sign up SIGN UP

5 Tradisi Unik Lebaran di Berbagai Negara, Penuh Kemeriahan dan Suka Cita!

Natasha Riyandani | Beautynesia
Rabu, 04 May 2022 11:00 WIB
5 Tradisi Unik Lebaran di Berbagai Negara, Penuh Kemeriahan dan Suka Cita!
caption

Bulan Ramadan telah berakhir, berganti dengan hari penuh kemenangan. Merayakan Hari Raya Idulfitri, umat Muslim di seluruh dunia mempunyai cara tersendiri untuk merayakan hari lebaran tersebut.

Di Indonesia sendiri, perayaan lebaran ditandai dengan malam takbiran, pawai obor, pukulan bedug, yang dilakukan pada malam menjelang lebaran. Lalu, solat Ied berjamaah dan yang tak kalah ditunggu-tunggu yaitu makan ketupat dengan opor ayam. Membuat suasana lebaran semakin memiliki ciri khas.

Tradisi perayaan lebaran di masing-masing negara tentu saja berbeda dan memiliki ke-unikan tersendiri. Hal tersebut yang menjadikan perayaan lebaran di berbagai negara menjadi semakin meriah, dan banyak orang bersukacita.

Mengutip dari HaiBunda dan sumber lain, berikut tradisi unik lebaran yang ada di berbagai negara. Simak yuk!

1. Arab Saudi

Melihat tradisi unik perayaan lebaran khas Arab Saudi
Ilustrasi Tradisi Unik Lebaran khas Arab Saudi/ Foto: Freepik.com/freepik

Masyarakat Arab Saudi merayakan lebaran dengan berkumpul bersama keluarga maupun kerabat untuk makan bersama. Menghias rumah dengan pernak pernik saat lebaran membuat Arab Saudi memiliki tradisi unik dan menarik untuk perayaan lebaran.

Selain itu, perayaan lebaran di Arab Saudi identik dengan perayaan kesenian seperti teater, bermain musik, menari, dan pertunjukan seni lainnya. Hal tersebut bertujuan untuk menyambut hari kemenangan setelah selesai melaksanakan ibadah puasa selama satu bulan.

2. Turki

Melihat tradisi unik perayaan lebaran khas Turki
Ilustrasi Tradisi Unik Lebaran khas Turki/ Freepik.com/azerbaijan-stockers

Perayaan lebaran di Turki dikenal dengan sebutan Seker Bayram yaitu pesta gula. Masyarakat akan mengunjungi rumah-rumah tetangga untuk mengucapkan selamat Hari Raya.

Mereka akan saling menyapa dengan sebutan “Bayraminiz Mubarek olsun” atau “Bayraminiz Kutlu olsun” artinya hampir sama yaitu selamat hari bayram atau lebaran.

3. Malaysia

Melihat tradisi unik perayaan lebaran khas Malaysia
Ilustrasi Tradisi Unik Lebaran khas Malaysia/ Foto: Freepik.com/freepik/ 

Tak jauh berbeda dengan Indonesia, perayaan lebaran di Malaysia dengan sajian ketupat dan menu hidangan khas lebaran.

Selain itu, mudik atau pulang kampung kerap dilakukan oleh masyarakat Malaysia. Tradisi unik lainnya, masyarakat Malaysia sibuk mendekorasi rumahnya dengan pelita (lampu minyak).

Tradisi lama yang kerap masih ditemukan yaitu Open House, sebuah kegiatan yang mempersilahkan orang-orang untuk datang menikmati sajian makanan dan mendapat hadiah yang disediakan.

4. Uni Emirat Arab

Melihat tradisi unik perayaan lebaran khas Uni Emirat Arab
Ilustrasi Tradisi Unik Lebaran khas Uni Emirat Arab/ Foto: Freepik.com/rawpixel-com

Hampir sama dengan perayaan lebaran yang dilakukan masyarakat Indonesia, masyarakat UEA akan berkumpul bersama dengan keluarga d irumah. Mencicipi hidangan lokal bernama Ouzi, yang disajikan khusus saat lebaran. Hidangan tersebut berupa nasi dengan daging kambing dan diberi taburan kacang pinus goreng.

Selain itu, masyarakat UEA kerap menyelenggarakan perayaan lebaran dengan acara dan pertunjukkan kesenian berupa sulap, pertunjukkan tari, di saat lebaran.

5. India

Melihat tradisi unik perayaan lebaran khas India
Ilustrasi Tradisi Unik Lebaran khas India/ Foto: Freepik.com/freepik/

Terakhir, tak kalah unik tradisi lebaran di India adalah menyantap makanan yang kaya akan rasa rempah-rempah. Makanan khusus yang disajikan saat lebaran yaitu Siwaiyaan.

Siwaiyaan merupakan makanan dengan campuran bihun manis, disajikan bersama dengan buah-buahan kering dan susu. Hidangan satu ini menjadi menu wajib yang ada di India, sama seperti samosa dan nasi briyani. Tertarik untuk mencoba?

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id