sign up SIGN UP

Atasi Ketakutan Dalam Diri Secara Perlahan Melalui 4 Trik Psikologis Ini, Yuk!

Diyah Wulandini | Rabu, 12 Jan 2022 11:45 WIB
Atasi Ketakutan Dalam Diri Secara Perlahan Melalui 4 Trik Psikologis Ini, Yuk!
caption
Jakarta -

Hal-hal buruk yang terus menghantui bukan berarti kamu tidak bisa mengatasi ketakutan, Beauties. Sebaiknya pahami lebih dulu seperti apa rasa takut yang mengganggumu, lalu mulai atasi secara perlahan.

Rasa takut berkepanjangan dapat menyebabkan gangguan kecemasan yang merugikanmu. Serangan emosional yang mengganggu tentu akan memberikan dampak kurang nyaman. Seperti gangguan kecemasan umum yang menimbulkan kekhawatiran dan kecemasan sosial yang berdampak pada interaksi bersama orang lain.

Dikutip dari Life Falcon, ada empatĀ trik psikologis yang dapat membantumu mengatasi kecemasan akibat rasa takut. Pelan-pelan mulai pahami dirimu, yuk!

Cari Tahu Penyebabnya

Mencari tahu penyebab dari ketakutan menjadi trik psikologi untuk mengatasi rasa cemas yang mengganggu.
Trik psikologis untuk mengatasi ketakutan/foto: freepik.com/drobotdean

Akar masalah dari rasa takut yang kamu alami menjadi penyebab utama mengapa kecemasan dapat mengganggu. Sebelum fokus pada bagaimana menghilangkan tekanan emosional, coba cari tahu dari mana sumber ketakutanmu berasal.

Mulai lakukan introspeksi dengan melacak apa saja yang mampu memicu rasa takutmu datang. Apabila sulit melakukannya sendiri, kamu bisa mencoba bertukar pikiran dengan teman atau mengonsultasikannya langsung pada tenaga profesional.

Sudahi Takut Kegagalan

Terbiasa untuk tidak takut mengalami kegagalan membantu mengatasi ketakutan yang mengganggu.
Trik psikologis untuk mengatasi ketakutan/foto: freepik.com/diana.grytsku

Menemui kegagalan sudah menjadi bagian dari setiap manusia. Jadi, kamu tidak perlu takut gagal, ya. Sudahi perasaan cemasmu apabila khawatir mengenai hal-hal yang kamu kerjakan dapat berujung tidak baik.

Mengusahakan secara maksimal dalam berproses adalah keharusan, tapi menemui hasil akhir sudah berada di luar kekuasaanmu, Beauties. Tetaplah berusaha melakukan yang terbaik tanpa perlu terhambat dengan ketakutan menemui kegagalan.

Lagipula, di balik kegagalan kamu akan menemukan hal baru untuk dipelajari. Tidak ada yang rugi, kok. Setiap kesempatan yang datang tentunya dapat dimanfaatkan dengan baik.

Bangun Kepercayaan Diri

Mengatasi ketakutan dapat diatasi dengan membangun rasa percaya pada diri sendiri.
Trik psikologis untuk mengatasi ketakutan/foto: freepik.com/wavebreakmedia_micro

Membangun kepercayaan diri menjadi trik psikologis yang tidak boleh kamu lewatkan, Beauties. Rasa takut yang mengganggu memiliki kemungkinan membuatmu enggan terlibat dalam aktivitas tertentu. Apabila perasaan tersebut seringkali muncul dapat menurunkan kepercayaan dirimu, lho.

Untuk mengatasi ketakutan tersebut kamu bisa mulai berusaha membangun kepercayaan diri. Dengan memiliki keyakinan bahwa mampu melakukan apapun dengan baik, kekhawatiran yang mengganggu dapat diredakan melalui langkah-langkah sederhana.

Tidak perlu sempurna, kok. Asal kamu mau berusaha mengalahkan rasa takutmu. Membaca buku atau menonton tayangan motivasi sedikit banyak akan memengaruhi cara berpikirmu untuk mengambil langkah lebih baik dari sebelumnya.

Jangan Malu Bekerja Keras

Mengatasi rasa takut dengan tidak malu bekerja keras mampu menumbuhkan kebiasaan berjuang dan kemampuan membuat keputusan.
Trik psikologis untuk mengatasi ketakutan/foto: freepik.com/ViDIstudio

Setelah membangun kepercayaan diri dan tidak takut gagal, trik psikologis dalam mengatasi ketakutan selanjutnya adalah dengan siap bekerja keras. Hal-hal berpotensi dalam diri kadang dikalahkan oleh rasa malu yang membuat kita enggan menunjukkan etos kerja.

Menumbuhkan kebiasaan berjuang untuk hal yang sedang dihadapi mampu meninggalkan rasa takut dalam diri. Tidak hanya itu, kamu akan lebih terlatih untuk mengambil keputusan dengan tepat.

Mengatasi ketakutan yang mengganggu bukan suatu kemustahilan, Beauties. Empat cara di atas dapat membantumuĀ memberikan kesempatan pada diri sendiri untuk lebih berkembang dan mengurangi gangguan emosional.

[Gambas:Youtube]

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fer/fer)

Our Sister Site

mommyasia.id