sign up SIGN UP

WFH Lagi, Simak Kiat Cegah Burnout Saat Kerja dari Rumah Berikut Ini

Ayuliy Lestari | Selasa, 06 Jul 2021 18:15 WIB
WFH Lagi, Simak Kiat Cegah Burnout Saat Kerja dari Rumah Berikut Ini
caption

Untuk menekan angka penyebaran covid-19, sebagian besar perusahaan mengambil kebijakan Work From Home atau WFH lagi nih, Beauties. Namun sayangnya, kebijakan tersebut seringkali membuat para pekerja mengalami burnout.

Dikutip dari Detik Health, burnout sendiri merupakan kondisi di mana otak dan tubuh tidak mampu mengatasi stres dengan sendirinya, yang biasanya dipicu stres berat pekerjaan. Ya, kamu akan merasa lelah secara fisik dan emosional saat menyelesaikan pekerjaan atau tugas-tugas kantor.

Stres berkepanjangan bahkan bisa berpengaruh pada sistem kekebalan tubuh seseorang. Padahal di tengah pandemi kamu perlu menjaga sistem imun supaya tetap sehat. Nah, untuk mencegah burnout saat WFH, kiat-kiat ini bisa kamu lakukan.

1. Ubah Mindset Kamu tentang WFH

Anti-burnout saat WFH/Foto: Freepik.com
Anti-burnout saat WFH/Foto: Freepik.com/Chai_tee

Terkadang karena semua aktivitas kantor dikerjakan di rumah, kamu tidak bisa membedakan mana waktu untuk kerja dan mana waktu untuk bersantai. Ingat, Beauties, kamu berada di rumah karena sedang WFH, bukan liburan. Kamu tetap perlu melakukan pekerjaan semaksimal mungkin. Jangan terlalu sering menunda pekerjaan karena akan membuatmu stres ketika mendekati deadline.

2. Bangun Mood Kerjamu

Anti-burnout saat WFH
Anti-burnout saat WFH/Foto: Freepik.com/Mhaophotostocker

Meskipun melakukan pekerjaan kantor di dalam rumah, kamu perlu membangkitkan mood kerja dengan tetap bangun pagi, mandi dan sarapan seperti hendak berangkat ke kantor. Apalagi menghirup udara pagi bisa membuat mood kamu membaik sepanjang hari, jadi kamu bisa meminimalisir burnout syndrome.

Selain itu, kamu juga perlu melakukan hal-hal yang membuatmu senang misalnya seperti menikmati sarapan dengan menu favorit, menyeduh teh atau kopi, mendengarkan musik dan lain-lain.

3. Pastikan Komunikasi dengan Relasi Berjalan Lancar

Anti-burnout saat WFH
Anti-burnout saat WFH/Foto: Freepik.com/Sckphotoshop

Ketika WFH, pastinya kamu tetap perlu menjalin komunikasi dengan rekan kerja atau relasi. Pastikan hal tersebut berjalan lancar dengan memanfaatkan aplikasi-aplikasi tertentu untuk mempermudahnya. Apalagi jika pekerjaanmu memang membutuhkan “tim work”, jangan sampai terjadi miskomunikasi, agar tidak ada masalah dan tugas-tugas yang tak dapat terselesaikan dengan baik.

Termasuk juga soal kejelasan pembagian kerja pada masing-masing individu, Beauties. Pasalnya terlalu banyak mendapat beban pekerjaan memang jadi salah satu seseorang terkena burnout.

4. Konsumsi Makanan Sehat Saat WFH

Anti-burnout saat WFH
Anti-burnout saat WFH/Foto: Freepik.com/Jcomp

Stres karena burnout akan membuat kegiatan WFH menjadi terhambat. Untuk mencegahnya, kamu perlu mengonsumsi makanan sehat bergizi seimbang, seperti cokelat, buah-buahan, serta sayuran hijau. Hindari makanan siap saji, karena akan berbahaya untuk kesehatan tubuhmu. Selalu ingat bahwa apa yang kamu konsumsi akan berpengaruh pada kesehatan tubuh ya, Beauties.

5. Sempatkan Diri Untuk Berolahraga

Anti-burnout saat WFH
Anti-burnout saat WFH/Foto: Freepik.com/Mhaophotostocker

Sebenarnya banyak nilai positif yang bisa kamu dapatkan dari WFH. Kamu jadi memiliki banyak waktu untuk berolahraga agar tubuh menjadi lebih sehat dan rileks. Tak perlu olahraga yang menghabiskan banyak waktu dan energi, kamu hanya perlu melakukan peregangan beberapa menit, latihan dumble atau jogging di sekitar rumah.

Olahraga sebaiknya dilakukan di bawah paparan cahaya matahari pagi, karena tubuh akan menyerap vitamin D dari sinar UV. Apalagi udara di pagi hari juga terasa lebih segar sehingga tak hanya sehat, tubuh dan pikiran juga fresh.

Sebaliknya, jangan terlalu lama apalagi dengan paparan matahari siang hari. Mengutip laman Web MD, paparan sinar ultraviolet (UV) matahari bisa merusak serat di kulit yang disebut elastinKetika serat-serat ini rusak, kulit mulai meregang. Ini juga lebih mudah membuatnya memar dan robek, serta membutuhkan waktu lebih lama untuk sembuh.

Itulah beberapa hal yang perlu kamu lakukan agar tidak mengalami burnout saat Work From Home atau WFH lagi.

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id