sign up SIGN UP

Alasan Kenapa Kamu Tetap Perlu Menjaga Privasi Meski Asyik Bermedia Sosial

Shinta Khoiru Nikmah | Beautynesia
Rabu, 22 Jun 2022 19:45 WIB
Alasan Kenapa Kamu Tetap Perlu Menjaga Privasi Meski Asyik Bermedia Sosial
caption

Kamu mungkin salah satu dari sekian juta orang tidak bisa lepas dari media sosial. Posting di feed, Instastory, juga WhatsApp Status, mungkin sudah jadi kegiatanmu sehari-hari. Tak ketinggalan juga saling berbalas DM dengan teman-teman di dunia maya dan berkomentar di postingan orang lain.

Meski demikian, kamu tetap perlu berhati-hati menggunakan media sosial, terlebih yang berkaitan dengan privasi. Sebaiknya hindari untuk sampai kamu mengunggah data identitas pribadi atau mengumbar hal yang cukup privasi di media sosial demi keamanan, Beauties.

Lebih lengkapnya, alasan kenapa kamu perlu membatasi privasi dalam bermedia-sosial adalah sebagai berikut.

Menghindari Pencurian Data

Menghindari pencurian data
Menghindari pencurian data/ Foto: freepik.com/Racool_studio

Membatasi penggunaan media sosial terlebih yang berkaitan dengan mengumbar privasi dapat menghindarkanmu dari pencurian data. Terlebih jika data tersebut adalah data yang cukup penting, seperti nomor KTP atau nomor telepon.

Kamu juga perlu memasang aplikasi tambahan seperti VPN untuk menghindari pencurian data. Melansir dari laman F-Secure, kamu tidak akan pernah tahu persis siapa yang lagi 'mengikutimu'.

Menjaga privasi pada internet berarti melindungi riwayat penelusuran, kata sandi dan nama pengguna, pesan pribadi, pembelian, dan sebagainya dari pengintaian. Informasi ini rupanya berharga bagi pelacak, pengiklan, dan penjahat. Untuk itu, kamu perlu memasang perlindungan semacam VPN untuk menghindari hal-hal tersebut.

Mempertahankan Batasan Sosial

Mempertahankan batasan sosial
Mempertahankan batasan sosial/ Foto: freepik.com/lifeforstock

Menjaga privasi dalam media sosial juga akan membantumu mengurangi jumlah informasi yang mungkin kamu dapat dari orang lain. Orang lain pun juga akan mendapatkan keterbatasan informasi tentangmu. Hal tersebut diyakini baik, karena memberimu ruang yang tenang dan terhindar dari gangguan orang lain di media sosial. 

Bonusnya, orang lain tidak punya bahan yang bisa digosipkan tentangmu sehingga hidupmu akan lebih tenang. 

Membatasi Opini yang Dilarang

Membatasi opini
Membatasi opini/ Foto: freepik.com/jannoon028

Media sosial memungkinkanmu untuk dengan mudah berkomentar jahat di kolom postingan orang lain. Ketika kamu mencoba membatasi privasi di media sosial, kamu jadi dapat sadar bahwa apa yang kamu ketikkan bisa saja terekam secara digital.

Kamu juga jadi paham konsekuensi yang mungkin kamu dapatkan ketika asal mengumbar opini di media sosial. Dengan pertimbangan-pertimbangan tersebut, kamu akan lebih berhati-hati menggunakan media sosial serta lebih menjaga privasi dalam bermedia sosial.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id