sign up SIGN UP

Baik untuk Kesehatan Mental, Inilah 5 Cara Meningkatkan Self Awareness untuk Memahami Diri Sendiri

aqillah diaz | Beautynesia
Kamis, 06 Jan 2022 20:00 WIB
Baik untuk Kesehatan Mental, Inilah 5 Cara Meningkatkan Self Awareness untuk Memahami Diri Sendiri
caption

Self awareness merupakan salah satu kemampuan seseorang dalam memahami perasaan, pikiran, perilaku dan evaluasi diri. Self awareness sangat penting dalam kehidupan karena dapat membawa perubahan yang positif, hal ini dikarenakan dapat membuatmu menjadi lebih percaya diri dan dapat berkomunikasi secara efektif, serta dapat memahami situasi sosial yang terjadi.

Selain itu, self awareness juga dapat membantu seseorang dalam memahami kelemahan, kekuatan, dan nilai yang ada dalam dirinya dan orang lain. Namun, yang paling penting adalah kita harus memahami diri sendiri terlebih dahulu, baru orang lain.

Nah, kira-kira gimana sih cara meningkatkan self awareness untuk memahami diri sendiri? Berikut penjelasannya, Beauties!

1. Menerapkan Pola Pikir yang Sehat

Menerapkan Pola Pikir yang Sehat / foto : pexels.com/AndreaPiacquadio
Menerapkan Pola Pikir yang Sehat / foto : pexels.com/AndreaPiacquadio

Menerapkan pola pikir yang sehat atau mindfulness merupakan salah satu cara untuk meningkatkan self awareness pada diri sendiri. Menerapkan pola pikir yang sehat yang dimaksud adalah lebih peka terhadap apa yang dilakukan, bukan hanya sekedar melakukan. Selain itu, mencoba untuk mengerti keadaan dan kondisi di sekitar kita.

2. Mempercayai Kemampuan Diri Sendiri

Mempercayai Kemampuan Diri Sendiri / foto : pexels.com/mentatdgt
Mempercayai Kemampuan Diri Sendiri / foto : pexels.com/mentatdgt

Dalam meningkatkan self awareness, ada hal yang perlu kamu lakukan, yakni mempercayai kemampuan diri sendiri. Hal ini perlu dilakukan agar kita memiliki kemampuan yang lebih berani untuk mengungkapkan keyakinan sebagai upaya untuk memperlihatkan eksistensi atau adanya keberadaan kita.

Cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan berani mengutarakan pendapat yang berbeda dari orang lain, serta rela berkorban untuk kebenaran. Dengan memiliki kemampuan ini, kamu dapat membuat keputusan yang tetap meskipun kamu sedang berada di kondisi yang tidak pasti.

3. Mengevaluasi Diri Sendiri

Mengevaluasi Diri Sendiri / foto : pexels.com/AndreaPiacquadio
Mengevaluasi Diri Sendiri / foto : pexels.com/AndreaPiacquadio

Setiap orang perlu memahami dirinya sendiri, seperti melakukan evaluasi terhadap diri sendiri. Cara yang dilakukan ini baik untuk meningkatkan pemahaman terhadap diri sendiri dan baik untuk kesehatan mental.

Bahkan dengan melakukan evaluasi diri sendiri kamu dapat menemukan kekuatan dan kelemahan yang ada pada dirimu. Setelah kamu mengetahui kekuatan dan kelemahanmu, kamu dapat memperbaiki apa yang kurang dalam dirimu dan mencoba untuk meningkatkan apa yang ada di dalam dirimu. 

4. Mampu Mengendalikan Emosi

Mampu Mengendalikan Emosi/ foto : pexels.com/KatSmith
Mampu Mengendalikan Emosi/ foto : pexels.com/KatSmith

Cara lain yang bisa dilakukan adalah mampu mengendalikan emosi. Seseorang yang memiliki kemampuan ini akan lebih mudah untuk mengetahui makna dari emosi yang sedang dirasakan. Kamu juga akan mengetahui apa penyebab emosi itu muncul dan akan menyadari hubungan antara emosi yang sedang dirasakan dengan apa yang dipikirkan.

Dengan cara ini, kamu juga bisa mengetahui pengaruh emosi terhadap kinerja atau semangat diri sendiri. Jika kamu mengetahui dan memahami hal ini, maka kamu akan sadar bahwa ini bisa dijadikan pedoman untuk tujuan hidup. 

5. Meluangkan Waktu untuk Merenung

Meluangkan Waktu untuk Merenung / foto : pexels.com/khoavo
Meluangkan Waktu untuk Merenung / foto : pexels.com/khoavo

Untuk membangun atau meningkatkan self awareness, kamu dapat meluangkan sedikit waktu untuk merenung. Di saat seperti ini, kamu dapat memeriksa perasaan, pikiran, perilaku untuk memenuhi standar diri kamu. Tujuan merenung dilakukan adalah untuk introspeksi diri, serta mengelola emosi.

Dengan ini, maka akan membuatmu menjadi lebih tenang dan dapat menghilangkan stres, sehingga dapat membuat kita lebih fokus pada tujuan hidup.

Itulah 5 cara yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan self awareness. Beberapa cara tersebut dapat dilakukan agar dapat memahami diri sendiri dan tentunya akan berdampak positif bagi sekitar.

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

 

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id