sign up SIGN UP

Beauties Wajib Tahu! Ini 3 Ciri WhatsApp Disadap dan Dibajak, Serta Cara Mengatasinya

Tim Redaksi CNBC | Beautynesia
Selasa, 28 Jun 2022 15:45 WIB
Beauties Wajib Tahu! Ini 3 Ciri WhatsApp Disadap dan Dibajak, Serta Cara Mengatasinya
caption
Jakarta -

WhatsApp menjadi salah satu aplikasi bertukar pesan yang kini banyak digunakan masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Selain bertukar pesan, banyak fitur-fitur lainnya di aplikasi tersebut yang memudahkan seseorang berkomunikasi atau bekerja, mulai dari mengirim file, melakukan video call, dan lain sebagainya.

Akan tetapi, WhatsApp juga menjadi aplikasi yang cukup sering menjadi sasaran pihak tidak bertanggung jawab untuk membajak ataupun menyadap WhatsApp seseorang.

Hal ini akan menimbulkan kerugian berupa para pelaku bisa mendapat akses WhatsApp kamu hingga membalas pesan seolah-olah kamu adalah pengirimnya.

Namun, nggak perlu khawatir, Beauties. Sebagai pengguna WhatsApp, kamu bisa mengetahui ciri-ciri WhatsApp kamu sedang disadap atau dibajak seperti berikut ini:

1. Muncul Permintaan OTP

Rahasiakan kode otp whatsappCiri WhatsApp dibajak dan disadap/ Foto:pexels.com

One Time Password atau OTP merupakan kode berisi 6 digit nomor autentikasi yang biasanya dikirimkan melalui SMS. OTP juga menjadi kode 'gerbang masuk' untuk mengakses akun WhatsApp, di mana kode tersebut akan dikirim ketika pengguna hendak masuk ke akunnya.

Namun, jika tiba-tiba ada permintaan OTP yang masuk lewat SMS, kemungkinan ada pihak tak bertanggung jawab yang berusaha masuk ke akun WhatsApp kamu. Jika hal ini terjadi, segera abaikan pesan tersebut dan jangan memberikan kode OTP ke pihak manapun.

2. Pesan WhatsApp Terbaca dan Terkirim Sendiri

Gunakan emoji seperlunya saat mengirim pesan WhatsApp ke atasan.Ilustrasi WhatsApp/ Foto: pexels.com

Selain muncul permintaan OTP, ciri-ciri WhatsApp yang tengah disadap atau dibajak lainnya ialah pesan yang terbaca dan terkirim sendiri, meskipun kamu nggak melakukannya, Beauties. Jika hal ini terjadi, kamu perlu waspada karena kemungkinan besar WhatsApp kamu sudah disadap.

3. Keluar dari WhatsApp Web

Ilustrasi WhatsApp WebIlustrasi WhatsApp Web/ Foto: TheNextWeb.com

Jika akun WhatsApp kamu keluar dari WhatsApp Web padahal kamu nggak melakukannya, ini juga bisa menjadi ciri bahwa akun WhatsApp kamu tengah berusaha diretas.

Kamu juga bisa mengetahui jika ada perangkat lain yang berusaha mengakses akun kamu. Caranya cukup mudah, kamu bisa menekan ikon titik tiga di bagian kanan atas aplikasi, kemudian pilih mode WhatsApp Web dan akan muncul perangkat mana yang menggunakannya.

Lalu, bagaimana cara untuk mengatasi atau menghindari supaya WhatsApp nggak disadap hingga dibajak? Cek selengkapnya DI SINI ya, Beauties!

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(sim/sim)

Our Sister Site

mommyasia.id