STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Akibat Pandemi yang Tak Kunjung Usai, 5 Group Idol Kpop Ini Terpaksa Bubar

Fahira Mahza | Beautynesia
Senin, 05 Jul 2021 08:00 WIB
Akibat Pandemi yang Tak Kunjung Usai, 5 Group Idol Kpop Ini Terpaksa Bubar

Sejak 2020 lalu, kita telah mengalami masa-masa sulit akibat pandemi Covid-19 yang tak kunjung usai. Berbagai sektor tentunya terkena dampak pandemi. Tak hanya kesehatan dan pangan, bahkan industri hiburan pun tak luput dari dampak pandemi. Begitu pun industri hiburan Korea Selatan yang terkenal memiliki persaingan yang ketat.

Akibat Covid-19, banyak idol kpop yang kesulitan melakukan promosi dan tampil untuk meningkatkan citra mereka di mata penggemar. Bahkan beberapa grup terpaksa harus menghentikan aktivitas mereka dan membubarkan grupnya, padahal umumnya sebuah grup Kpop akan bertahan hingga kontrak mereka dengan agensi selesai. Inilah beberapa grup yang harus bubar akibat Covid-19!

ANS 

ANS
ANS/foto: kpop.fandom.com

Girl grup yang debut pada tahun 2019 tepatnya pada tanggal 16 September ini sayangnya harus bubar pada 21 Agustus 2020. Ada beberapa alasan yang menyertai grup yang debut dengan single "Boom Boom" ini. Selain karena pandemi yang menyebabkan perusahaan kesulitan keuangan dan berdampak terhadap promosi, rumor pembullyan dalam grup yang membuat salah satu mantan anggotanya hampir melakukan upaya bunuh diri juga menjadi alasan pembubaran grup. 

Hinapia 

Hinapia
Hinapia/foto: soompi.com

Hinapia merupakan girl grup yang debut pada November 2019 lalu dengan single utama bertajuk Drip. 4 anggotanya merupakan mantan anggota girl grup Pristin yang juga telah bubar dan akhirnya re-debut bersama Hinapia. Girl grup ini bahkan sempat dinominasikan sebagai Best Super Rookie di K-Champ Awards 2019. Namun, grup ini bubar karena permasalahan keuangan perusahaan karena pandemi berkepanjangan. Hinapia resmi bubar pada 21 Agustus 2020 lalu. 

Spectrum

Spectrum
Spectrum/foto: soompi.com

Boy grup asal WYNN Entertainment ini juga harus merasakan pahitnya dampak Covid-19. Memulai debut pada 2018 lalu, boy grup beranggotakan 6 orang ini resmi bubar pada Juli 2020. Bubarnya Spectrum disampaikan langsung oleh pihak agensi. Agensi menyatakan bahwa akibat Covid-19, perusahaan mengalami kesulitan manajemen dan memutuskan untuk membubarkan Spectrum. 

Becz

Becz
Becz/foto: kprofiles.com

Boy grup beranggotakan 5 orang ini juga terpaksa untuk memendam mimpi mereka untuk bersaing di industri Kpop. Hal ini karena pihak agensi, yakni H&H Entertainment, terpaksa membubarkan Becz 6 bulan setelah mereka debut tepatnya pada 13 Maret 2020. Pandemi membuat perjalanan karir mereka serta manajemen agensi yang menaungi mereka kesulitan menjalankan perusahaan dan berdampak pada eksistensi grup. 

Moonlight Girls

Moonlight Girls
Moonlight Girls/foto: kpop.fandom.com

Pada tahun 2019 lalu, sebenarnya Moonlight Girls telah mempromosikan lagu mereka berjudul "Go Go Up" walaupun belum resmi debut. Rencananya Moonlight Girls akan debut secara resmi pada Juni 2020. Namun, karena pandemi, akhirnya mimpi girl grup beranggotakan 7 orang bentukan NDS Entertainment ini tak pernah benar-benar debut. Bahkan grup ini akhirnya bubar pada Agustus 2020 dan ketujuh anggotanya harus memendam mimpi mereka.

Itulah beberapa grup Kpop yang harus menelan kekecewaan akibat Covid-19 yang menyebabkan grup mereka harus bubar. Dari ke-5 grup tersebut adakah idolamu? 

(arm2/arm2)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE