STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600

6 Kebiasaan Kecil untuk Membentuk Karakter Anak Perempuan Tangguh dan Berdaya

Riswinanti Pawestri Permatasari | Beautynesia
Rabu, 16 Nov 2022 18:15 WIB
6 Kebiasaan Kecil untuk Membentuk Karakter Anak Perempuan Tangguh dan Berdaya

Dalam berbagai budaya, masih banyak perempuan yang mengalami diskriminasi dalam segala aspek pendidikan, politik, ekonomi, dan lain-lain. Sedihnya, diskriminasi ini umumnya timbul karena banyak perempuan yang masih belum mampu memberdayakan diri.

Karenanya, untuk kehidupan yang lebih baik di masa depan, setiap anak perempuan harus memahami pentingnya menjadi sosok tangguh. Lantas, bagaimana menanamkannya? Simak kiat yang dilansir dari laman She Heroes ini!

1. Fokus pada Intelektual dan Kinerja

Cara Membentuk Karakter Anak Perempuan/Foto Pixabay.com/Wilmer Lopez
Cara Membentuk Karakter Anak Perempuan/Foto Pixabay.com/Wilmer Lopez

Lisa Bloom, penulis Think, melakukan hal yang secara ajaib bisa memikat lebih banyak anak perempuan saat pertama kali bertemu. Ketimbang mengomentari betapa cantiknya baju yang dipakai, dia lebih suka bertanya soal buku yang dibaca anak tersebut.

Singkatnya, memberikan pujian atas penampilan memang penting untuk membuat seorang anak merasa percaya diri. Meski demikian penghargaan pada intelektualitas, pencapaian, dan kerja keras anak adalah hal yang menurut Lisa Bloom 10 kali lebih penting untuk mendorong semangat mereka.

2. Rajin Berdiskusi

Cara Membentuk Karakter Anak Perempuan/Foto Unsplash.com/Omar Lopez
Cara Membentuk Karakter Anak Perempuan/Foto Unsplash.com/Omar Lopez

Banyak perempuan tumbuh tanpa kepercayaan diri karena tidak dibiasakan untuk bicara dan mengungkapkan pendapat. Agar si kecil tumbuh menjadi sosok yang percaya diri, sering-seringlah tanyakan pendapatnya tentang berbagai isu yang terjadi. Tidak harus topik yang berat, kamu bisa berbincang tentang cara bergaul di sekolah, sopan-santun kepada orangtua, dan lain-lain. Arahkanlah sebaik mungkin agar dia mampu mengembangkan nilai positif dalam hidupnya.

3. Tunjukkan Bahwa Perempuan Tidak Lemah

Cara Membentuk Karakter Anak Perempuan/Foto Unsplash.com/Eye for Ebony
Cara Membentuk Karakter Anak Perempuan/Foto Unsplash.com/Eye for Ebony

Kurangnya wawasan menjadi penyebab utama banyak perempuan tumbuh kurang berdaya. Sejak kecil mereka terbiasa dengan buaian, serta ditunjukkan dengan kondisi-kondisi yang membuat perempuan terlihat lemah. Akan lebih baik jika kamu memperkenalkan mereka pada lebih banyak role model perempuan yang membantu mereka termotivasi untuk lebih kuat dan tangguh.

4. Selalu Memberikan Bimbingan dan Arahan

Cara Membentuk Karakter Anak Perempuan/Foto Pixabay.com/Chuck Underwood
Cara Membentuk Karakter Anak Perempuan/Foto Pixabay.com/Chuck Underwood

Tanpa bisa kita cegah, setiap anak akan terpapar berbagai pengaruh dari media dan lingkungan. Walau terlihat sepele, namun apa yang mereka lihat dan alami akan memberikan pengaruh besar pada kepribadian. Karenanya, sebisa mungkin berikan arahan dan bimbingan tentang apa yang mereka tonton dan alami.

Jangan biarkan merekan menelan semua mentah-mentah dan memahaminya dengan cara yang salah. Misalnya, saat mereka melihat tontonan yang mendiskriminasikan perempuan, cobalah memberikan arahan bahwa hal itu tidak pantas dilakukan. Hal ini juga membantu mereka berpikir kritis.

5. Berikan Ruang untuk Berimajinasi

Cara Membentuk Karakter Anak Perempuan/Foto Pixabay.com/Amir Imani
Cara Membentuk Karakter Anak Perempuan/Foto Pixabay.com/Amir Imani

Tak ada istilah "terlalu dini" untuk memulai hal positif. Bahkan sejak si kecil masih duduk di bangku sekolah dasar, kamu bisa mulai mengeksplorasi apa yang ada di dalam pikirannya. Hal ini digagas oleh Paula Grieco, lewat bukunya yang berjudul Take 5 for Your Dreams.

Berikan sebuah buku/jurnal khusus. Setelahnya, coba sisihkan waktu 5 menit sehari (jika terlalu lama, kamu juga bisa memangkasnya jadi 1-2 menit) agar si kecil bisa menuangkan ide-idenya dalam jurnal tersebut. Dia bisa menggambar, menulis, atau menggores apapun. Setelahnya, berikan arahan dan komentar positif dengan bahasa yang dia pahami.

Jika anakmu sudah lebih besar, kamu bisa mulai menanyakan apa yang dia suka, bagaimana kesehariannya, dan segala hal yang membantunya untuk bercerita. Kamu bisa memberikan arahan atau pendapat sehingga dia punya wawasan dan keberanian untuk mengungkapkan pendapatnya.

6. Doronglah untuk Mencoba Hal Baru

Cara Membentuk Karakter Anak Perempuan/Foto Unsplash.com/Tim Cooper
Cara Membentuk Karakter Anak Perempuan/Foto Unsplash.com/Tim Cooper

Kebanyakan orangtua memandang anak perempuan sebagai sosok yang harus selalu dimanjakan. Bukan hal yang salah, hanya saja orangtua juga perlu ingat bahwa setiap anak berhak menjelajahi sesuatu yang baru.

Ketimbang membiarkannya terus berada di zona nyaman, ajaklah dia mengenal hal-hal baru yang positif. Terus belajar menguasai keterampilan baru akan membantunya tumbuh menjadi sosok yang berwawasan dan penuh percaya diri. Dampingilah langkahnya agar dia tidak putus asa saat mengalami kegagalan.

Usaha memerangi kesenjangan gender memang bukan hal mudah karena kita harus berhadapan dengan sistem patriarki yang terlanjur mengakar di seluruh penjuru dunia. Namun dengan beberapa langkah di atas, setidaknya kamu bisa membantu menciptakan generasi yang lebih tangguh di masa depan.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE