sign up SIGN UP

Tanda Kamu Mengalami Burnout di Tengah Aktivitas yang Padat

Diyah Wulandini | Sabtu, 26 Jun 2021 11:00 WIB
Tanda Kamu Mengalami Burnout di Tengah Aktivitas yang Padat
caption

Burnout dapat menyerang kondisi emosional siapa saja, yang bisa datang 'tanpa pikir panjang', Ladies. Mau seberapa aware kamu dalam menjalankan rutinitas, ternyata enggak menutup kemungkinan kamu pun dapat terkena.

Kondisi ini merujuk pada istilah yang mendeskripsikan kondisi stres berat, yang umumnya dipicu pekerjaan. Karenanya, kondisi kelelahan mental dan fisik ini memang lebih sering menyerang para pekerja profesional. Untuk itu, dampaknya jangan kaget kalau tiba-tiba emosimu ikut terganggu.

Kenali dulu yuk dengan tanda burnout. Supaya enggak terus terjebak dalam lingkaran negatif berkepanjangan yang mampu menurunkan produktivitas. 

1. Cepat Marah

Seseorang yang mengalami burnout seringkali cepat menemui amarah akibat kelelahan hati dan pikiran.
Mudah marah menjadi tanda burnout/ foto: freepik.com

Tanda burnout yang paling familiar adalah suasana hati yang mudah berubah. Potensi 'naik darah' bisa lebih besar meski sebenarnya kamu enggak sedang dalam fase datang bulan. Orang yang sedang lelah memang lebih cepat marah, dibanding mereka yang mendapat istirahat cukup.

Emosi yang kurang stabil bakalan menjadi reaksi kamu setiap kali menghadapi permasalahan rumit. Ketika pikiran dan hati sudah enggak sinkron, marah menjadi satu-satunya jalan buat meluapkan kekesalan.

2. Kehilangan Semangat Beraktivitas

Berkurangnya semangat dalam beraktivitas menjadi salah satu tanda burnout ketika pikiran sudah sesak dengan rutinitas yang ada.
Rebahan ketika mengalami burnout/foto: freepik.com

Produktivitas yang terus menurun akibat burnout memang sudah seperti satu paket. Dampaknya lagi kamu merasa nggak begitu bersemangat dan demotivasi.

Kalau sudah begini, lebih baik ambil jeda untuk me time atau cuti, Ladies. Coba ingat-ingat lagi kapan terakhir kali kamu memberikan apresiasi pada diri, selepas usaha keras yang sudah dilakukan?

3. Menyerang Kondisi Kesehatan

Sakit menjadi reaksi tanda burnout yang menyerang kondisi fisik penderitanya.
Sakit akibat Burnout/foto: freepik.com

Tanda burnout selanjutnya enggak cuma menyerang pada kondisi emosionalmu. Semakin 'sesak' pikiran, semakin besar juga potensi sakit fisik bisa mampir pada tubuhmu.

Ini mengapa kamu enggak bisa terus-terusan memforsir energi tanpa mempertimbangkan seberapa banyak waktu yang kamu dapat untuk istirahat. Jangan jadikan tanggung jawabmu sebagai beban yang bisa mengganggu kesehatan mental dan fisik, ya.

4. Asing dengan Diri Sendiri

Asing dengan diri sendiri merupakan salah satu tanda burnout yang menyerang kelelahan emosional.
Asing dengan diri sendiri akibat burnout/foto: freepik.com

Bisa jadi kamu sedang mengalami salah satu tanda burnout ini: merasa asing dengan diri sendiri, yang membuatmu semakin menurunkan kualitas hidup yang semula baik-baik saja menjadi enggak karuan.

Karenanya, kamu perlu segera mengatasi kondisi ini. Kamu bisa dengan memulai untuk mengatur ekspektasi terhadap diri sendiri, menyusun kembali prioritas, dan jangan ragu mendiskusikan load pekerjaan dengan atasan.

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id