sign up SIGN UP

Beauties Wajib Tonton! Ini 6 Rekomendasi Film yang Angkat Isu Kesetaraan Gender

Retno Anggraini | Beautynesia
Kamis, 12 May 2022 07:15 WIB
Beauties Wajib Tonton! Ini 6 Rekomendasi Film yang Angkat Isu Kesetaraan Gender
caption

Kesetaraan gender merupakan salah satu isu yang hingga saat ini masih diperjuangkan. Tidak hanya pria, perempuan juga memiliki hak untuk hidup secara terhormat, bebas dari rasa ketakutan, dan bebas menentukan pilihan hidup. Sayangnya, perempuan masih dianggap lemah hingga saat ini.

Menjadi isu yang paling menarik untuk dibahas, beberapa rumah produksi pun telah memproduksi film-film terbaik yang mengangkat isu kesetaraan gender. Merangkum dari berbagai sumber, berikut adalah 6 rekomendasi film dengan tema kesetaraan gender yang wajib kamu tonton!

Hidden Figures (2016)

Hidden Figures
Poster film Hidden Figures/Foto: Pinterest.com

Diangkat dari kisah nyata, Hidden Figures menceritakan tentang perjuangan tiga perempuan kulit hitam untuk mendapatkan peran penting di NASA di tengah-tengah rasisme dan diskriminasi.

Film ini dibintangi oleh Taraji P. Henson sebagai Katherine Johnson, seorang ahli matematika yang perhitungannya memungkinkan keberhasilan misi orbital Mercury-Atlas 6. Kemudian ada Janelle MonĂ¡e yang berperan sebagai Mary Jackson, seorang insinyur perempuan kulit hitam pertama NASA. Lalu, terakhir ada Octavia Spencer sebagai Dorothy Vaughan, seorang ahli komputer perempuan kulit hitam pertama di NASA.

Bombshell (2019)

Bombshell
Poster film Bombshell/Foto: Pinterest.com/Allvipp.com

Mendapatkan cukup banyak nominasi dalam penghargaan Oscar 2020, film ini diangkat dari kisah nyata yang menceritakan sisi gelap dibalik kehidupan pertelevisian Fox News pada tahun 2016.

CEO Fox News, yaitu Roger Ailes kerap melakukan pelecehan seksual pada pegawainya. Hal ini membuat Megyn Kelly (Charlize Theron), Gretchen Karlson (Nicole Kidman), dan Kayla Pospisil (Margot Robbie) bertekad menjatuhkan kepemimpinan Ailes agar tidak lagi semena-mena terhadap perempuan.

On the Basis of Sex (2018)

On the Basis of Sex
Poster film On the Basis of Sex/Foto: Pinterest.com

Tidak hanya di Asia, dunia barat juga pernah mengalami masa diskriminasi perempuan di tempat kerja. Film biografi ini menceritakan tentang kegigihan Ruth Ginsburg (Felicity Jones) dalam perjuangannya menyetarakan gender di dunia hukum.

On the Basis of Sex menceritakan tentang sulitnya perjalan Ginsburg untuk menjadi pengacara karena di tahun 60-an, sangat sulit bagi perempuan untuk jadi pengacara. Ginsburg kesulitan dalam mengemban pendidikan di bidang hukum, serta kesulitan mendapat pekerjaan karena tak ada satu pun firma hukum yang mau mempekerjakan perempuan.

Kim Ji-Young: 1982 (2019)

Kim Ji-Young: 1982
Poster film Kim Ji-Young: 1982/Foto: Pinterest.com/IMDb

Diadaptasi dari novel berjudul sama, film ini menceritakan tentang realita budaya patriarki di Korea Selatan bahwa posisi perempuan di bawah pria, di mana perempuan tidak bisa memiliki pekerjaan atau kasta yang lebih tinggi dari pria.

Karakter Ji Young sendiri diperankan oleh Jung Yu Mi dan Gong Yoo yang berperan sebagai Jung Dae Hyun, suami Ji Young yang tidak mendukung adanya budaya patriarki. Film ini mendukung gerakan feminisme yang mencoba melawan budaya patriarki, di mana perempuan selalu dianggap lemah dibandingkan pria.

Kartini (2017)

Kartini
Poster film Kartini/Foto: Pinterest.com/Premiere_Magz Official

Berbicara mengenai perempuan dan kesetaraan gender, rasanya kurang lengkap jika tidak memasukkan film ini. Dibintangi oleh sederet artis papan atas Indonesia, film ini berfokus pada kehidupan Kartini selama dipingit sampai akhirnya menikah.

Selama dipingit, Kartini (Dian Sastrowardoyo) tetap belajar dengan membaca buku. Setelah menikah pun, Kartini tetap berusaha untuk mendidik para perempuan di masa itu. Dari film ini kita belajar bahwa perempuan juga berhak atas pendidikan yang layak.

3 Srikandi (2016)

3 Srikandi
Poster film 3 Srikandi/Foto: Pinterest.com/Dan At The Movies

Film 3 Srikandi menceritakan tentang tiga atlet panah Indonesia yang berhasil meraih medali emas dalam olimpiade yang berlangsung di Seoul, Korea Selatan pada tahun 1988.

Konflik film ini berkisar pada bagaimana Nurfitriyana (Bunga Citra Lestari), Lilies Handayani (Chelsea Islan), dan Kusuma Wardhani (Tara Basro) berhasil melewati masa-masa sulit, serta menghadapi pertentangan batin sebelum menjadi perempuan hebat karena prestasi mereka di bidang olahraga.

Itulah rekomendasi 6 film yang mengangkat isu kesetaraan gender. Pada hakikatnya, perempuan memiliki hak yang sama dengan pria. Perempuan juga berhak mendapatkan pendidikan yang layak serta kesempatan memilih karier dalam hidup.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id