sign up SIGN UP

Beauties, Ini Kiat untuk Optimalkan Keamanan Paparan Konten Saat Anak Akses YouTube Kids

Meuthia Khairani | Beautynesia
Minggu, 26 Jun 2022 13:30 WIB
Beauties, Ini Kiat untuk Optimalkan Keamanan Paparan Konten Saat Anak Akses YouTube Kids
caption

YouTube Kids adalah sebuah fitur yang disediakan oleh pihak YouTube untuk mewadahi tayangan-tayangan yang aman dan nyaman untuk anak berusia 2-10 tahun. Ini merupakan sebuah solusi untuk orangtua yang galau antara tidak ingin melarang anak menonton YouTube, tapi khawatir kalau anaknya menonton video-video yang belum pantas ditonton mereka.

YouTube Kids diketahui telah menyaring secara ketat konten-konten video untuk anak-anak. Namun, para orangtua diharapkan untuk tetap tidak lepas tangan begitu saja dalam mengawasi tontonan anak sebagai antisipasi lolos dan munculnya video dewasa dan video tidak mendidik.

Untuk itu, dilansir dari detikBali, Youtube Kids juga menyediakan fitur yang perlu Beauties dan suami pahami untuk mengatur konten video yang disetujui untuk ditonton putra-putri tercinta.

Simak cara mengawasi aktivitas anakmu menonton di Youtube Kids ini ya, Beauties!

Tetap Memantau Tontonan Anak

Pantau Tontonan Anak dengan Youtube For Kids/Freepik/Tirachardz
Pantau tontonan anak dengan Youtube Kids/Freepik/Tirachardz

Meskipun konten-konten video di YouTube Kids dinilai aman karena telah diakurasi dengan ketat, jangan lupa kalau orangtua juga tetap harus berperan dalam menemani dan memantau tontonannya. Orangtua tetap menjadi pengawas utama apa saja yang ditonton anak melalui aplikasi tersebut.

Kenali dan Pahami Fiturnya

Pantau Tontonan Anak dengan Youtube For Kids/Freepik/YuriArcursPeopleimages
Pantau tontonan anak dengan Youtube Kids/Freepik/YuriArcursPeopleimages

 Youtube Kids juga mempunyai fitur music, learning, show, dan explore. Beauties dan suami perlu memahami cara menggunakannya agar bisa memilihkan tontonan yang cocok dengan minat anakmu.

Jika anakmu sudah paham cara memakai handphone, Beauties juga bisa menjelaskan cara menggunakan fitur-fitur tersebut pada anak agar dia dapat mencari sendiri tontonan yang cocok dengan selera dan minatnya.

Sepakati Durasi Menonton

Pantau Tontonan Anak dengan Youtube For Kids/Freepik/pressfoto
Pantau tontonan anak dengan Youtube Kids/Freepik/pressfoto

 

Dilansir dari detikInet, ada baiknya Beauties dan suami membuat kesepakatan dengan anak tentang durasi screen time-nya. Selain untuk meminimalkan kecanduan pada anak, memberi batas waktu menonton berguna untuk mencegah kerusakan mata pada anak di usianya yang  masih dini.

Berikan penjelasan yang mudah dimengerti anak bahwa dia boleh menonton YouTube asalkan tidak terlalu lama. Sehingga, anakmu mengerti batasan waktu dan selalu ingat berapa lama mereka boleh menonton video.

Untuk itu, YouTube Kids juga menyediakan fitur Timer untuk mengatur kapan waktu tayangan video akan selesai. Ini menjadi solusi untuk membatasi durasi anak menonton YouTube (screen time) meskipun tidak selalu diawasi secara langsung oleh orangtuanya.

Pada akhirnya, peran orangtua tetap dibutuhkan untuk memfilter tontonan anak agar mereka hanya menyaksikan tontonan yang bisa menjadi tuntunan mereka menjadi anak yang baik, cerdas, dan mengenal budi pekerti.

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id