5 Tips Menghadapi Rekan Kerja yang Suka Bergosip

Nazhifah Husna S | Beautynesia
Senin, 13 Mar 2023 15:00 WIB
5 Tips Menghadapi Rekan Kerja yang Suka Bergosip
Menghadapi rekan kerja tukang gosip. /Foto: Freepik.com/teksomolika.

Rekan kerja yang suka bergosip dan 'suka berbicara omong kosong' seringkali kita temukan di kantor. Baik itu perempuan atau pria, memiliki teman yang suka berbicara hal negatif ini memang bisa dirasa menyebalkan.

Suka tidak suka, tentu jadi harus menerima hal tersebut selama bekerja. Meski sulit dihindari, namun ada beberapa cara yang bisa kamu hadapi saat bertemu teman kantor yang suka bergosip ini.

Dilansir melalui LinkedIn, berikut 5 tips menghadapi rekan kerja tukang gosip yang perlu kamu atasi.

 

Ilustrasi wanita menghindari gosip di tempat kerja. /Foto: Unsplash.com/wocintechchat
Ilustrasi wanita menghindari gosip di tempat kerja. /Foto: Unsplash.com/wocintechchat


1. Tidak Perlu Ikut Berpartisipasi

Usahakan untuk tidak memberikan respon dengan mendengarkan atau mencari cara untuk melanjutkan apa yang sedang digosipkan oleh rekan kerja di kantor. Jika perlu, beri batasan interaksi antara diri kamu dengan mereka yang suka bergosip.

Cara ini sangat sederhana dan bisa menjadi pilihan terbaik agar lingkungan kerja kamu tidak dipenuhi dengan aktivitas yang negatif. 

2. Katakan Sesuatu yang Positif

Gosip identik dengan menyebarkan suatu berita negatif yang sebenarnya hal tersebut belum tentu sesuai dengan fakta. Tentu hal ini bukan suatu hal yang menyenangkan sehingga dapat menguras energi kamu.

Daripada mengatakan hal-hal negatif tentang seseorang, usahakan selalu berkata positif untuk menciptakan topik pembicaraan yang lebih bermakna.

Tips Menghadapi Rekan Kerja yang Suka Bergosip Lainnya:

Ilustarasi teman kerja yang suka gosip di kantor. /Foto: Freepik.com/freepik.

3. Tetap Jaga Privasi Kamu

Memiliki teman di kantor memang sangat menyenangkan untuk menghabiskan waktu bersama. Namun jika kamu mendapatkan rekan kerja yang suka bergosip, lebih baik kamu menjaga interaksi dengan mereka. Jaga juga privasi kamu untuk menghindari pembicaraan negatif di belakang.

Ilustrasi menghinadari rekan kerja tukang gosip. /Foto: Freepik.com/Freepik.
Ilustrasi menghinadari rekan kerja tukang gosip. /Foto: Freepik.com/Freepik.

4. Jangan Memasukkan ke Dalam Hati

Seringkali rekan kerja yang suka bergosip itu selalu melontarkan kalimat sindiran, umpatan, bahkan omong kosong secara sengaja. Namun, kamu perlu hadapi hal tersebut secara tegas dan objektif. Daripada harus menyerang balik dengan cara emosional atau marah, lebih baik redam hal tersebut dan tidak perlu memasukkannya ke dalam hati.

 

5. Tetap Fokus dengan Diri Sendiri

Profesionalitas adalah hal paling utama dalam menjalani pekerjaan. Oleh sebab itu, jangan kamu sampai terlarut dalam sebuah drama akibat digosipkan oleh rekan kerja. Fokuslah dengan diri sendiri untuk meningkatkan reputasi di perusahaan tempat kamu bekerja. Cara ini sangat membantu agar kamu bisa lebih fokus untuk mengembangkan karir yang lebih baik di masa depan.

 

Nah, itu dia Beauties! Beberapa cara mengatasi rekan kerja yang tukang gosip di lingkungan perusahaan. Meski hal tersebut sulit untuk dihindari, kamu tetap perlu bisa mengatasinya agar tetap bisa bekerja secara profesional. Dengan begitu, akan lebih mudah kamu untuk beradaptasi dan tidak terjerumus dalam hal negatif di lingkungan kerja sekitar.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE