sign up SIGN UP

Ada yang Diadaptasi dari Kisah Nyata, 5 Tontonan Netflix Gambarkan Kisah Trauma Korban Kekerasan Perempuan

Nisrina Salsabila | Beautynesia
Minggu, 07 Nov 2021 13:00 WIB
Ada yang Diadaptasi dari Kisah Nyata, 5 Tontonan Netflix Gambarkan Kisah Trauma Korban Kekerasan Perempuan
caption

Sebuah film atau serial drama televisi yang mengangkat isu kekerasan terhadap perempuan selalu menarik untuk ditonton. Sebab, di kehidupan nyata isu tersebut seringkali masih dianggap tabu dan membuatnya selalu ditutupi. Terutama, jika pelakunya adalah orang yang memiliki kekuasaan dan menyangkut nama baik sebuah institusi.

Untuk menyambut Hari Anti-Kekerasan terhadap Perempuan Sedunia, berikut beberapa rekomendasi tontonan Netflix yang berlatar kisah traumatis dari korban kekerasan terhadap perempuan.

Disclaimer: Beberapa film dan serial Netflix di bawah ini mengandung adegan/ilustrasi/narasi yang menggambarkan kekerasan secara eksplisit, yang mungkin dapat memicu penyintas kekerasan seksual.

1. 27 Steps of May

rekomendasi netflix
27 Steps of May/Foto: Instagram.com/netflixid

27 Steps of May merupakan film drama Indonesia tahun 2018 yang dibintangi oleh aktor-aktor terbaik. Sutradara Ravi Bharwani menyuguhkan potret trauma korban kekerasan seksual melalui tokoh May (Raihaanun), yang menjadi korban pemerkosaan sekelompok orang tak dikenal saat berusia 14 tahun.

Imbas trauma mendalam, May mengisolasi dirinya sendiri di dalam kamar dan berhenti berbicara, sedangkan Bapak (Lukman Sardi) menyalahkan dirinya lantaran merasa tak bisa menjaga May. Tetapi, suatu hari sebuah lubang di dinding mempertemuan May dengan seorang pesulap (Ario Bayu).

2. Unbelievable

rekomendasi netflix
Unbelievable/Foto: Netflix.com

Nyatanya, hingga kini kecenderungan pemberian stigma buruk terhadap korban pelecehan seksual oleh masyarakat dan petugas berwenang kerap terjadi di negara manapun. Serial terbatas Netflix Unbelievable menggambarkan fenomena ini, terinspirasi dari kisah nyata di awal tahun 2000-an.

Sebuah kasus perkosaan berantai menimpa beberapa wanita di beberapa negara bagian di AS. Dikisahkan, seorang perempuan muda korban perkosaan malah dituduh berbohong bahwa ia telah menjadi korban. Cerita semakin menarik kala dua detektif perempuan berusaha melakukan investigasi guna mencari si pelaku, dibantu oleh keberanian para korbannya untuk melapor dan memberikan keterangan sedetail mungkin.

3. Good Morning, Verônica

rekomendasi netflix
Good Morning, Verônica/Foto: Imdb.com

Serial drama original Netflix asal Brasil ini bercerita tentang Verônica, seorang staf polisi yang berusaha menyelidiki kasus pembunuhan. Ternyata, kasus itu menuntunnya lebih jauh pada kasus pelecehan seksual hingga kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) oleh seorang polisi militer.

Cerita 8 episode yang mengandung plotwist ini juga mendorong perempuan untuk jangan takut untuk melapor kepada orang lain atau pihak berwajib jika mengalami tindak kekerasan yang dilakukan oleh orang terdekat, seperti suami atau orang tua.

4. Jeffrey Epstein: Filthy Rich

rekomendasi netflix
Jeffrey Epstein: Filthy Rich/Foto: Netflix.com

Docuseries Netflix ini mengupas kasus fenomenal yang menjerat Jeffrey Epstein, miliarder tersohor di AS yang berkawan karib dengan beberapa petinggi dunia. Pada 2019, ia didakwa sebagai predator seksual anak dan pelaku women trafficking yang memangsa gadis-gadis di bawah umur.

Yang menarik, serial ini menyuguhkan kesaksian korban tentang bagaimana mereka direkrut dan apa perasaan mereka ketika itu. Korban pelecehan seksual biasanya baru berani menceritakan pengalaman yang dianggapnya sebagai momok itu setelah sekian lama dipendam, karena akhirnya ia tahu ada pula orang lain yang mengalami hal-hal serupa.

5. Maid

rekomendasi netflix
Maid/Foto: Instagram.com/netflixid

Rekomendasi serial Netflix populer ini berhasil menyentuh hati penonton oleh jalan ceritanya. Sang aktris utama, Margaret Qualley dinilai berhasil membawakan tokoh Alex secara menjiwai.

Terinspirasi dari biografi Stephanie Land, Maid mengisahkan tentang Alex, seorang ibu single parent muda yang mesti berjuang melawan hubungan yang kasar dari pasangannya, hingga terpaksa bekerja menjadi pembersih rumah demi memberi kehidupan yang baik untuk anaknya.

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id