sign up SIGN UP

Tak Hanya BTS dan Blackpink, 6 Grup K-Pop Ini Juga Menembus Billboard

Hijria Khatimi | Senin, 22 Mar 2021 21:15 WIB
Tak Hanya BTS dan Blackpink, 6 Grup K-Pop Ini Juga Menembus Billboard
caption

Fenomena Hallyu Wave atau Korean Wave kembali merajalela setelah BTS berhasil masuk nominasi Billboard Music Award pada 2017 dan terus memuncaki berbagai chart di Billboard. Tak hanya BTS, Blackpink juga berhasil menjadi girl group asal Korea Selatan pertama yang memuncaki chart Billboard 100.

Namun, tak hanya BTS dan Blackpink saja yang sukses memasuki chart di Billboard, lho. Sebelum BTS dan Blackpink, terdapat beberapa grup K-pop yang juga pernah menduduki chart Billboard dengan karya-karyanya. Penasaran, kan? Yuk, simak 6 grup K-pop yang pernah menduduki berbagai chart di Billboard.

1. Bigbang

Bigbang
Bigbang/pinterest.com/shavinabalvas

Pada 2012 silam, Bigbang merilis album berjudul Alive yang di dalamnya berisi 7 lagu. Album dengan lagu andalannya yaitu Fantastic Baby ini berhasil masuk dalam chart Billboard 200, tepatnya di posisi 150. Selain Alive, album Bigbang selanjutnya yang dirilis pada 2016 berjudul Made juga berhasil meraih posisi 172 dalam tangga Billboard 200.

2. SNSD

9 Personil SNSD
SNSD/instagram.com/yoona.com_

Girl group di bawah naungan SM Entertainment ini tak hanya mampu menguasai berbagai chart di Korea Selatan. Grup beranggotakan 9 orang ini ternyata juga berhasil meraih posisi 110 dalam Billboard 200 dengan mini album Mr.Mr. 

Tak hanya album, beberapa single dari SNSD seperti I Got a Boy, Catch Me If You Can, hingga Lion Heart juga tercatat pernah berada di posisi 5 besar dalam chart Billboard lainnya yaitu World Digital Song Sales. 

3. 2NE1

2NE1 dengan 4 Personil
2NE1/instagram.com/painterforgreece_2ne1

2NE1 dengan albumnya yang berjudul Crush, berhasil meraih posisi 61 dalam Billboard 200. Posisi tersebut cukup tinggi mengingat grup asal YG Entertainment ini tidak melakukan promosi di Amerika Serikat kala itu. 

Lagu andalan mereka berjudul I Am The Best juga menorehkan prestasi dengan menduduki posisi 1 selama 121 minggu dalam chart World Digital Song Sales oleh Billboard.

4. EXO

12 Member EXO
EXO/instagram.com/exo.media

Kali ini giliran boy group asal SM Entertainment yang karyanya juga berhasil tercatat dalam Billboard 200. Dengan album berjudul Overdose yang rilis pada 2004, EXO berhasil meraih posisi 129. Setahun setelahnya, EXO kembali berhasil masuk dalam Billboard 200 dengan album Exodus. Kali ini mereka menempati posisi yang lebih tinggi yaitu posisi 95.

5. NCT 127

NCT 127
NCT 127/instagram.com/jaehyunsite

Satu lagi boy group asal SM Entertainment yang menorehkan prestasi dalam chart BillboardNCT 127 yang merupakan sub-unit dari grup NCT ini memiliki 3 album yang berhasil menembus Billboard 200. Ketiga album itu diantaranya adalah Regular-Irregular, We Are Superhuman, dan Neo Zone. Tak hanya album, NCT 127 sebagai sebuah grup juga mendapatkan posisi 2 dalam Billboard Artist 100.

[Gambas:Instagram]

6. Wonder Girls

Wonder Girls
Wonder Girls/wondergirls.wordpress.com

Merasa familiar dengan lirik "I want nobody, nobody, but you"? Lirik ikonik tersebut berasal dari single terpopuler Wonder Girls berjudul Nobody yang rilis pada 2009.

Grup dari JYP Entertainment ini menempati posisi ke 76 dalam chart Billboard HOT. Lagu Nobody ini menjadikan Wonder Girls sebagai salah satu idol K-pop yang menjadi pembuka jalan bagi populernya Korean Wave di Amerika Serikat.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id