sign up SIGN UP

Bangga! Pebulutangkis Rangking 333 Bilqis Prasista Berhasil Kalahkan Peringkat Nomor 1 Dunia di Uber Cup 2022!

Nadya Quamila | Beautynesia
Rabu, 11 May 2022 16:30 WIB
Bangga! Pebulutangkis Rangking 333 Bilqis Prasista Berhasil Kalahkan Peringkat Nomor 1 Dunia di Uber Cup 2022!
caption
Jakarta -

Prestasi gemilang dan membanggakan baru saja ditorehkan oleh pebulutangkis Indonesia, Bilqis Prasista. Tunggal putri Indonesia yang berada di peringkat 333 tersebut berhasil mengalahkan pebulutangkis nomor 1 dunia asal Jepang, Akane Yamaguchi di Uber Cup 2022 yang diadakan di Bangkok, Thailand, pada Rabu (11/5).

Nama Bilqis Prasista pun langsung menjadi perbincangan hangat. Bilqis berhasil menaklukkan Akane di partai pembuka laga antara Indonesia dengan Jepang di babak penyisihan Grup A Uber Cup 2022. Dalam dua gim dengan skor 21-19, 21-19, Bilqis menyumbang poin pertama untuk Indonesia saat berhadapan dengan tim Negeri Sakura.

Kemanangan ini lantas menjadi catatan prestasi bagi Bilqis di bulutangkis. Perempuan yang lahir pada 24 Mei 2003 di Magelang, Jawa Tengah ini mengaku tak menyangka bisa mengalahkan Akane Yamaguchi yang menyabet peringkat nomor 1 dunia.

Tunggal putri Indonesia Bilqis Prasista di Uber Cup 2022Tunggal putri Indonesia Bilqis Prasista di Uber Cup 2022/ Foto: Dok. PP PBSI

"Saya tidak menyangka bisa menang atas Akane. Karena dia itu pemain nomor satu dunia dan memiliki prestasi banyak," kata Bilqis usai memenangkan pertandingan atas Akane, dalam rilis PBSI, dikutip dari detikSport.

"Saya bisa membuat kejutan. Saya kan rangkingnya masih jauh. Tetapi bisa menang atas Akane," tambahnya.

Ketika ditanya strategi apa yang ia gunakan ketika melawan Akane, Bilqis menjawab ia harus siap tahan, semangat, dan bermain tanpa beban. Bisa terlihat di beberapa kesempatan, Bilqis terlihat tenang bahkan ketika ia berhasil mencetak poin.

Bilqis Prasista di Uber Cup 2022Bilqis Prasista di Uber Cup 2022/ Foto: dok. PBSI

"Tadi strategi saya hanya bagaimana membuat dia lari terus. Juga saya harus siap tahan dan semangat. Saya main tanpa beban. Saya yakin saja, di pertandingan, tidak ada yang tidak mungkin," ujarnya.

"Orangtua juga berpesan kalau ketemu siapa saja, jangan takut dan selalu yakin. Sebab tidak ada yang tidak mungkin sepanjang mau berusaha dan yakin kita bisa," tuturnya.

Bulutangkis bukan hal yang asing bagi Bilqis sejak kecil. Sebab, kedua orangtuanya merupakan mantan legenda bulutangkis Indonesia, yaitu Joko Supriyanto dan Zelin Resiana yang aktif bertanding di tahun 1990-an.

Bilqis berada di klub PB Djarum sebelum akhirnya ditarik ke Pelatnas PBSI pada 2020 lalu. Lalu pada Mei 2022 ini, ia debut di ajang Uber Cup 2022 di Bangkok, Thailand. Bisa dibilang, debutnya berbuah manis.

Bilqis mengaku nyaris menangis karena sangat terkejut dan senang dengan pencapaiannya tersebut. Ia merasa seperti mimpi karena berhasil membuat kejutan.

Bilqis Prasista Kalahkan Peringkat Nomor 1 Dunia di Uber Cup 2022Bilqis Prasista Kalahkan Peringkat Nomor 1 Dunia di Uber Cup 2022/ Foto: Instagram/badminton.ina

"Tadi di lapangan setelah memastikan menang, saya mau menangis haru dan gembira karena seperti mimpi bisa menang dan membuat kejutan. Tetapi air mata ini tidak keluar," ucapnya.

Melalui prestasinya ini, Bilqis berharap rekan-rekannya di Uber Cup bisa terpacu dan termotivasi untuk menorehkan prestasi juga. 

"Sangat senang bisa menang dan membawa Indonesia unggul 1-0 atas Jepang. Semoga teman-teman juga semangat, jangan takut dan yakin saja menghadapi pemain-pemain Jepang yang punya prestasi dan rangkingnya bagus-bagus," kata Bilqis.

Congratulations, Bilqis Prasista! We are so proud of you!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id