Baru Pindah Kantor? 6 Trik Ini Bantu Kamu Cepat Beradaptasi di Lingkungan Kerja Baru
Belajar adaptasi tidaklah mudah, apalagi dalam kasus pindah ke kantor baru. Mulai dari pekerjaan, aturan serta rekan kerja yang berubah membuat harus kamu memahami dari awal. Jika kurang hati-hati, bisa menimbulkan impresi buruk yang membuat aktivitas kerja ke depannya menjadi tidak nyaman.Â
Untuk kamu yang baru pindah kantor, ini beberapa cara yang bisa dilakukan untuk cepat beradaptasi dengan suasana di tempat kerja, seperti dilansir dari Indeed.
1. Tetapkan Goals yang Ingin DicapaiÂ
Sebagai anak baru, kamu perlu mengetahui tujuan karier di tempat kerja saat ini. Mengetahui apa yang diinginkan membuat kamu lebih bersemangat dan konsisten untuk memberikan hasil pekerjaan yang memuaskan.
Dengan begitu, target diri sendiri juga perusahaan dapat tercapai sehingga kamu bisa cepat mendapatkan reputasi baik di tempat kerja.Â
2. Bangun Hubungan Baik dengan Teman Sekantor
Menjalin hubungan yang baik sesama rekan kerja/Foto:Freepik.com/Freepik |
Supaya kehidupan di kantor terasa lebih menyenangkan, ciptakan hubungan yang baik dengan rekan kerja. Kamu bisa mengakrabkan diri dengan membangun obrolan mulai dari seputar pekerjaan atau topik menarik lainnya. Pastikan kamu selalu sopan serta ramah agar tidak meninggalkan kesan cuek saat baru berkenal dengan mereka.Â
Namun, ingat, ya, jangan sampai bahan obrolan menjerumus ke gosip agar kamu tidak dipandang negatif oleh rekan kerjamu.Â
Cara Cepat untuk Sukses Beradaptasi di Tempat Kerja Baru, Selanjutnya
6 Cara Adaptasi Supaya Cepat Merasa Nyaman di Tempat Kerja Baru/Foto:Freepik.com/Freepik
3. Memahami Budaya Kerja di Kantor Baru
Sebuah kantor lazimnya memiliki budaya tertentu, dan inilah yang harus kamu pahami. Carilah informasi di situs resmi organisasi, atau bertanya pada rekan kerja jika ada yang masih asing buatmu. Sebab budaya perusahaan dapat berubah seiring berjalannya waktu, pastikan kamu selalu terlibat dengan segala perkembangannya.Â
Memahami budaya perusahaan akan memudahkan kamu menyesuaikan diri dengan segala perubahan untuk meminimalisir terjadinya culture shock di kantor baru.Â
4. Hindari Membandingkan Kantor Lama dengan Baru
Adaptasi dengan budaya perusahaan/Foto: Freepik.com/Tirachardz |
Saat mempelajari budaya baru sebaiknya jangan lagi membandingkan dengan yang lalu. Hal ini membuat kamu terkesan menutup diri dan tidak siap dengan perubahan. Â
Fokuslah pada apa yang bisa kamu lakukan, salah satunya terbuka untuk mempelajari banyak keterampilan di kantor baru. Jika kamu sudah berhasil menerima perbedaan, secara bertahap, rasa kenyamanan pasti muncul dan berdampak positif bagi diri sendiri.Â
5. Tetap Berpikir Positif
Bangun kebiasaan berpikir positif di tempat kerja/Foto:Â Freepik.com/Freepik |
Kurang percaya diri dan overthinking adalah salah satu alasan dari sulitnya beradaptasi. Oleh sebabnya, kamu perlu membiasakan diri untuk berpikir positif.
Cara berpikir positif bisa dilakukan dengan mudah, mulai dari bersyukur, membiasakan diri mengucapkan terima kasih, serta selalu optimis dalam bekerja.Â
Tidak hanya untuk diri sendiri, vibe yang positif juga akan memengaruhi orang lain dan membuat suasana di tempat kerja lebih nyaman.
6. Jangan Ragu untuk Bertanya
Bersosialisasi lewat bertanya kepada rekan kerja/Foto: Freepik.com/Freepik |
Ketika memulai pekerjaan pertamamu, jangan ragu untuk bertanya seputar tugas, tanggung jawab atau cara menggunakan perangkat perusahaan. Dengan bertanya, kamu juga bisa bersosialisasi dan tidak ada lagi gap dengan rekan kerja.Â
Terpenting adalah, jangan terlalu menutup diri tetapi pahami juga batasan untuk bertanya agar tidak terkesan mengganggu.Â
***
Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!
Menjalin hubungan yang baik sesama rekan kerja/Foto:Freepik.com/Freepik
Adaptasi dengan budaya perusahaan/Foto: Freepik.com/Tirachardz
Bangun kebiasaan berpikir positif di tempat kerja/Foto:Â Freepik.com/Freepik
Bersosialisasi lewat bertanya kepada rekan kerja/Foto: Freepik.com/Freepik