sign up SIGN UP

5 Trik Psikologis untuk Kamu yang Sulit Tidur, Coba yuk Biar Jam Tidurnya Normal Lagi!

Budi Rahmah Panjaitan | Beautynesia
Selasa, 28 Dec 2021 22:15 WIB
5 Trik Psikologis untuk Kamu yang Sulit Tidur, Coba yuk Biar Jam Tidurnya Normal Lagi!
caption

Kesulitan tidur merupakan salah satu persoalan yang cukup sering didengar. Terbaring di tempat tidur dengan waktu yang sudah menunjukkan jam tidur, namun sulit untuk terlelap dan beristirahat tentulah sangat menyebalkan.

Kamu mungkin berpikir andai saja ada seseorang yang membacakan dongeng atau buku tertentu yang membuat kamu bisa tertidur. Namun sayangnya, kamu harus menghadapi kesulitan tidurmu sendiri.

Namun tidak perlu khawatir, dikutip dari laman Bustle, dari sisi psikologi ada beberapa trik yang dapat membantu membantu seseorang yang sulit tidur. Simak selengkapnya di bawah ini.

Fokus pada Gambar Santai, Bukan Menghitung Domba

Ilustrasi melihat gambar pemandangan/ Foto: Freepik.com
Ilustrasi melihat gambar pemandangan/ Foto: Freepik.com

Beauties, kamu mungkin sudah tidak asing lagi dengan salah satu latihan mental yang digunakan untuk menidurkan diri dengan cara menghitung domba. Namun ternyata dalam trik psikologis, hal tersebut tidak perlu dilakukan. Sebuah studi dari Oxford University pada tahun 2010 menemukan sesuatu yang menarik yakni bahwa menghitung domba tidak memengaruhi pola tidur.

Terlepas dari mitos tentang efisiensinya, menghitung domba dengan cara berurutan ternyata tidak memberu dampak apapun untuk menenangkan otak supaya mengantuk. Sebaliknya, hal yang disarankan adalah melihat gambar-gambar santai dan tempat yang tenang seperti pegunungan maupun pantai.

Lakukan Hitungan Mundur

Ilustrasi menghitung mundur/ Foto: Freepik.com
Ilustrasi menghitung mundur/ Foto: Freepik.com

Hal ini merupakan proposisi menarik yang dikemukakan oleh ahli tidur. Menurut mereka, apabila ingin menggunakan metode menghitung untuk bisa mengantuk, maka cobalah hitungan mundur.

Sebagai contoh, mulai dari hitungan 1000 kemudian mengelompokkannya secara matematis. Misalnya menyebutkan bilangan prima yang ada pada rentang 1000 sampai 1. Hal ini mengarahkan otak untuk fokus pada yang lebih menantang sehingga berpotensi untuk membuat rasa kantuk.

Latihan Teknik Pernapasan 4-7-8

Ilustrasi bernapas di tempat tidur/ Foto: Freepik.com
Ilustrasi bernapas di tempat tidur/ Foto: Freepik.com

Dokter Andrew Thomas Weils yang merupakan seorang dokter selebriti Amerika yang cukup terkenal dengan alternatif teknik pernapasan 4-7-8. Ternyata, teknik ini juga bisa dipakai untuk mendatangkan rasa kantuk bagi yang kesulitan tidur.

Cara melakukannya yakni dengan menarik nafas selama 4 detik, kemudian menahan yang selama 7 detik dan menghembuskannya selama 8 detik. Teknik ini bisa dilakukan secara berulang untuk merasakan khasiatnya. Hal ini bisa memperlambat pernapasan dan membuat kamu memperhatikan proses pernapasan yang terjadi.

Menggunakan Citra Terpandu

Ilustrasi relaksasi di kamar/ Foto: Freepik.com
Ilustrasi relaksasi di kamar/ Foto: Freepik.com

Adapun maksud dari citra terpandu di sini adalah sebuah teknik penginduksi tidur khusus yang melibatkan situasi, objek, tempat maupun ingatan yang membuat seseorang menjadi merasa lebih tenang. Seseorang bisa merasa lebih rileks dengan suatu tempat yang dulunya pernah ia diami.

Misalnya saja, kamar yang pernah ditiduri di rumah nenek atau kamar masa kecil yang dipenuhi boneka berwarna oranye. Untuk itu cobalah memvisualisasikan kamar tidur kembali seperti hal tersebut untuk mendapatkan relaksasi yang membantu mendatangkan rasa kantuk.

Berlatih Menghentikan Pikiran

Ilustrasi berpikir/ Foto: Freepik.com
Ilustrasi berpikir/ Foto: Freepik.com

Tubuh mungkin berada di atas tempat tidur, tapi pikiran bisa saja masih berkelana memikirkan hal lain. Anxiety And Deppression Association of America mengungkapkan bahwa salah satu penyebab utama gangguan siklus tidur adalah kecemasan.

Apabila kasusnya seperti ini, melihat gambar yang menyenangkan mungkin tidak akan cukup membantu. Untuk itulah diperlukan teknik berlatih menghentikan pikiran. Teknik ‘berlatih menghentikan pikiran’ ini berasal dari University of South Carolina.

Dalam teknik ini seseorang yang sedang sulit tidur karena kecemasan diarahkan secara sadar untuk memanggil pikiran dan kekhawatiran yang sedang mengganggu mereka untuk tidur. Setelah itu mereka diarahkan untuk berpikir dengan huruf kapital 'BERHENTI!'. Hal tersebut merupakan upaya untuk memerintah diri sendiri untuk tidak memikirkan kecemasan tersebut.

Nah, trik di atas bisa mulai kamu coba malam ini, Beauties.

[Gambas:Youtube]

-----------

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id