5 Tips Menghadapi Rekan Kerja yang Suka Bergosip

Nazhifah Husna S | Beautynesia
Senin, 13 Mar 2023 15:00 WIB
Menghadapi rekan kerja tukang gosip. /Foto: Freepik.com/teksomolika.

Rekan kerja yang suka bergosip dan 'suka berbicara omong kosong' seringkali kita temukan di kantor. Baik itu perempuan atau pria, memiliki teman yang suka berbicara hal negatif ini memang bisa dirasa menyebalkan.

Suka tidak suka, tentu jadi harus menerima hal tersebut selama bekerja. Meski sulit dihindari, namun ada beberapa cara yang bisa kamu hadapi saat bertemu teman kantor yang suka bergosip ini.

Dilansir melalui LinkedIn, berikut 5 tips menghadapi rekan kerja tukang gosip yang perlu kamu atasi.

 


Ilustrasi wanita menghindari gosip di tempat kerja. /Foto: Unsplash.com/wocintechchat


1. Tidak Perlu Ikut Berpartisipasi

Usahakan untuk tidak memberikan respon dengan mendengarkan atau mencari cara untuk melanjutkan apa yang sedang digosipkan oleh rekan kerja di kantor. Jika perlu, beri batasan interaksi antara diri kamu dengan mereka yang suka bergosip.

Cara ini sangat sederhana dan bisa menjadi pilihan terbaik agar lingkungan kerja kamu tidak dipenuhi dengan aktivitas yang negatif. 

2. Katakan Sesuatu yang Positif

Gosip identik dengan menyebarkan suatu berita negatif yang sebenarnya hal tersebut belum tentu sesuai dengan fakta. Tentu hal ini bukan suatu hal yang menyenangkan sehingga dapat menguras energi kamu.

Daripada mengatakan hal-hal negatif tentang seseorang, usahakan selalu berkata positif untuk menciptakan topik pembicaraan yang lebih bermakna.

(fip/fip)