sign up SIGN UP

BeauPicks: Selain Salicylic Acid, Ini 4 Bahan Aktif yang Bisa Hempas Komedo Bandel

Jovanka Rachel | Beautynesia
Selasa, 30 Nov 2021 18:30 WIB
BeauPicks: Selain Salicylic Acid, Ini 4 Bahan Aktif yang Bisa Hempas Komedo Bandel
caption
Jakarta -

Komedo adalah pori-pori tersumbat dengan partikel keratin yang terdiri dari materi sel kulit mati, bakteri dan sebum. Komedo yang terkena oksidasi udara kotor akan berubah warna menjadi kehitaman atau disebut blackheads. Komedo disebabkan oleh beberapa hal, terutama kecenderungan keluarga (genetik) dan fluktuasi hormonal. 

Melansir dari MD Acne, ketika kelenjar minyak kulit tersumbat, bakteri jerawat tumbuh di kelenjar dan merusak sistem kekebalan kulit. Sistem kekebalan mulai memproses inflamasi yang menghasilkan jerawat merah (papula) atau berisi nanah (pustula). Inilah mengapa penting bagi kita untuk membersihkan dan merawat wajah, Beauties.

Agar komedo tidak menimbulkan masalah kulit lainnya, Beautynesia mau kasih tahu kamu nih lima komposisi yang ampuh hempas komedo membandel.  Simak ulasan yang dikutip dari Dermstore berikut ini, ya! Salicylic acid sih sudah pasti masuk.

1. Benzoyl Peroxide

Skincare./Foto: unsplash.com/Birgith Roosipuu
Skincare./Foto: unsplash.com/Brigith Roosipuu

Bahan satu ini memiliki efek sebagai keratolytic agent, sama seperti asam salisilat. Artinya kandungan ini mampu memecah dan mengendurkan sel-sel kulit mati di pori-pori dan permukaan kulit. Selain itu, benzoil peroksida juga mampu melawan bakteri penyebab jerawat juga dapat menurunkan reaksi kimia yang mengubah lapisan folikel rambut. Bahan ini banyak dipasarkan untuk kulit remaja.

2. Glycolic Acid

Menggunakan Blackheads Strip./Foto: pexels.com/Sam Lion
Menggunakan Blackheads Strip./Foto: pexels.com/Sam Lion

Asam yang berasal dari tebu ini mampu memberikan awal baru bagi kulit yang rentan terhadap komedo dengan memperbaiki tekstur kulit. Kamu mungkin lebih mengenal kandungan ini sebagai alpha hydroxy acid (AHA). Menurut Pure Wow, asam glikolat memiliki berbagai manfaat lain seperti mengurangi hiperpigmentasi dan melembabkan wajah.

3. Witch Hazel

Toner./Foto: unsplash.com/Alia Hasan
Toner./Foto: unsplash.com/Alia Hasan

Selanjutnya ada Witch Hazel yang secara alami bisa menenangkan kulit dari serangan karena memiliki sifat anti-inflamasi. Kandungan ini sering muncul dalam toner. Disarankan juga agar menggunakan toner berbasis air. Formula yang mengandung alkohol dapat membuat wajah kering dan menyebabkan peradangan.

4. Retinoids dan Dioic Acid

Menggunakan Serum./Foto: pexels.com/KoolShooters
Menggunakan Serum./Foto: pexels.com/KoolShooters

Retinoid topikal sangat efektif untuk pencegahan dan pengobatan komedo. Retinoid adalah turunan dari vitamin A yang bekerja dengan meningkatkan pergantian sel kulit mati. Sedangkan asam dioat berguna untuk memperlambat produksi sebum yang menyumbat pori-pori serta melawan bakteri.

Buat kamu yang sedang mengalami masalah komedo, boleh, nih, pakai skincare yang mengandung bahan di atas!

[Gambas:Youtube]

***
Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fer/fer)

Our Sister Site

mommyasia.id