sign up SIGN UP

5 Hal Tak Bermanfaat Ini Cuma Bikin Energi Habis dan Terbuang Percuma, Sering Kamu Lakukan?

Rizqa Fitriana | Beautynesia
Selasa, 31 May 2022 22:30 WIB
5 Hal Tak Bermanfaat Ini Cuma Bikin Energi Habis dan Terbuang Percuma, Sering Kamu Lakukan?
caption

Beberapa hal dalam hidup terkadang tidak usah terlalu kita ambil pusing. Apalagi jika hal tersebut hanya memberikan efek negatif terhadap kehidupan kamu, waktu terbuang, energi juga terkuras sia-sia. Lama-lama kamu akan cape sendiri dengan segala pertimbangan yang tidak penting.

Jadi, jangan sampai kamu membiarkan energimu habis karena lima hal berikut ini, Beauties. Simak yuk!

1. Membanding-bandingkan Dirimu dengan Orang Lain

membandingkan diri dengan orang lain/ Foto: pexels.com/Austin Guevara
membandingkan diri dengan orang lain/ Foto: pexels.com/Austin Guevara

Perasaan membandingkan diri dengan orang lain memang bisa terbersit begitu saja tanpa bisa kamu cegah. Ketika melihat pencapaian orang lain, kamu jadi merasa ‘kecil’ karena tidak bisa seproduktif mereka. Saat melihat ketidakbahagiaan orang lain kadang juga kamu membandingkan dengan keterpurukanmu.

Nggak akan tentram kalau kamu selalu membanding-bandingkan dirimu dengan orang lain. Ada aja hal yang membuat kamu tidak merasa cukup.  Syukuri apa yang kamu dapatkan dan teruslah upgrade kemampuan diri tanpa haus validasi.

2. Bersikap Pesimis

bersikap pesimis/ Foto: freepik.com/Tirachardz
bersikap pesimis/ Foto: freepik.com/Tirachardz

Memang tidak semua hal berjalan sesuai rencana, tapi bukan berarti kamu harus bersikap pesimis. Kalau kamu pesimistis, rasa cemas kerap melanda pikiran kamu karena kamu takut kalau sesuatu bisa merusak rencana kamu.

Yakinkan diri kalau semuanya akan berjalan dengan mulus dan tepis jauh-jauh semua pikiran buruk. Fokuslah kepada proses yang sedang kamu jalani, niscaya hasil yang kamu dapatkan juga akan maksimal.

3. Menunda-nunda Pekerjaan

Menunda-nunda pekerjaan/ Foto: unsplash.com/Magnet Me
Menunda-nunda pekerjaan/ Foto: unsplash.com/Magnet Me

Tantangan terbesar dalam memulai pekerjaan adalah kebiasaan menunda-nunda. Padahal dengan menunda, kamu akan merasa panik dan kepepet karena ketika tidak segera menyelesaikan pekerjaan, tenggat waktu semakin dekat sedangkan tugas kamu belum tuntas.

Jadi, prioritaskan pekerjaan yang harus segera diselesaikan dan kerjakan secara bertahap. Tidak usah terlalu lama berpikir, kerjakan saja terlebih dahulu. Kalau masih menunda-nunda, sepertinya kamu harus sedikit memaksakan diri agar tidak berdampak negatif terhadap performa kerja kamu.

4. Terlalu Memikirkan Omongan Orang

Terlalu memikirkan omongan orang/ Foto: freepik.com
Terlalu memikirkan omongan orang/ Foto: freepik.com

Memikirkan perkataan orang lain memang tidak akan ada habisnya, pasti ada saja kritikan atas hal yang tidak sesuai standar mereka. Kalau kamu terlalu ambil pusing, bisa-bisa hidup kamu seperti didikte dan takut melakukan sesuatu.

Tapi tidak semua perkataan harus kamu abaikan, jika itu untuk kebaikan kamu, terima dan introspeksi diri. Namun, kalau hanya bersifat menjatuhkan dan selama apa yang kamu lakukan tidak merugikan orang lain, cuekin aja!

5. Menghabiskan Terlalu Banyak Waktu di Media Sosial

Terlalu banyak menghabiskan waktu di media sosial/ Foto: pexels.com/Mikotoraw Photographer
Terlalu banyak menghabiskan waktu di media sosial/ Foto: pexels.com/Mikotoraw Photographer

Keberadaan media sosial banyak menyita perhatian. Waktu yang bisa kamu gunakan untuk melakukan aktivitas yang lebih penting malah kamu gadaikan untuk melihat TikTok atau Instagram.

Kebiasaan menghabiskan waktu terlalu banyak di media sosial bisa menyebabkan kecanduan. Kamu jadi susah lepas dari handphone dan susah fokus, sehingga aktivitas lainnya jadi terhambat.

Belum lagi kalau kamu melihat postingan teman-teman kamu yang isinya senang-senang terus, malah timbul insecure. Jadi bijaklah menggunakan sosmed dan fokus pada kehidupan nyata, ya Beauties.

Nah, gimana, Beauties, udah siap meninggalkan hal-hal yang bikin energimu terbuang percuma? Lebih baik pikiran dan tenagamu kamu pakai untuk hal-hal yang bikin kamu bahagia. Semoga bermanfaat ya.

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id