6 Cara Mendapat Teman Baru di Tempat Kerja untuk Fresh Graduate
Sering kali memulai adaptasi dengan lingkungan dan orang baru menjadi hal yang tak mudah untuk dilakukan. Terutama bagi fresh graduate yang akan memasuki dunia kerja sebagai “anak baru” di kantor.
Perasaan canggung pun tak bisa dihindari, tetapi mau tak mau kita harus menjalin interaksi dengan orang-orang di kantor. Selain mereka dapat menjadi teman mengobrolmu, rekan kerja dapat membantumu dan mencarikan solusi saat kamu ada masalah loh. Beauties juga bisa bertanya terkait pekerjaan dan sharing pengalaman dengan rekan kerja lainnya.
Nah, biar nggak terlalu canggung dan bisa beradaptasi dengan menyenangkan bersama rekan kerja Beauties harus mengetahui tips-tips yang sudah dirangkum berikut ini nih. Simak yuk!
1. Perkenalkan Diri dengan Menyenangkan
![]() Perkenalan Diri/ Foto: Freepik.com/author/benzoix |
Langkah awal yang harus kamu lakukan adalah perkenalan diri. Saat akan memulai kerja kamu diminta untuk memperkenalkan diri, terutama dengan rekan kerja yang berada di divisimu. Buat perkenalan dirimu menjadi menyenangkan dengan tersenyum dan tunjukkan jika kamu menyukai pekerjaanmu tersebut.
2. Perbanyak Interaksi dan Ikut dalam Pembicaraan
![]() Interaksi Dengan Rekan Kerja/ Foto: Freepik.com/author/tirachardz |
Pada beberapa kesempatan yang memungkinkan kamu untuk ikut dalam pembicaraan rekan kerjamu maka lakukan lah. Jangan ragu untuk menimbrung dan membuat obrolan-obralan ringan dengan rekan kerja. Namun, sesuaikan topik yang sedang dibahas ya. Jangan sampai kamu malah terlihat tidak sopan.
3. Berikan Kesan Positif
![]() Berikan Kesan Positif/ Foto: Freepik.com/author/yanalya |
Kesan pertama menjadi hal penting yang sering kali diingat oleh banyak orang. Maka, pastikan diawal pertemuan dan perkenalan kamu dengan rekan kerja memberikan kesan yang positif ya. Bersikap lah yang ramah, murah senyum, dan menyapa rekan kerjamu saat bertemu.
4. Dapat Diandalkan
![]() Dapat Diandalkan/ Foto: Freepik.com/author/tirachardz |
Tak harus selalu bisa melakukan segala sesuatunya sendiri. Melainkan, kamu bisa menjadi seseorang yang dapat dipercaya oleh rekan kerja. Seperti halnya, kamu tidak sungkan untuk menolong ataupun memberi bantuan pada rekan kerja.
5. Ikut Kegiatan yang Diadakan Bersama Rekan Kerja
![]() Makan Bersama Rekan Kerja/ Foto: Freepik.com/author/tirachardz |
Sering kali sesama rekan kerja mengadakan kegiatan yang dihadiri orang-orang di divisi tersebut. Biasanya acara makan-makan menjadi salah satu momen yang tepat untuk kamu ikuti agar mendapat teman baru di kantor. Jangan sungkan untuk hadir dalam kegiatan tersebut. Bahas lah hal-hal menarik dari pengalamanmu sebelumnya, dari situ lah kamu bisa mulai akrab dengan rekan satu divisimu tersebut.
6. Hindari Terlalu Percaya Diri
![]() Hindari Terlalu Percaya Diri/ Foto: Freepik.com/author/benzoix |
Rasa percaya diri terkadang membuatmu lebih mudah untuk mendapatkan teman baru. Namun, terlalu percaya diri pun bisa membuatmu terlihat sombong loh. Usahakan kamu cukup percaya diri untuk berkenalan, tetapi jangan merasa dirimu yang paling hebat dan bisa melakukan segalanya. Hal ini yang malah membuatmu dihindari oleh rekan kerja.
______________
Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!





