6 Strategi Pemasaran Terbaik Agar Bisnis Kecil Kamu Cepat Berkembang, Dicoba yuk!
Mengembangkan bisnis di tengah banyaknya pelaku usaha tentu bukanlah hal yang mudah. Tidak sedikit bisnis kecil yang kurang bertahan lama bahkan hanya melewati satu tahun pertama karena kalah dalam persaingan.Â
Keberhasilan menghadapi pasar yang semakin kompetitif ditentukan dari bagaimana kamu memilih strategi pemasaran secara tepat. Pasalnya, promosi menjadi cara terbaik untuk meningkatkan kesadaran konsumen serta reputasi bisnismu, seperti dilansir dari laman Business Opportunities.Biz.Â
Lantas, seperti apakah cara promosi yang dimaksud? Yuk, cari tahu strategi pemasaran terbaik buat kamu yang sedang merintis bisnis!
Strategi Pemasaran yang Efektif untuk Mengembangkan Bisnis Kecil:
6 Strategi Pemasaran Agar Bisnis Kecil Cepat Berkembang/Foto:Freepik.com/;ifestylememory
1. Meningkatkan Penetrasi PasarÂ
Minat konsumen menjadi kunci penting dalam keberhasilan sebuah bisnis sehingga langkah pertama yang sebaiknya kamu lakukan ialah meningkatkan penetrasi pasar.Â
Dilansir dari laman Forbes, penetrasi pasar sendiri ialah strategi untuk memperluas pangsa pasar dengan tujuan menarik lebih banyak konsumen untuk menggunakan produk milikmu
Adapun cara yang umum dilakukan ialah dengan memasang harga jual lebih murah dulu dari pesaing. Selain meningkatkan minat beli, cara ini juga menjadi strategi agar bisnis milikmu tidak kalah saing dari kompetitor.Â
![]() Promosikan produk lewat berbagai saluran/Foto:Freepik.com/Tirachardz |
2. Manfaatkan Berbagai Saluran PemasaranÂ
Kemajuan teknologi terus menciptakan perubahan tak terkecuali dalam berbisnis yang saat ini banyak dilakukan secara online.
Mengikuti perkembangan tersebut, manfaatkanlah saluran internet untuk meningkatkan brand awareness melalui website ataupun konten-konten menarik. Jika memiliki modal lebih, buka beberapa gerai toko kemudian daftarkan pada platform resmi seperti google maps.
Semakin lengkap informasi yang tersedia maka semakin tinggi juga kepercayaan dari konsumen yang membantu meningkatkan penjualan.Â
![]() Berikan pengalaman yang baik untuk konsumen/Foto/:Freepik.comSenivpetro |
3. Mempertahankan Loyalitas Konsumen
Terlepas dari efektifnya promosi di media sosial, testimoni dari mulut ke mulut menjadi ajang pemasaran yang ampuh untuk menarik konsumen lainnya. Â
Berikan pengalaman berbelanja yang baik dengan cara meningkatkan kualitas pelayanan, menawarkan harga menarik tidak lupa dengan diskon supaya konsumen tetap loyal. Seperti dilansir dari Smart Business Daily, mempertahankan loyalitas konsumen dapat mempercepat pertumbuhan bisnis yang kemudian mendatangkan banyak keuntungan.Â
Strategi Pemasaran yang Efektif untuk Mengembangkan Bisnis Kecil Berikutnya
6 Strategi Pemasaran Agar Bisnis Kecil Cepat Berkembang/Foto:Freepik.com/;Tirachardz
4. Memasang Iklan PPCÂ
Ingin pasang iklan namun khawatir akan besarnya biaya? Jangan khawatir, tersedia iklan PPC yang bisa kamu coba.Â
Dilansir dari Word Stream, metode PPC atau pay per click ialah di mana pemasang iklan hanya perlu membayar setiap kali iklan tersebut di klik oleh konsumen. Beragam platform yang tinggi engagement seperti Google, Instagram serta Facebook dapat kamu pilih untuk memasarkan bisnis milikmu.Â
Selain budget yang lebih terkontrol, metode PPC membuat iklan lebih spesifik sehingga dinilai akan tertuju pada segmen konsumen yang tepat.
![]() Memasang iklan secara online ataupun cetak/Foto:Freepik.com/Freepik |
5. Mencetak Iklan Brosur
Selain lewat online ataupun penawaran langsung di gerai toko, kamu bisa menggunakan brosur sebagai strategi promosi. Perhatikan elemen desain seperti font atau huruf, warna serta gambar pendukung agar menghasilkan brosur dengan visual yang menarik
Jangan lupa untuk memperhatikan kelengkapan informasi seperti lokasi serta kontak yang bisa dihubungi sehingga calon konsumen tidak merasa ragu untuk membeli produk yang kamu tawarkan.Â
![]() Bermitra dengan usaha lain/Foto:Freepik.com/Jcomp |
6. Menjalin Kerjasama dengan Usaha LainÂ
Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menciptakan sebuah terobosan baru salah satunya bermitra dengan bisnis lainnya. Melakukan kerja sama tentunya menjadi wadah untuk saling bertukar ide dan menghasilkan sebuah produk yang lebih inovatif sehingga konsumen tidak merasa bosan.Â
Bukan hanya saling menguntungkan, membina kemitraan dengan pelaku bisnis lain secara tidak langsung memberikan akses untuk memasarkan bisnis milikmu kepada audiens mereka.Â
---
Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!



