sign up SIGN UP

Inspiratif dan Patut Dicontoh, Ini Cara Kamala Harris Menyeimbangkan Karier Politik dan Peran Sebagai Ibu

Camellia Ramadhani | Beautynesia
Senin, 07 Mar 2022 16:30 WIB
Inspiratif dan Patut Dicontoh, Ini Cara Kamala Harris Menyeimbangkan Karier Politik dan Peran Sebagai Ibu
caption

Beauties, meniti karier sambil mengurus keluarga memang bukan perkara mudah. Ironisnya, perempuan selalu menjadi pihak yang diminta memilih antara mengejar impian atau berperan sebagai ibu rumah tangga. Padahal, kedua peran bisa saja dijalankan dengan baik seperti yang dilakukan Kamala Harris, Wakil Presiden AS.

Menjadi petinggi negara adidaya tidak membuat Kamala Harris kehilangan perannya sebagai istri dan ibu dari anak-anak sambungnya, Cole dan Ella. Di tengah agenda padatnya, Kamala punya cara tersendiri untuk tetap dekat dengan keluarga.

Penasaran bagaimana cara Kamala Harris menyeimbangkan karier politik dan perannya sebagai ibu? Intip penjelasan berikut ini, yuk!

Menjadi Ibu Sekaligus Teman untuk Anak

Kamala Harris dan Keluarga/ Foto: thenetline.com
Kamala Harris dan Keluarga/ Foto: thenetline.com

Istilah ibu tiri biasanya sarat akan konotasi negatif, bahkan menjadi momok bagi anak dari orang tua yang bercerai. Tapi, hal itu tidak berlaku bagi Cole dan Ella. Dilansir dari laman Vogue, Cole dan Ella bahkan merasa dekat sejak pertama kali bertemu dengan Kamala. Kedekatan yang terjalin terasa natural dan terjadi secara instan.

Karena hubungan yang terjalin begitu lekat, Cole dan Ella menolak untuk memanggil Kamala sebagai ibu tiri, melainkan menggantinya dengan sebutan spesial yakni 'Momala'. Dilansir dari tulisannya di laman Elle, Kamala menjelaskan bahwa hubungannya dengan anak-anak sambungnya sangatlah modern selayaknya sahabat. Tidak hanya mendukung perkembangan anak-anaknya, Kamala juga menyesuaikan diri dengan selera musik dan tontonan kesukaan anak-anak sehingga mereka lebih bisa membangun chemistry.

Menyempatkan Waktu untuk Menemani Anak di Hari Pentingnya

Kamala Harris dan Keluarga/ Foto: Elle
Kamala Harris dan Keluarga/ Foto: Elle

Menjadi perempuan paling berpengaruh di negeri Paman Sam tentu sering membuat Kamala kesulitan membagi waktu apabila agenda politik dan acara keluarga terjadi di waktu yang sama. Dalam beberapa kesempatan, Kamala memang tidak bisa meninggalkan tugas penting negara. Misalnya Kamala tidak bisa hadir dalam upacara kelulusan Elle dari Parsons school of Design karena saat itu ia harus terlibat bersama FBI dalam investigasi Rusia.

Meski demikian, Kamala selalu berusaha menyempatkan waktu pada hari penting anaknya ketika tidak ada tugas yang terlalu mendesak. Misalnya dengan menghadiri pertandingan basket dan olimpiade renang Elle dan memberi dukungan penuh di kursi penonton.

Meluangkan Hari Minggu Khusus Untuk Keluarga

Kamala Harris dan Keluarga/ Foto: Indian Express
Kamala Harris dan Keluarga/ Foto: Indian Express

Kamala menyadari bahwa ia tidak memiliki banyak waktu yang bisa dimanfaatkan untuk quality time bersama keluarga. Akhirnya, Kamala selalu mendedikasikan hari Minggu malam untuk fokus bersama keluarga.

Berdasarkan keterangannya di laman Elle, Kamala menyebutkan bahwa tradisi makan malam bersama yang mereka lakukan semakin hangat dan menyenangkan dengan adanya pembagian peran antar anggota keluarga. Cole akan memilih musik latar, Ella membuat makanan penutup, Kamala menjadi koki, dan suaminya Emhoff akan menjadi asistennya. Dilansir dari New York Times, meskipun misalkan terdapat agenda mendadak yang harus menyita waktu makan malam mereka, Kamala tetap bisa hadir melalui Zoom dan kebersamaan mereka berlangsung secara virtual.

Itulah dia beberapa cara Kamala Harris dalam menyeimbangkan waktu antara karier politiknya dengan waktu berkualitas bersama suami dan anak-anaknya. Kamala Harris adalah bukti nyata bahwa perempuan tidak harus memilih salah satu antara peran ibu rumah tangga atau menjadi perempuan karier setingkat wakil pemimpin negara sebesar AS.

Tidak mudah bukan berarti tidak bisa. Sebagai perempuan hebat, justru seorang ibu harus bisa memberi contoh bagi anak-anaknya tentang arti kerja keras dan arti komitmen.

Semoga kisah Kamala Harris bisa memotivasimu untuk lebih berani mengejar mimpi ya, Beauties!

***

[Gambas:Video Beautynesia]

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id