sign up SIGN UP

Asyik, UMP Naik! Ini 5 Cara Mengatasi Agar Biaya Hidupmu Tetap Stabil, Catat ya...

aqillah diaz | Beautynesia
Jumat, 17 Dec 2021 06:15 WIB
Asyik, UMP Naik! Ini 5 Cara Mengatasi Agar Biaya Hidupmu Tetap Stabil, Catat ya...
caption

Upah Minimum Provinsi (UMP) di masing-masing wilayah di Indonesia resmi mengalami peningkatan dengan nominal berbeda di masing-masing wilayah. DKI Jakarta menempati posisi pertama UMP tertinggi dibandingkan dengan provinsi lain di Indonesia. UMP DKI Jakarta mengalami peningkatan sebesar Rp 37.749 ribu, yang semula Rp 4.416.186 ribu menjadi Rp 4.453.935 ribu per bulan.

Di saat yang bersamaan, kebutuhan pokok dan bahan baku mengalami peningkatan menjelang Natal dan Tahun Baru. Lantas, kondisi ini membuat para pekerja memiliki beban lebih. Di kondisi saat ini diperlukan beberapa cara untuk mengatasi agar biaya hidup tetap stabil sehingga dapat mengurangi biaya hidup.

Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi biaya hidup agar tetap stabil. Simak selengkapnya di sini ya, Beauties!

1. Merencanakan Anggaran Bulanan

merencanakan anggaran bulanan / foto : pexels.com/Pixabay
merencanakan anggaran bulanan / foto : pexels.com/Pixabay

Cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan membuat rencana anggaran tiap bulannya. Buatlah daftar rencana anggaran agar kamu bisa menentukan mana yang menjadi prioritas atau tidak.

Pastikan membuat daftar list kebutuhan yang penting paling atas, seperti makanan, biaya transportasi, dan pembayaran kebutuhan rumah lainnya. Kemudian hindari keinginan anda ketika tidak sedang dibutuhkan. Kamu juga bisa menekan pembelian barang lain yang tidak begitu penting, sehingga pengeluaran kamu tiap bulannya tidak membengkak. 

2. Mengontrol Keinginan

Mengontrol keinginan / foto : pexels.com/LizaSummer
Mengontrol keinginan / foto : pexels.com/LizaSummer

Cara lain yang bisa dilakukan untuk mengatasi biaya hidup tetap stabil adalah mengontrol keinginan. Kamu harus bisa membedakan keinginan dan kebutuhan.

Jika sesuatu hal yang kamu inginkan tidak seberapa urgent, sebaiknya kamu menahannya dan pikirkan secara matang. Apakah benar yang kamu inginkan benar-benar dibutuhkan atau tidak. Nah, untuk mengalihkan keinginanmu, kamu bisa memulai untuk investasi, sehingga hal itu lebih menguntungkan buatmu, lho!

3. Mengurangi Belanja Online

mengurangi belanja online / foto : pexels.com/PhotoMIXcompany
mengurangi belanja online / foto : pexels.com/PhotoMIXcompany

Mulailah untuk mengurangi belanja online. Di kondisi pandemi seperti saat ini, membuat kita banyak menghabiskan waktu di rumah, sehingga membuat kita menjadi impulsif. Sebaiknya mulailah berhemat dan memangkas pengeluaran yang tidak begitu penting. Jika kamu bisa melakukannya, maka kondisi keuanganmu juga akan lebih baik.

Tidak hanya itu, kamu juga harus pandai meminimalisir gaya hidup dan jangan terlalu menuntut gaya hidup yang terlalu tinggi.

4. Menyiapkan Dana Darurat

menyiapkan dana darurat / foto : pexels.com./oliodanilevich
menyiapkan dana darurat / foto : pexels.com./oliodanilevich

Dana darurat merupakan dana yang dialokasikan untuk mengantisipasi keadaan yang tidak bisa diprediksi sehingga tidak mempengaruhi kondisi finansial. Saat ini, masih banyak orang yang menganggap dana darurat sebagai hal sepele.

Padahal, dana darurat bisa dikatakan sebagai penolong di saat kondisi sedang tidak stabil. Kamu bisa menyisahkan gajimu untuk kamu alokasikan sebagai dana darurat, sehingga kamu tetap memiliki dana simpanan.

5. Menabung secara Rutin

menabung secara rutin / foto : pexels.com/maitreerimthong
menabung secara rutin / foto : pexels.com/maitreerimthong

Selain mencukupi kebutuhan, kamu juga perlu mengamankan dana untuk masa depan. Kamu bisa menyimpan 20% dari dana penghasilan untuk dijadikan simpananmu. Menabung secara rutin juga dapat membuatmu menjadi terbiasa dengan tanggung jawab yang kamu miliki tiap bulannya. Menabung juga baik untuk jangka panjang, sehingga kamu juga tetap memiliki simpanan yang tetap tiap bulannya dan jumlahnya juga akan terus bertambah. 

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi biaya hidup agar tetap stabil. Meskipun pendapatanmu tidak besar, tetapi jika kamu bisa mengatur keuangan dengan baik, pasti biaya hidupmu juga bisa stabil. 

[Gambas:Youtube]

_________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id