
7 Hal yang Hanya Dilakukan Orang Pintar saat Rapat, Fokus dan Anti Multitasking!

Beauties, pernahkah kamu memperhatikan kolega kamu di tempat kerja terlihat sangat pintar dan menonjol dalam rapat daripada yang biasanya kamu lakukan? Hal tersebut dikarenakan mereka belajar dari pengalaman serta memakai strategi yang tepat agar mendapatkan hasil yang maksimal dari rapat.
Saat sedang rapat, mungkin kamu merasakan bosan hingga cepat mengantuk dan ingin menyudahi rapat dengan segera. Namun, sebenarnya kamu bisa belajar dari sikap yang biasanya dilakukan oleh orang pintar dalam sebuah rapat. Hasilnya akan mampu membuatmu menjadi lebih produktif dan meningkatkan kinerja.
Dilansir dari situs The Ladders, terdapat 7 hal yang biasanya dilakukan orang pintar saat rapat yang bisa kamu tiru. Yuk, cari tahu!
1. Membuat Catatan Strategis
![]() Ilustrasi Membuat Catatan Strategis/foto:pexels |
Orang-orang pintar di dalam rapat secara aktif mendengarkan sehingga mereka membuat catatan yang teliti. Mereka akan mencatat tindakan apa saja yang menjadi tanggung jawab mereka.
Orang pintar yang ingin mendapatkan rasa hormat dari rekan-rekannya, tidak ingin terlihat dalam peran pendukung seperti sengaja menjadi notulen dalam sebuah rapat. Alih-alih seperti itu, mereka sebetulnya hanya secara strategis mencatat apa yang tidak boleh mereka lupakan sendiri. Hal ini juga memberi sinyal kepada orang lain dalam rapat bahwa mereka menganggap serius tugas mereka.
2. Fokus dan Tidak Melakukan Banyak Tugas
![]() Ilustrasi Fokus dan Tidak Melakukan Banyak Tugas/foto:pexels |
Dalam sebuah rapat, orang pintar tidak melakukan banyak tugas. Mereka tahu bahwa jika hanya memberikan 50 persen perhatian, mereka merugikan diri sendiri dan rekan satu tim mereka.
Meskipun kamu mungkin berpendapat bahwa multitasking diperlukan saat sibuk dan banyak kerjaan penting, orang pintar tahu bahwa multitasking membebani otak sehingga malah tidak produktif.
Jika pertemuan itu cukup penting untuk mereka hadiri sejak awal, maka mereka akan hadir, mendengarkan dengan cermat, dan berkontribusi secara produktif. Orang pintar dipandang cerdas karena mereka fokus dan memberi nilai tambah dalam percakapan.
3. Melakukan Kontak Mata
![]() Ilustrasi Membuat Kontak Mata/foto:unsplash |
Orang-orang pintar akan menerima isyarat dari semua aspek rapat. Mereka akan dengan sengaja melakukan kontak mata dengan pembicara untuk meyakinkan mereka bahwa mereka mendengarkan. Mereka juga akan memperhatikan bahasa tubuh orang lain jika sedang berbicara atau hadir di ruang rapat.
Sering kali, mereka dapat menangkap poin yang tidak pasti dari pemimpin rapat, dan akan dapat menawarkan bantuan strategis. Mereka tampil sebagai sosok yang cerdas, mengantisipasi apa yang dibutuhkan rekan mereka, tetapi sebenarnya mereka ahli dalam observasi.