STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600

6 Alasan Penting Mengapa Perempuan Juga Harus Mandiri Secara Finansial

Novianty Aulia Anjani | Beautynesia
Jumat, 20 Aug 2021 23:00 WIB
6 Alasan Penting Mengapa Perempuan Juga Harus Mandiri Secara Finansial

Menjadi mandiri secara finansial memang sudah bukan 'zamannya lagi' hanya dimiliki pria, tetapi juga sepatutnya dilakukan pula oleh para perempuan. Diperlukan sikap yang mandiri sebagai bentuk kesadaran bahwa perempuan juga berdaya untuk melakukan segala hal.

Tak cuma berbicara perihal kesetaraan hak, keberhasilan perempuan untuk mandiri secara finansial menjadi hal yang sangat penting mengingat hampir semua aspek kehidupan dipengaruhi oleh kondisi finansial. Setuju, Beauties?

Bagi kamu yang masih ragu akan hal itu, berikut Beautynesia telah merangkum 6 alasan mengapa perempuan harus mampu mandiri secara finansial. Yuk simak artikelnya berikut ini!

1. Meningkatkan Kepercayaan Diri

Kemampuan dalam finansial mampu meningkatkan kepercayaan diri kamu lho.
Mampu berdiri sendiri membuat kamu lebih percaya diri terhadap potensi dalam diri/Foto:Freepik.com/Marymarkevich


Percaya atau tidak, kemandirian secara finansial dapat membuat kamu menjadi lebih percaya diri dalam menghadapi segala hal, lho.

Ya, keyakinan tersebut didasari oleh adanya perasaan berdaya dan mampu berdiri sendiri secara finansial. Hal inilah yang akhirnya membuat kamu merasa lebih berani dalam mengambil segala keputusan secara bebas tanpa dipengaruhi oleh orang lain.

Seperti yang dilansir dari laman Women's Web, di mana para perempuan cenderung merasa dihargai ketika mampu memenuhi kebutuhan hidup dengan usahanya sendiri. Untuk itu, dampaknya kamu menjadi lebih percaya diri dalam menunjukkan kemampuan potensial yang terpendam dalam diri.

2. Bisa Mengandalkan Diri Sendiri

Kemandirian yang kamu miliki membuat kamu menjadi pribadi yang tegas dalam mengambil keputusan sehingga selalu dapat diandalkan oleh orang lain.
Menjadi pribadi yang selalu dapat diandalkan/Foto:Freepik.com/Drobotdean


Memiliki pondasi yang kuat di bidang finansial tentunya membuat kamu menjadi perempuan yang dapat diandalkan. Ketika mendapati kerabatmu mengalami kesulitan, kamu akan selalu siap untuk menyumbangkan pikiran ataupun bantuan lain yang dibutuhkan oleh temanmu.

Tak cuma untuk orang lain, kamu juga menjadi pribadi yang dapat diandalkan untuk kebutuhan diri kamu sendiri. Dengan sikap kemandirian tersebut, kamu dapat menentukan dengan mudah segala keputusan untuk hidupmu ke depannya.

Sehingga, ketika dihadapi beragam pilihan sulit seperti apakah ingin melanjutkan pendidikan, ingin membeli barang yang sudah lama diincar, ingin membeli hadiah buat orang tua, dan lain halnya, tidak lagi membuat pusing karena kondisi finansial yang kamu miliki.

3. Biaya Hidup yang Terus Bertambah

Mandiri secara finansial dapat membuatmu bertahan dan tidak bingung dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari.
Menyelaraskan biaya hidup yang terus bertambah/Foto:Freepik.com/Tirachardz


Semakin bertambahnya waktu maka semakin banyak pula kebutuhan hidup yang harus kamu penuhi, plus inflasi. Kondisi ini juga diikuti pula dengan biaya hidup yang terus meningkat di setiap waktunya.

Oleh karena itu Beauties, penting bagi kamu untuk memperkuat kemampuan finansial guna menunjang kualitas hidupmu ke depannya. Sekalipun sudah berumah tangga, hal ini sebaiknya tetap perlu kamu lakukan. Alasan pertama, kamu pun bisa saling bekerja sama dengan suami dalam membiayai rumah tangga. Selain itu, 'sebagai cadangan' jika sewaktu-waktu ditemui kondisi tak terduga yang membutuhkan biaya besar.

4. Perempuan Pekerja, Mendukung Kesetaraan

Sudah waktunya bagi perempuan untuk unjuk potensi serta kemandiriannya agar tidak dipandang sebelah mata.
Sebagai pembuktian perempuan dapat setara dengan laki-laki/Foto:Freepik.com/Katemangostar


Perbedaan gender masih kerap kali dijadikan sebagai tolak ukur dari kemampuan seseorang. Akibatnya, perempuan sering dijadikan nomor dua karena dianggap tidak berdaya yang berdampak terhadap pembatasan beberapa hak dalam hidup.

Agar tidak lagi dipandang sebelah mata, sudah waktunya bagi perempuan untuk bisa membuktikan potensinya dengan bersikap mandiri dalam segala bidang. Keberhasilan tersebut tentunya menjadi sebuah tonggak dalam mendukung kesetaraan antara laki-laki dan perempuan agar memiliki value dan status yang sama di kehidupan sosial.

5. Menjadi Panutan untuk Orang Lain

Keberadaan perempuan yang mandiri menjadi inspirasi dan panutan untuk perempuan lainnya.
Memberikan motivasi untuk perempuan lainnya/Foto:Freepik.com/Katemangostar

Keberadaan perempuan yang mampu mandiri dalam bidang finansial seringkali dijadikan sebagai role model bagi perempuan lainnya. Kemampuanmu berdiri sendiri menjadi sebuah motivasi yang nyata untuk semua perempuan agar dapat mandiri dan berani dalam mengambil segala keputusan yang krusial untuk hidupnya.

Seperti dilansir dari laman Life Hack, perempuan yang mandiri cenderung menjalani hidup dengan seimbang karena memiliki pendirian yang kuat terhadap keinginannya. Hal inilah yang membuatnya menarik dan dikagumi.

6. Mampu Bertahan Saat Kondisi Tak Terduga

Pijakan finansial yang sudah kuat tidak akan lagi membuat kamu pusing saat dihadapkan dengan kondisi tak terduga.
Tak pusing saat menghadapi kondisi tidak terduga/Foto:Freepik.com/Frimufilms


Tak selamanya baik-baik saja, serangkaian kejadian tak terduga dapat menghampiri kamu kapan saja. Kondisi ini pun semakin terasa berat mengingat pandemi yang membawa pengaruh besar terhadap perekonomian pribadi.

Dengan menerapkan prinsip kemandirian dalam finansial, kamu memiliki kesempatan yang lebih besar untuk bertahan di segala kondisi. Semakin kecil pula kemungkinan kamu terseret ke dalam badai problematika ekonomi di kala pandemi. Oleh karena itu, pastikan kamu mampu mandiri secara finansial sebagai pijakan utama dalam kehidupanmu.

Bagaimana Beauties, sudahkah kamu menjadi pribadi yang mandiri?

Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.