sign up SIGN UP

7 Rekomendasi Film Tentang Kesehatan Mental yang Bisa Kamu Tonton di Netflix

Retno Anggraini | Beautynesia
Minggu, 12 Jun 2022 19:30 WIB
7 Rekomendasi Film Tentang Kesehatan Mental yang Bisa Kamu Tonton di Netflix
caption

Dalam beberapa tahun terakhir, kesehatan mental menjadi salah satu topik serius yang terus diperbincangkan. Namun, kesehatan mental rupanya juga memberi inspirasi bagi para pekerja seni dalam menghasilkan sebuah karya, salah satunya adalah film.

Ketika ditangani dengan benar, film tentang kesehatan mental dapat menyentuh hati penonton dan menyampaikan beberapa pesan yang kuat. Nah, Beauties bisa menikmati ragam film dengan tema kesehatan mental melalui Netflix. Melansir Bustle, berikut beberapa rekomendasinya!

Horse Girl

Horse Girl
Horse Girl/Foto: Pinterest.com/The Entertainment Factor

Film yang dibintangi oleh Alison Brie ini menceritakan tentang Sarah, seorang perempuan pendiam dan terisolasi secara sosial yang menyukai seni, kuda, dan hal-hal berbau supranatural. Film ini digambarkan sebagai pendekatan yang kompleks dan bijaksana untuk penyakit mental.

Selain itu, sebagian cerita dari film ini juga terinspirasi dari kisah nyata Alison Brie yang mengidap skizofrenia paranoid dan depresi. Dalam sebuah wawancara, sang aktris juga menceritakan bagaimana perjuangannya melawan depresi dan merasa tidak berdaya serta sendirian.

Take Your Pills

Take Your Pills
Take Your Pills/Foto: Youtube.com/Netflix

Adderall merupakan obat Amerika yang umum digunakan untuk mengobati ADHD. Sayangnya, obat ini seringkali disalahgunakan oleh para pelajar dan pekerja yang mengalami stres.

Film dokumenter ini membahas bagaimana Adderall disalahgunakan dan potensi risiko yang terlibat di dalamnya. Tidak hanya itu, film ini juga membahas sisi positif dari Adderall.

It's Kind of A Funny Story

It's Kind A Funny Story
It's Kind of A Funny Story/Foto: Pinterest.com/IMDb

Craig ZilnerĀ (Keir Gilchrist) yang berusia 16 tahun merasa butuh bantuan. Dia merasa studinya membuat dia tertekan dan merasakan stres hebat. Bahkan, rasa tertekannya itu membuatnya berpikir untuk bunuh diri. Setelah bertemu dokter, Zilner diperiksa ke bagian perawatan kesehatan mental yang membuat orangtuanya terkejut.

The National Alliance of Mental Health memilih film ini sebagai film tentang kesehatan mental terbaik. Mereka menyatakan bahwa adegan rumah sakit yang ditampilkan dalam film menepis stigma buruk tentang anggapan bahwa rumah sakit merupakan tempat yang menyeramkan.

Rumah sakit merupakan tempat yang aman di mana orang-orang berjuang untuk mendapatkan bantuan dan menggunakan humor sebagai salah satu cara membuat pasien merasa nyaman.

Becoming

Becoming
Becoming/Foto: Pinteret.com/Mashable

Film dokumenter ini menyelami lebih dalam pemikiran Michelle Obama pada saat menjabat sebagai Ibu Negara Amerika Serikat. Di mana beliau merasakan tekanan sebagai istri presiden kulit hitam pertama Amerika Serikat.

Sepanjang film, Michelle Obama sangat terbuka tentang kesehatan mentalnya selama persidangan kampanye dan pengawasan media yang terus-menerus dia hadapi di samping suaminya.

Berbagi pemikiran dan memberikan nasihat tidak hanya memberikan wawasan tentang kehidupan dan pikiran beliau saat itu, tapi juga bagaimana cara beliau menghadapi tekanan tersebut.

Waves

Waves
Waves/Foto: Pinterest.com/reddit

Dibintangi oleh Kelvin Harris Jr., Alexa Demie, Taylor Russell, dan Sterling K. Brown. Film Waves berfokus pada keluarga Afrika-Amerika kelas menengah saat mereka menghadapi tragedi, penyalahgunaan narkoba, dan kesehatan mental.

Berjuang untuk mempertahankan dukungan sang ayah yang dominan, Russell memutuskan untuk melanjutkan gulat meski bahunya terluka. Hal ini membuat Russell bergantung pada obat penghilang rasa sakit.

Malcolm & Marie

Malcolm & Marie
Malcolm & Marie/Foto: Pinterest.com/The Sun

Film yang dibintangi Zendaya dan John David Washington ini menceritakan tentang eksplorasi hubungan yang kasar secara emosional yang terjalin dengan gaslighting, ketidakberdayaan, dan pelecehan mental. Saat perilisan, film tentang kesehatan mental ini menerima cukup banyak kritik karena disajikan dalam bentuk romansa.

Silver Linings Playbook

Silver Linings Playbook
Silver Linings Playbook/Foto: Pinterest.com/Photations

Diangkat dari novel Matthew Quick dengan judul sama, film ini menceritakan kisah Patrizio Solitano Jr. saat dia dibebaskan dari fasilitas kesehatan mental setelah dirawat karena gangguan bipolar. Film ini mendapat beberapa pujian karena penggambarannya tentang penyakit manik depresif atau gangguan bipolar.

Itulah rekomendasi film tentang kesehatan mental yang bisa kamu nikmati melalui Netflix. Kira-kira, film mana, nih, yang menarik perhatian kamu, Beauties?

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id