murah lho!

Biaya pendidikan Sarjana (S1) di UNY ditentukan dari tingkat kemampuan ekonomi orangtua atau wali mahasiswa. Mahasiswa yang diterima dengan jalur SM S1 UNY akan dikenakan minimal UKT III dan Uang Pangkal Pengembangan Akademik (UPPA). 

Dari semua jurusan yang berasal dari 7 fakultas, biaya pendidikan di UNY paling murah akan dikenakan pada UKT I, sebesar Rp500 ribu. Lalu, paling tinggi akan dikenakan UKT VII pada jurusan di fakultas teknik, sebesar Rp6,3 juta.

2. Universitas Sebelas Maret (UNS)

Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Kamis (10/3/2022).Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo/ Foto: dok UNS

Beralih ke Solo, Jawa Tengah ada Universitas Sebelas Maret yang tak kalah dengan UKT murahnya. Kisaran biaya UKT ini mulai dari Rp475 ribu sampai Rp4 jutaan. 

UKT pada masing-masing program studi dibagi menjadi delapan kelas atau kelompok. Untuk kelompok I dan kelompok II, biaya UKT akan dikenakan sebesar Rp475 ribu dan Rp975,5 ribu.

Lalu, untuk kelompok III sampai VII, biaya UKT semakin besar dengan rentang biaya antarkelompok sekitar Rp400 ribuan sampai Rp1 juta. Sedangkan kenaikan nominal dari kelompok VII ke VIII pun akan lebih besar lagi, kisaran Rp100 ribu sampai Rp4jutaan.

3. Universitas Brawijaya (UB)

Universitas Brawijaya, Malang, Jawa Timur (dok. UBTV)Universitas Brawijaya, Malang/ Foto: dok. UBTV

Malang pun tak kalah jadi incaran mahasiswa karena ada Universitas Brawijaya. Perguruan Tinggi Negeri ini menawarkan biaya kuliah yang begitu murah. 

Untuk biaya kuliah mahasiswa yang diterima dengan jalur SNMPTN dan SBMPTN 2022, terbagi menjadi 6 kelompok. UKT terendah yakni Rp500 ribu dan UKT VI tertinggi pada jurusan Kedokteran Gigi mencapai Rp21 juta. 

Selain ketiga daftar di atas, masih ada daftar perguruan tinggi lainnya dengan biaya kuliah yang murah. Baca selengkapnya di sini. 

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id