8 Lagu Sleeper Hit K-Pop, Baru Tenar Selang Lama Setelah Dirilis
K-Pop merupakan industri yang bergerak cepat. Dengan begitu banyak album K-Pop yang dirilis, kebanyakan lagu cenderung tidak terdeteksi dan akhirnya tenggelam. Grup K-Pop pun berguguran satu per satu, bahkan tak jarang di usia yang masih seumur jagung.
Meski begitu, beberapa lagu K-Pop akhirnya menemukan jalan menuju ke puncak tangga lagu dan menjadi hit. Ada yang naik secara bertahap, ada pula yang naik secara mendadak. Ada yang butuh waktu beberapa bulan, ada pula yang baru populer setelah bertahun-tahun dirilis. Lagu-lagu tersebut kemudian menyelamatkan karier grup dari ambang kehancuran, menghidupkan kembali fandom lama dan menarik perhatian fans baru.
Dalam dunia entertainment, fenomena ini dikenal juga dengan sebutan sleeper hit. Istilah sleeper hit juga digunakan untuk film, drama, game, maupun produk hiburan lainnya yang baru populer selang lama setelah dirilis.
Nah, berikut adalah delapan lagu sleeper hit K-Pop beserta kisah seru hingga mengharukan di baliknya.
1. Bar Bar Bar - Crayon Pop
![]() Bar Bar Bar/ Foto: Chrome Ent. |
Bar Bar Bar yang dirilis pada 20 Juni 2013 pada mulanya hanya menempati peringkat 143 di tangga lagu musik Korea. Berkat keunikan pakaian olahraga dan helm warna-warni yang mereka kenakan, serta tarian melompat yang khas, popularitas lagu tersebut naik perlahan. Lirik yang berulang-ulang dan gerakan tarian yang mudah dipelajari membantu lagu tersebut menjadi sensasi viral. Tujuh minggu setelah dirilis, Bar Bar Bar menempati peringkat No. 3 di Gaon.
2. Up & Down - EXID
![]() Up & Down/ Foto: Yedang Entertainment |
Saat Up & Down dirilis pada pada 27 Agustus 2014, EXID hampir bubar. Up & Down tidak banyak menarik perhatian para penikmat K-Pop. Sampai sekitar empat bulan kemudian, fancam Hani dengan koreografi lagu tersebut diunggah ke YouTube dan menjadi viral. Fancam tersebut dilihat hingga 30 juta kali lebih.
Kala itu, EXID pun kembali mempromosikan lagu Up & Down dan mendapatkan trofi kemenangan pertamanya pada 8 Januari 2015.
3. Oppaya (Sweet Heart) - SEENROOT
![]() Oppaya/ Foto: Mun Hwa In (Kakao M’s indie sub-label) |
Oppaya atau yang dikenal pula dengan judul Sweet Heart adalah single yang dirilis oleh duo SEENROOT pada Februari 2015. Awalnya tak terdeteksi radar, lagu tersebut secara mengejutkan langsung menjadi hit 2 tahun kemudian. Itu terjadi setelah BJ AfreecaTV menyanyikannya secara live, dan lagu tersebut diunduh 1 juta kali pada tahun 2017. Oppaya juga masuk ke Weekly Idol, para idol K-Pop meng-cover lagu tersebut dengan cara mereka sendiri yang penuh aegyo.
4. Hello - NU'EST
![]() Hello 2017 Ver/ Foto: Pledis Entertainment |
NU'EST sebenarnya hampir bubar di 2017, lima tahun setelah debut. Karier mereka menyusut dan lagu-lagu mereka tidak masuk tangga lagu dalam kurun waktu tersebut. Semuanya berubah ketika empat member NU'EST muncul di Produce 101: Season 2. Meskipun hanya Minhyun yang berhasil masuk ke Wanna One, partisipasi mereka dalam acara tersebut menghidupkan kembali minat para penikmat K-Pop kepada grup dan lagu-lagu NU'EST.
Hello yang dirilis pada 2013 pun muncul kembali di tangga lagu pada bulan Juni 2017, dan mengambil posisi No. 1 di Genie, No. 2 di Bugs, dan No. 3 di Melon. NU'EST kemudian kembali sebagai subunit NU'EST W yang beranggotakan 4 orang, dan mempromosikan lagi lagu Hello hingga dinominasikan menjadi peringkat pertama di Inkigayo.
5. Bboom Bboom - MOMOLAND
![]() Bboom Bboom/ Foto: MLD Entertainment |
Bboom Bboom dirilis pada Januari 2018 sebagai title track dari mini album ketiga MOMOLAND yang berjudul Great!
Lagu ini menjadi hit setelah viral di media sosial karena koreografinya unik dan mudah diikuti. Bboom Bboom kemudian menempati peringkat 2 di Gaon Digital Chart pada akhir Februari, hampir 2 bulan setelah rilis awal.
6. Shine - PENTAGON
![]() Shine (Japanese Version)/ Foto: CUBE ENTERTAINMENT |
Shine merupakan title track dari mini-album keenam PENTAGON yang bertajuk Positive. Lagu tersebut dirilis pada tanggal 2 April 2018. Awalnya, Shine hanya berada di peringkat yang biasa-biasa saja, di sekitar angka 500 di Melon. Namun berkat refrain-nya yang menarik, lagu ini mendapatkan popularitas di kalangan penggemar K-pop serta idol, yang kemudian mulai meng-cover dance lagu tersebut dan membagikannya secara online.
Sebulan setelah dirilis, Shine akhirnya memasuki Top 100 Melon, berada di No. 95 di tangga lagu harian dan terus naik hingga No. 16. Selain itu, Shine juga berhasil naik ke peringkat 27 di Gaon serta menjadi Top 10 Hit pertama mereka di chart Billboard World Digital Song Sales.
7. Rooftop - N.Flying
![]() Rooftop/ Foto: FNC Entertainment |
Rooftop rilis pada Januari 2019 dan dipromosikan di acara musik selama 3-4 minggu sebagaimana kebanyakan lagu K-Pop. Mulanya, lagu tersebut mendapat peringkat yang rendah. Namun pada awal Maret, lagu tersebut jadi populer setelah pengguna anonim membagikannya di komunitas online yang kemudian mengantarkan Rooftop ke puncak tangga lagu selama berminggu-minggu.
Penggemar N.Flying mendorong FNC Entertainment selaku pihak agensi mereka untuk melakukan promosi lagi hingga memasang iklan di YouTube agar lagu tersebut dapat ditayangkan di hadapan lebih banyak orang. Dan, berhasil!
Rooftop menyebar dari mulut ke mulut, menjadi trending topic di situs web Korea dan naik ke No. 1 di tangga lagu harian Melon dan Genie. Rooftop pun mendapatkan penghargaan di acara musik.
8. Rollin' - Brave Girls
![]() Rollin'/ Foto: Brave Entertainment |
Rollin' yang dirilis pada 7 Maret 2017 merupakan title track dari mini-album Brave Girls berjudul sama. Setelah dirilis, album ini mencapai kesuksesan yang lumayan, dengan album yang berada di peringkat 30 di Gaon Album Chart. Namun demikian, Rollin' pun segera terlupakan seperti lagu-lagu Brave Girls yang dirilis sebelumnya.
Saat Brave Girls comeback di 2019, lagu mereka juga tak cukup menarik minat banyak orang. Di 2021, setelah 10 tahun debut, dengan formasi member yang terus berubah dari masa ke masa, keempat member Brave Girls yang tersisa kemudian mempertimbangkan untuk bubar.
Namun, pada Februari 2021, Rollin' tiba-tiba naik ke posisi No. 1 di berbagai tangga lagu musik Korea. Sebuah video kompilasi Rollin' di YouTube meningkatkan kembali minat para pendengar pada lagu ini, bahkan jauh lebih meningkat dari awal dirilis.
Keempat member Brave Girls yang baru saja mempertimbangkan untuk bubar itu pun kini akhirnya mempromosikan kembali lagu Rollin' di berbagai music show. Wah, semoga Brave Girls mendapatkan first win mereka, ya.







