STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Bebas dari Stres, Ini Alasan Mengapa Kamu Perlu Rutin Rapikan Rumah!

Aqillah Diaz Rahmadyani | Beautynesia
Sabtu, 27 Aug 2022 15:30 WIB
Bebas dari Stres, Ini Alasan Mengapa Kamu Perlu Rutin Rapikan Rumah!

Memiliki rumah yang nyaman, rapi, bersih, dan tertata merupakan impian semua orang, apalagi hal ini juga bisa meningkatkan suasana hati seseorang, serta dapat membuat seseorang merasa nyaman setelah melaksanakan aktivitas yang cukup padat di pagi hingga sore hari. Namun, apakah rumahmu memang sudah menyediakan tempat yang nyaman dan aman dari stres atau justru itu membuatmu semakin stres? 

Nah, mengorganisir rumah menjadi salah satu cara yang dapat dilakukan untuk meredakan stres. Dilansir dari Verywellmind, terdapat beberapa alasan mengapa kamu harus mengorganisir rumahmu. Berikut penjelasannya

1. Meredakan Stres yang Terjadi

Mereredakan Stres yang Terjadi / foto : pexels.com/AnnaShvets
Mereredakan Stres yang Terjadi / foto : pexels.com/AnnaShvets

Ketika kamu berada di ruangan yang berantakan dan apalagi jika kamu juga sedang berada pada suasana hati yang kurang menyenangkan, ini dapat membuatmu stres. Tentunya, hal yang perlu kamu lakukan adalah dengan membersihkan dan membereskan perabotan yang mungkin berserakan di beberapa sudut ruangan rumah.

Rumah yang berantakan dapat menciptakan stres tingkat rendah yang konstan dan pastinya secara tidak langsung hal ini juga berpengaruh pada energimu yang terus-menerus berkurang. 

2. Dapat Menghemat Waktu, Uang, dan Sumber Daya lainnya

Dapat Menghemat Waktu, Uang, dan Sumber Daya lainnya / foto : pexels.com/RaduFLorin
Dapat Menghemat Waktu, Uang, dan Sumber Daya lainnya / foto : pexels.com/RaduFLorin

Rumah yang berantakan tentunya akan merugikan dirimu. Hal ini dikarenakan dapat menambah pekerjaanmu dan tentunya dapat berpegaruh pada kedamaian batin.

Jika kamu tidak memiliki waktu luang untuk membereskan dan merapikan barang-barang yang ada di rumah, kamu akan kesulitan ketika akan mencari suatu barang dan tentunya juga membuang waktumu untuk mencari barang tersebut. 

Lalu, apabila kamu juga masih belum menemukannya, hal ini juga akan membuatmu semakin tertekan dan secara tidak sadar tentunya hal ini sangat menguras sumber daya yang kamu miliki. Kamu yang tak kunjung menemukan pun, bisa membeli barang baru lagi, yang bisa menguras kantong.

3. Menjadi Lebih Tenang

Menjadi Lebih Tenang / foto : pexels.com/AndreFurtado
Menjadi Lebih Tenang / foto : pexels.com/AndreFurtado

Ketika kamu berada di ruangan yang teratur, bersih, dan rapi pastinya kamu akan merasa lebih comfy dan tenang. Apalagi setelah beraktivitas, kemudian pulang ke rumah dengan keadaan rumah sudah rapi dan beres.

Tentu ini sangat membantumu merasa seperti memasuki ke tempat perlindungan yang jauh dari tekanan dunia luar dan tentunya membuatmu jauh lebih tenang untuk melepaskan rasa lelah. 

4. Dapat Membawa Lebih Banyak Hal Baik

Dapat Membawa Lebih Banyak Hal Baik / foto : pexels.com/AugustdeRichelieu
Dapat Membawa Lebih Banyak Hal Baik / foto : pexels.com/AugustdeRichelieu

Para pengikut Feng Shui mempercayai bahwa rumah yang tertata dengan baik dapat menyelaraskan energi vital dalam hidup untuk membawa keberuntungan di area lain dalam hidupmu. Pernyataan tersebut diketahui bahwa jika kamu berada pada lingkungan rumah yang menenangkan dan indah, tentunya hal ini juga akan berpengaruh positif pada orang lain dan tentunya pasti akan ada hal baik yang datang. 

Entah kamu percaya atau tidak pada pernyataan tersebut, tapi memang salah satu hal yang susah untuk dibantah adalah rumah yang terorganisir dengan baik dapat mengurangi stres seseorang. Tentunya hal ini juga akan membuat kamu dan keluarga merasa nyaman, serta betah untuk menghabiskan waktu seharian di rumah.

5. Membantumu Tidur Lebih Nyenyak

Membantumu Tidur Lebih Nyeyak / foto : pexels.com/AndreaPiacquadio
Membantumu Tidur Lebih Nyeyak / foto : pexels.com/AndreaPiacquadio

Melansir dari Select Health, mengorganisir rumah dapat membuatmu lebih fokus pada sesuatu hal yang penting, seperti salah satu contohnya adalah dapat membantumu tidur dengan waktu yang tepat. Di malam hari, kamu bisa memprioritaskan tidur dan istirahat dengan tenang dan mengetahui bahwa barang-barang yang berserakan sudah pada tempatnya semula.

6. Mampu Meningkatkan Produktivitas Saat Kerja

Mampu Meningkatkan Produktivitas Saat Kerja / foto : pexels.com/AndreaPiacquadio
Mampu Meningkatkan Produktivitas Saat Kerja / foto : pexels.com/AndreaPiacquadio

Selain diri sendiri yang harus terorganisir, lingkungan yang ada di sekitar juga harus terorganisir agar semua yang akan dilakukan selanjutnya dapat berjalan dengan baik. Apalagi jika kamu seorang pekerja kantoran, tentunya dengan mengorganisir rumah dengan baik akan membantu meningkatkan produktivitasmu saat kerja. Dan tentunya hal ini juga berpengaruh pada tingkat kreativitasmu.

Jangan biarkan rumahmu berantakan ketika kamu akan pergi ke kantor atau pergi jalan-jalan. Usahakan untuk merapikan pekerjaan rumah agar ketika sampai di rumah kamu bisa segera beristirahat. 

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE