sign up SIGN UP

WhatsApp, Netflix, Google dll Terancam Diblokir Kominfo per Juli 2022, Cek Alasannya di Sini, Beauties!

Fina Prichilia | Beautynesia
Kamis, 23 Jun 2022 12:00 WIB
WhatsApp, Netflix, Google dll Terancam Diblokir Kominfo per Juli 2022, Cek Alasannya di Sini, Beauties!
Foto: Carl Court/Getty Images/
Jakarta -

Sekarang apa-apa dimudahkan internet dalam kehidupan sehari-hari. Tetapi rupanya, Kementerian Kominfo bisa punya langkah untuk memblokir beberapa aplikasi yang lagi digandrungi.

Alasannya mengutip detikInet, yakni bila Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) lingkup privat yang belum terdaftar hingga 20 Juli 2022, maka akan diblokir.

Adapun beberapa PSE lingkup privat asing yang belum terdaftar termasuk WhatsApp, Netflix, Google, Facebook, hingga Zoom, Twitter, dan masih masih banyak lagi. Terpantau TikTok dan LinkTree terdaftar di Kominfo.

Kemudian yang domestik, yang sudah melakukan pendaftaran dan dikenal oleh publik ada Bukalapak, Tokopedia (dulu mendaftar sebelum merger dengan GoTo), GoTo, Traveloka, J&T, juga Ovo.

Akan Ada Tindak Tegas

NetflixNetflix/ Foto: Unsplash/Freestocks

Menurut Juru bicara Kementerian Kominfo Dedy Permadi, tentunya akan ada beberapa langkah yang perlu diambil sebelum memutuskan akses PSE sepenuhnya, Beauties.

Setelah tenggat waktu pendaftaran, Kominfo akan mengidentifikasi PSE yang belum terdaftar. Kemudian Kominfo akan berkoordinasi dengan kementerian/lembaga terkait yang menaungi PSE tersebut.

"Kita bisa cek misalnya game lokal, itu kementerian/lembaga yang menaungi siapa? Kemenparekraf misalnya. Fintech yang menaungi siapa? OJK misalnya. Media sosial yang menaungi siapa? Kominfo, dan seterusnya," jelas Dedy.

Setelah langkah tersebut, Kominfo akan berkomunikasi langsung dengan PSE untuk meminta penjelasan alasan kenapa belum juga terdaftar.

Bila penjelasan yang diberikan nggak cukup untuk diterima oleh Kominfo, maka akan langsung diputus aksesnya alias diblokir, Beauties..

U.S. Treasury Secretary Jacob Lew speaks  in conversation with BloombergÕs San Francisco Bureau Chief Jeff Taylor at the World Affairs Council of Northern California on February 19, 2014 in San Francisco, California. Secretary Lew discussed the state of the economy and global efforts to promote economic growth and financial stability and visited  the United States MintÕs San Francisco facility during his visit to the San Francisco Bay Area.WhatsApp / Foto: Justin Sullivan/Getty Images

Adapun soal mekanisme pemblokiran PSE, akan mengikuti prosedur yang ditetapkan Direktorat Pengendalian di bawah Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika.

Dedy juga mengungkap kalau PSE yang sudah diblokir masih bisa kembali lagi, atau yang disebut normalisasi, setelah memenuhi kewajibannya sesuai peraturan perundangan yang berlaku.

"Saya rasa PSE-PSE yang belum melakukan pendaftaran saat ini sedang melakukan processing. Kami juga berkomunikasi kok dengan mereka. Jadi kami optimistis bahwa PSE-PSE yang besar itu akan comply atau akan taat pada peraturan ini dan sedang melakukan proses pendaftaran," ucapnya.

Semoga segera melakukan pendaftaran agar situs dan aplikasi favorit kamu nggak kena blokir ya, Beauties...

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id