Tugas pekerjaan yang banyak memang seringkali membuat fokus dan konsentrasi jadi berkurang. Apalagi jika perkerjaan yang dikerjakan tak hanya satu dan dilakukan di rumah, maka konsentrasi pun akan mudah terbagi.
Berkurangnya fokus dan konsentrasi akan menghambat pekerjaanmu dan membuatnya selesai lebih lama. Jika tidak mau hal itu terjadi, lakukan 5 hal ini selama bekerja agar bisa tetap fokus dan berkonsentrasi. Simak yuk!
1. Jauhkan Hal-hal yang Bisa Mengurangi Fokus dan Konsentrasi
Handphone bisa mengurangi fokus/Sumber: freepik.com/wayhomestudio |
Beberapa benda dapat mengalihkan fokus saat bekerja. Salah satunya yang paling sering yaitu handphone. Ketika berniat untuk mengecek handphone sejenak, terkadang bisa lupa waktu hingga menghabiskan waktu berjam-jam, padahal tugas belum selesai.
Untuk mengatasi itu, taruh handphone di tempat yang jauh dari jangkauan tempat bekerja. Namun, kini sudah banyak juga handphone yang memiliki pengaturan focus mode atau aplikasi yang bisa membantu untuk lebih fokus, sehingga pengguna handphone tidak bisa menggunakan beberapa aplikasi tertentu hingga waktu yang telah ditetapkan sebelumnya.
2. Tetapkan Jadwal Kerja
Menetapkan jadwal kerja/Sumber: freepik.com/time |
Ini sangat berguna terutama bagi yang memiliki waktu kerja fleksibel. Tuliskan target waktu kerjamu, mulai dari jam berapa akan memulai, istirahat, hingga waktu selesai. Dengan begitu, waktu kerja akan menjadi lebih teratur dan produktivitas saat bekerja bisa tetap terjaga.
3. Ciptakan Suasana Tenang dan Nyaman
Suasana nyaman saat bekerja/Sumber: freepik.com/ViDIstudio |
Suasana yang tenang dapat meningkatkan fokus dan konsentrasi saat bekerja. Salah satu cara yang bisa dicoba untuk menciptakan suasana tenang yaitu menyalakan musik klasik saat bekerja. Musik klasik dapat membuat pikiran lebih rileks sehingga dapat menghilangkan stres saat bekerja.
4. Konsumsi Makanan dan Vitamin
Mengkonsumsi makanan/Sumber: freepik.com/pressfoto |
Perut yang lapar memang bisa menghilangkan fokus saat bekerja. Maka dari itu, mengkonsumsi makanan sebelum mulai bekerja bisa jadi salah satu cara untuk membuat tetap fokus.
Selain itu, di masa pandemi sekarang ini, pastikan untuk selalu rutin mengkonsumsi vitamin. Sebab, seseorang yang ada dalam keadaan sakit akan sulit berkonsentrasi. Hal ini pastinya akan menghambat pekerjaan yang ada.
5. Beristirahat Setiap 20-30 Menit Sekali
Beristirahat saat bekerja/Sumber: freepik.com/tirachardz |
Bukannya bagus dan cepat selesai, bekerja seharian tanpa jeda justru akan membuat fokus berkurang karena kelelahan. Oleh karena itu, luangkanlah waktu setelah 20-30 menit bekerja untuk beristirahat.
Beri jeda sekitar 10-15 menit untuk istirahat. Manfaatkan waktu ini untuk meregangkan otot, memakan camilan, minum, atau hal lainnya yang bisa mengurangi beban pikiran. Cara ini dianggap paling efektif untuk meningkatkan kembali fokus dan konsentrasi.
Nah, itulah beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk meningkatkan fokus dan konsentrasi selama bekerja. Yuk, langsung terapkan tips kerja di atas agar pekerjaan bisa lebih cepat selesai secara efektif, Beauties!