sign up SIGN UP

Atasi Perasaan Benci Hari Senin, Jangan Sampai Bikin Stres!

Dyah Arum Narwastu | Beautynesia
Minggu, 19 Sep 2021 12:30 WIB
Atasi Perasaan Benci Hari Senin, Jangan Sampai Bikin Stres!
caption
Jakarta -

Banyak orang benci hari Senin. Alasannya karena hari Senin adalah saat dimulainya lagi ketegangan kerja setelah menikmati waktu santai di akhir pekan. Rasa benci pada hari Senin ini adalah hal yang umum terjadi. Tapi, bukan berarti kamu hanya mendiamkannya saja. Kamu bisa kok mengatasi perasaan ini dengan melakukan beberapa hal.

1. Jangan Bekerja di Hari Libur

Anti-burnout saat WFH/Foto: Freepik.comAnti-burnout saat WFH/ Foto: Freepik.com

Rasa benci hari Senin bisa terjadi ketika kita belum puas beristirahat. Hal ini biasanya disebabkan karena kamu tetap bekerja di hari libur. Buat beberapa orang, mungkin sulit menghindari pekerjaan yang tiba-tiba datang di hari libur. Tapi kalau pekerjaan ini bukan hal mendadak, sebaiknya selesaikan pekerjaan di hari Jumat sebelum hari libur datang. Dengan begitu, kamu tidak perlu mengorbankan hari libur untuk bekerja dan membuat tubuh tetap terasa lelah di hari Senin.

2. Jangan Ubah Pola Tidur

Seorang dengan zodiak Gemini  tidak akan mendapatkan tidur nyenyaknya begitu saja, ketika insomnia menguasai mereka maka mereka akan kesulitan untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik.Jam tidur/ Foto: Freepik.com

Saat libur, banyak orang cenderung tidur lebih larut dan bangun lebih siang. Sebaiknya, hindari hal ini ya, Beauties. Mengubah pola tidur hanya akan membuat tubuh kamu bingung sehingga merasa lebih lelah saat harus kembali ke jam tidur normal. Akhirnya, saat harus menghadapi pekerjaan di hari Senin, tubuh akan merasa kewalahan.

3. Jangan Menumpuk Pekerjaan di Hari Senin

Sebagai hari kerja pertama, hari Senin seringkali dipakai untuk meeting dan merencanakan kegiatan seminggu ke depan. Jika kamu hanya menjalankan satu project atau satu tugas saja, hal ini mungkin tidak masalah untuk dilakukan. Tapi, kalau kamu memiliki banyak tugas, hal ini hanya akan membuat hari Senin kamu melelahkan.

Mungkin saja kamu tidak akan memiliki waktu untuk kerja karena waktumu habis untuk banyak meeting. Akibatnya, kamu harus lembur untuk memastikan semua pekerjaan selesai.

Maka dari itu, cobalah untuk membagi jadwal ke dalam beberapa hari. Batasi jumlah meeting di hari Senin maksimal 2 jam. Jika ada meeting lain, alihkan ke hari Selasa dan Rabu. Dengan begitu, kamu tidak harus merasakan hari yang melelahkan di hari Senin.

4. Mengubah Mindset

Menanamkan mindset yang tepat penting untuk menepis self blaming/freepik.comMindset/ Foto: Freepik.com

Mindset bisa memengaruhi kita dalam menilai banyak hal, termasuk dalam menilai hari Senin. Saat kita khawatir dan merasa hari Senin akan terasa berat, maka hal itu akan membuat kita merasa stres bahkan sebelum hari Senin datang. Padahal, belum tentu hari Senin akan berjalan seburuk yang kamu bayangkan. Cobalah untuk mulai berpikir positif sehingga hari Senin tidak akan terasa terlalu berat.

5. Mengobrol dengan Teman atau Keluarga

Rasa berat menjalani hari Senin bisa berkurang ketika kita memiliki orang sebagai tempatcurhat. Kamu bisa bercerita tentang apapun ke teman, keluarga ataupasanganmu. Bercerita bisa membuat perasaan lebih tenang dan pikiran lebih cerah

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id