sign up SIGN UP

7 Sikap yang Harus Dimiliki Saat Menjadi Mahasiswa, Segera Siapkan Mentalmu!

ira syafira | Beautynesia
Senin, 23 Aug 2021 06:15 WIB
7 Sikap yang Harus Dimiliki Saat Menjadi Mahasiswa, Segera Siapkan Mentalmu!
caption

Menjadi mahasiswa menandakan bahwa kamu telah berada di jenjang yang tinggi dalam dunia pendidikan. Biasanya, kebanyakan dari kita menganggap jika menjadi mahasiswa maka tanggungan yang kita miliki tidak seberat sebelumnya. Namun, itu semua tidak sepenuhnya benar. 

Seorang mahasiswa tidak hanya dihadapkan dengan tantangan akademik saja, tetapi juga juga kesiapan mental baja. Semua harus bisa diseimbangkan, mulai dari memahami pelajaran, bersosialisasi dengan lingkungan, hingga urusan keorganisasian. 

Oleh sebab itu, untuk bisa bertahan menjadi mahasiswa yang kuat ke depannya, kamu harus miliki tujuh sikap seperti berikut ini.

1. Mampu Berpikir Kritis

Mampu Berpikir Kritis/Foto: Pexels/Christina Morillo
Mampu Berpikir Kritis/Foto: Pexels/Christina Morillo

Jangan disamakan dengan bangku menengah atas, perguruan tingkat konsentrasi yang jauh berbeda. Dimana dalam hal ini, mahasiswa dituntut untuk berpikir lebih tajam dan mampu dibuktikan. 

Untuk bidang akademik, biasanya mahasiswa akan dihadapkan dengan studi kasus yang menuntun mereka untuk menggali akar dari sebuah permasalahan. Itulah mengapa seorang mahasiswa harus memiliki daya analisis yang kuat dan tajam. Pola pikir yang kritis ini akan membuatmu berlatih untuk menggunakan logika secara maksimal.

2. Kreatif

Kreatif/Foto: Pexels/Vlada Karpovich
Kreatif/Foto: Pexels/Vlada Karpovich

Semua siswa seharusnya wajib memiliki jiwa kreatifitas yang tinggi. Kreativitas ini nantinya akan membantu mahasiswa mengubah segala kesulitan menjadi sebuah peluang. Dengan segala masalah apapun yang kamu hadapi, pasti kamu akan menemukan jawabannya.

Seperti misalnya, saat kamu sedang mengadakan project organisasi dan kamu membutuhkan banyak dana untuk kegiatan tersebut. Maka, dengan kreativitas yang kamu miliki, kamu akan berusaha untuk menggalang dana dengan cara seperti berjualan makanan, berjualan baju bekas, atau lain sebagainya.

3. Percaya Diri

Percaya Diri/Foto: Pexels/Kampus Production
Percaya Diri/Foto: Pexels/Kampus Production

Rasa percaya diri sangat penting untuk dimiliki semua orang, tidak terkecuali mahasiswa. Sikap ini akan membuatmu lebih mudah untuk menjalin komunikasi dengan orang baru di sekitarmu. 

Selain itu, rasa percaya diri juga akan menjauhkan dari sikap minder atau merasa kurang dari orang lain. Biasanya orang yang percaya diri akan lebih dihargai karena kemampuannya atau bahkan bisa membuat orang lain iri dengan diri kamu. 

4. Mudah Beradaptasi

Mudah Beradaptasi/Foto: Pexels/Cottonbro
Mudah Beradaptasi/Foto: Pexels/Cottonbro

Sikap ini sepertinya sangat dibutuhkan ketika kamu mulai memasuki jenjang perkuliahan dan mulai berstatus sebagai mahasiswa. Menjadi seorang mahasiswa akan membuatmu bertemu dengan banyak orang

Kemampuan beradaptasi ini menjadi poin penting agar kamu bisa bertahan di lingkungan baru tersebut. Menjadi seseorang yang mudah beradaptasi akan membantumu untuk lebih mudah bertahan di manapun kamu berada.

5. Pandai Berkomunikasi

Pandai Berkomunikasi/Foto: Pexels/Zen Chung
Pandai Berkomunikasi/Foto: Pexels/Zen Chung

Kemampuan untuk berkomunikasi menjadi hal yang wajib dikuasai saat berada di bangku perkuliahan. Tidak hanya memahami apa yang diajarkan, kamu juga harus aktif untuk bertanya atau menyampaikan pendapat saat pembelajaran di kelas.

Untuk menguasai cara berkomunikasi yang baik di depan umum mungkin masih sulit bagi sebagian orang. Akan tetapi, momen ini bisa kamu jadikan kesempatan untuk berlatih mengasah kemampuan tersebut dan menjadi lebih baik ke depannya.

6. Mandiri

Mandiri/Foto: Pexels/Vlada Karpovich
Mandiri/Foto: Pexels/Vlada Karpovich

Menjadi seorang mahasiswa tandanya kamu sudah mulai beranjak ke fase dewasa. Hal ini menandakan kamu harus belajar untuk menjadi seseorang yang mandiri. Mandiri disini berarti kita dihadapkan dengan sebuah tanggung jawab.

Seperti ketika kamu harus pergi ke luar kota untuk menuntut ilmu dan jauh dari orang tua, itu artinya kamu memulai untuk hidup tanpa mengandalkan siapapun. Situasi tersebut akan membuat belajar untuk menyelesaikan segala permasalahan seorang diri. Mulai dari hal kecil semacam mengatur ruang kamar kos, menyiapkan makanan, sampai mengelola keuangan yang telah diberikan oleh orangtua.

7. Bertanggung Jawab

Bertanggung Jawab/Foto: Pexels/Verschoren Maurits
Bertanggung Jawab/Foto: Pexels/Verschoren Maurits

Sudah bukan hal asing untuk mahasiswa memiliki sikap bertanggung jawab. Tidak hanya bertanggung jawab terhadap diri sendiri, namun juga bagi segala tugas yang diberikan kepada kita.

Sikap tanggung jawab ini akan membuat orang lain yakin dan percaya kepada kamu. Misalnya, ketika kamu sedang menjabat posisi tertentu di sebuah organisasi, dan diberi amanah yang harus dipenuhi. Maka, kamu harus bertanggung jawab penuh dengan posisi kamu dan jangan berbuat seenaknya terhadap posisi tersebut.

Pada intinya, Beauties nggak perlu terlalu khawatir jika sikap kamu saat ini belum memenuhi sikap seorang mahasiswa. Semua akan berjalan seiring dengan berjalannya waktu, semua kesempatan itu harus kamu coba untuk manfaatkan dengan baik. Jangan mengulangi kesalahan yang sama dan coba untuk menanamkan tujuh sikap seperti yang telah disebutkan.

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id