sign up SIGN UP

9 Hal yang Perlu Diingat Sebelum Ajak Anak Mudik, Beauties Wajib Tahu!

Meuthia Khairani | Beautynesia
Kamis, 28 Apr 2022 22:15 WIB
9 Hal yang Perlu Diingat Sebelum Ajak Anak Mudik, Beauties Wajib Tahu!
caption

Lebaran akan datang beberapa hari lagi. Beauties yang berencana mudik, pilih pulang kampung dengan kendaraan pribadi, kapal, atau pesawat, nih?

Bila kamu membawa anak dalam mudik kali ini, tentunya akan ada penyesuaian. Apa saja? Beatynesia telah merangkumnya dari berbagai sumber agar anak dapat nyaman dan senang selama perjalanan!

1. Dudukkan Anak di Kursi Tengah 

Ilustrasi car seat anak/Unsplash/John Benitez
Ilustrasi car seat anak/Unsplash/John Benitez

Mengutip dari Mommy Asia, bila Beauties menggunakan travel, pesawat, bus antarkota, kapal, atau pun mobil pribadi, pilihlah tempat duduk di kursi tengah untuk si kecil agar guncangan kendaraan tidak terasa terlalu keras untuknya.

Bila naik mobil pribadi, jangan lupa untuk menempatkan ia di carseat.

2. Bawa Apron Menyusui

Tips aman mudik/Unsplash/Sharon Mccutcheon
Persiapan mudik bersama anak/Unsplash/Sharon Mccutcheon

Jika si kecil lebih suka menyusu secara langsung, bawalah apron menyusui agar Beauties nyaman selama menyusui selama perjalanan, terutama bila Beauties menggunakan kendaraan umum.

3. Siapkan MPASI atau Makanan Bayi Berkabohidrat

Tips aman mudik/Unsplash/Ferks Guare
Ilustrasi makanan berkabohidrat/Unsplash/Ferks Guare

Mengutip tips dari detikTravel,  Beauties perlu membawa makanan berkabohidrat untuk memenuhi asupan anak sebagai antisipasi, akan perubahan jam makan karena perjalanan jauh.

4. Bawa Mainan Kesayangan Si Kecil

Tips aman mudik/Unsplash/Vanessa Bucceri
Ilustrasi mainan anak/Unsplash/Vanessa Bucceri

Untuk mengatasi kebosanan anak saat bepergian jauh, bawalah beberapa mainan kesayangannya untuk mengalihkan perhatian anak dari kemacetan dan keadaan jalan raya.

5. Sediakan Kantong untuk Muntah

Tips aman mudik/Unsplash/Christopher Vega
Persiapan mudik bersama anak/Unsplash/Christopher Vega

Sebagai antisipasi terjadinya mabuk perjalanan pada anak, siapkan kantong untuk menampung muntahnya agar tidak mengotori jok dan bagian dalam kendaraan.

6. Menyanyikan atau Memutarkan Lagu Anak-anak

Persiapan mudik bersama anak/Freepik/Stockboy
Persiapan mudik bersama anak/Freepik/Stockboy

Untuk Beauties yang mudik menggunakan mobil pribadi, kamu bisa menyanyikan atau menyetelkan lagu anak-anak yang bernada ceria untuk menghilangkan rasa bosan pada  panjangnya perjalanan.

Namun, kalau kamu memutar lagu anak lewat handphone, jangan terlalu lama ya. Selain untuk menjaga kesehatan mata anak, kamu juga perlu menghemat baterai handphone.

7. Bawa Bantal dan Selimut

Pixabay/Moisemarian
Persiapan mudik bersama anak/Pixabay/Moisemarian

Bantal akan sangat berguna untuk menjadi sandaran si kecil saat mengantuk atau lelah karena duduk dengan posisi yang sama selama berjam-jam.

8. Membawa peralatan P3K

Pixabay/Hans
Alat P3K, persiapan mudik bersama anak/Pixabay/Hans


Melansir dari detikTravel, Beauties sebaiknya membawa alat P3K (Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan), seperti: tisu, minyak kayu putih, minyak angin, koyo, plester, obat masuk angin sachet, obat flu dan batuk.

9. Sempatkan untuk Buang Air Kecil atau Besar di Rest Area

 

Pixabay/Peggy_Marco
Ilustrasi toilet umum rest area/Pixabay/Peggy_Marco


Demi kenyamanan dan kesehatan bersama, sempatkan mampir ke rest area untuk buang air kecil atau besar. Tapi jangan lama-lama ya, karena mengutip dari detikNews, Polri dan Kementerian Perhubungan telah menetapkan durasi singgah di rest area hanya 30 menit.

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

 

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id