sign up SIGN UP

Agar Lebih Produktif, Ini Cara Menghilangkan Kebiasaan Menunda dengan 5 Second Rule

Siti Kholifatun Nadiah | Beautynesia
Senin, 13 Jun 2022 09:00 WIB
Agar Lebih Produktif, Ini Cara Menghilangkan Kebiasaan Menunda dengan 5 Second Rule
caption

Setiap manusia tentunya memiliki kebiasaan menunda, seperti menunda mengerjakan tugas, menunda tidur di malam hari, menunda makan, menunda mencuci baju, atau menunda pekerjaan lainnya. Kebiasaan menunda merupakan salah satu kebiasaan buruk yang sulit dihilangkan.

Awalnya kamu mungkin akan berpikir "Ah tidak apa-apa kalau dikerjakan besok" atau "Satu episode lagi baru tidur". Namun pada kenyataannya tanpa kamu sadari kebiasaan menunda semacam itu akan terus berlanjut. Alhasil, waktumu yang harusnya bisa diisi dengan hal-hal positif atau produktif malah jadi terbuang sia-sia.

Untuk menghilangkan kebiasaan menunda, kamu dapat mencoba 5 second rule, yaitu sebuah aturan yang dapat mengubah mentalitas seseorang dalam mengelola penundaan.

Aturan ini diciptakan oleh Mel Robbins, seorang pengacara Amerika yang beralih karir untuk menjadi penulis buku self-help terlaris. Nah, kira-kira seperti apa ya aturan dari 5 second rule? Berikut aturan 5 second rule yang dapat membantumu dalam menghilangkan kebiasaan menunda!

Mengapa Kebiasaan Menunda Muncul Tanpa Sadar?

Ilustrasi perempuan yang menunda menyelesaikan pekerjaan
Ilustrasi perempuan yang menunda menyelesaikan pekerjaan/Foto: Freepik/Yanalya

Menurut Robbins, penundaan bukanlah kemalasan atau masalah menghindari pekerjaan. Sebagaimana yang dilansir dari Standout Books, itu adalah mekanisme koping atau sebuah cara yang dilakukan untuk mengatasi stres.

Ketika kamu melakukan sesuatu yang menyenangkan alih-alih stres, kamu justru merasa lega. Kelegaan datang melalui pelepasan dopamin yang secara fisiologis membuat ketagihan. Semakin kamu menyerah pada aktivitas yang menyenangkan, semakin besar kemungkinan kamu mengulangi perilaku tersebut dan terjebak dalam pola penundaan.

Mencoba memotivasi diri sendiri dari lingkaran kebiasaan seperti ini jarang berhasil karena kebiasaan itu telah diperkuat berkali-kali melalui pengulangan dan kesenangan. Setiap kali kamu menunda-nunda dengan sesuatu yang menyenangkan, kamu mendapatkan sedikit dopamin yang membuatmu lebih tergoda untuk menunda lagi dan lagi.

Bagaimana 5 Second Rule Dapat Menghilangkan Kebiasaan Menunda?

Ilustrasi angka
Ilustrasi angka/Foto: Pexels/Magda Ehlers

Ketika pemikiran untuk menunda sesuatu muncul di otakmu maka kamu dapat menghitung mundur 5 detik tanpa keraguan sedetik pun untuk melepaskan hal-hal yang membuatmu ingin terus menunda.

Melansir dari Glamour, Robbins mengatakan, "Jika kamu memiliki naluri bertindak untuk mencapai tujuan maka kamu harus bergerak cepat dalam lima detik, jika tidak, otakmu akan menghentikan tujuanmu," ucap Robbins.

"Ketika kamu merasa ragu sebelum melakukan sesuatu maka yang harus kamu lakukan adalah membuat keputusan, lalu menghitung mundur 5-4-3-2-1 bergerak menuju tindakan. Satu keraguan kecil dapat memicu sistem mental yang dirancang untuk menghentikan tujuanmu dan itu terjadi dalam waktu kurang dari lima detik,” jelasnya.

Seorang ahli saraf dan peneliti di NeuroLeadership Institute, Dr Emma Sarro, menjelaskan apa yang sebenarnya terjadi di otak ketika seseorang membuat keputusan ini. "Manusia membuat ribuan keputusan setiap hari dan sebagai cara untuk membuat keputusan ini lebih efisien, otak telah mengembangkan serangkaian bias kognitif, yang sering dianggap sebagai jalan pintas mental", jelas Dr Emma.

Ilustrasi perempuan yang menerapkan 5 second rule
Ilustrasi perempuan yang menerapkan 5 second rule/Foto: Freepik/Tirachardz

Jadi, sebagaimana yang dilansir dari Glamour, 5 second rule adalah periode waktu yang optimal untuk berpikir tentang membuat keputusan atau memutuskan untuk bertindak berdasarkan dorongan. Ini adalah waktu yang cukup singkat sebelum keraguan yang menentukan itu muncul di otakmu.

Agar 5 second rule yang kamu jalankan bisa lebih optimal, kamu bisa melakukan kebiasaan positif seperti membuat list kegiatan beserta deadline penyelesaiannya. Contoh, jika lusa adalah deadline pengumpulan tugas maka mulai dari hari ini kamu harus mencicilnya. Alih-alih menunda, kamu bisa memilih untuk menyelesaikan pekerjaanmu terlebih dahulu sebelum bersantai.

Nah, gimana, Beauties? Sudahkah kamu mencoba 5 second rule untuk menghilangkan kebiasaan menunda? Jika belum, selamat mencoba, ya!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id