sign up SIGN UP

Belajar Bahasa Asing dari Nol, Yuk Belajar dari 4 Channel YouTube Ini

Dewi Maharani Astutik | Beautynesia
Minggu, 03 Jul 2022 12:30 WIB
Belajar Bahasa Asing dari Nol, Yuk Belajar dari 4 Channel YouTube Ini
caption
Jakarta -

Belajar bahasa asing merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan setiap orang di muka bumi ini, terutama di negara-negara yang bahasa sehari-harinya bukan bahasa Inggris. Namun, seiring berkembangnya zaman, bahasa Inggris tidak lagi menjadi satu-satunya bahasa asing yang urgen untuk dipelajari.

Beruntung, era digitalisasi menjadikan pengalaman belajar makin mudah. Jika dulu belajar bahasa asing perlu banyak biaya dan tenaga, di era serba internet kini semua orang bisa belajar dari banyak media, salah satunya Youtube.

Cara mudah belajar bahasa asing di era serba digital/Foto: Pexels/Artem Podrez
Cara mudah belajar bahasa asing di era serba digital/Foto: Pexels/Artem Podrez

Nggak usah lama-lama deh! Ini dia beberapa channel Youtube yang memudahkan untuk belajar bahasa asing dari nol secara otodidak!

Bandung Oppa (Bahasa Korea)

Tidak bisa dimungkiri bahwa demam Korea sudah menjangkiti hampir sebagian besar manusia di belahan bumi mana pun, termasuk Indonesia. Tidak heran hal-hal yang berbau Korea, seperti bahasa Korea sendiri menjadi sesuatu yang digemari oleh masyarakat Indonesia.

Hal ini dibuktikan oleh tingginya jumlah pelanggan dari salah satu saluran belajar Bahasa Korea Bandung Oppa yang mencapai angka 1,13 juta. Video-videonya yang membahas tentang huruf hangul, percakapan dalam bahasa Korea, hingga belajar bahasa Korea dari lagu telah tayang hampir sebanyak 100 juta kali.

Wagomu #JapaneseClass (Bahasa Jepang)

Perkembangan teknologi yang berdampak pada sektor pendidikan/Foto: Pexels/RF._.studio
Perkembangan teknologi yang berdampak pada sektor pendidikan/Foto: Pexels/RF._.studio

Saluran Youtube dengan 532 ribu subscriber ini telah berhasil membuat video-videonya ditonton hampir sebanyak 40 juta kali sejak bergabung di pertengahan tahun 2015. Channel ini mengklaim bisa membuat penontonnya jago bahasa Jepang tanpa kursus.

Konten tayangannya sendiri seputar panduan belajar bahasa Jepang secara otodidak, tips efektif belajar bahasa Jepang, kisah inspiratif dari para praktisi profesional, hingga konten kreatif seperti balajar bahasa Jepang dari lagu dan sketsa parodi untuk menambah kosa kata bahasa Jepang.

Mandarin Corner (Bahasa Mandarin)

Akses belajar yang mudah melalui dunia digital/Foto: Pexels/William Fortunato
Akses belajar yang mudah melalui dunia digital/Foto: Pexels/William Fortunato

Mandarin Corner telah bergabung di platform Youtube sejak tahun 2017 dan memiliki sebanyak 300 ribu subscriber. Video-video dalam channel Youtube milik Syakcin Laoshi ini diklaim dikemas dengan metode yang seru dan membuat penonton serasa berada di kelas dan diajari oleh tutor pribadi.

Tidak heran jika video-videonya telah ditonton lebih dari 12 juta kali. Konten yang ditayangkan dalam saluran Youtube Mandarin Corner beragam mulai dari pengenalan, cara baca, menulis, pelafalan, hingga percakapan menggunakan bahasa Mandarin.

Guruku Mr D (Bahasa Inggris)

Akun Youtube yang satu ini telah berdiri sejak tahun 2016 dan dibuat oleh seorang pria berkebangsaan Amerika bernama Dennis Perez. Ia telah tinggal di Indonesia selama kurang lebih 9 tahun dan melakoni beragam profesi seperti trainer hingga guru bahasa Inggris di beberapa institusi.

Belajar bahasa asing hanya bermodal internet/Foto: Pexels/Tatiana Syrikova
Belajar bahasa asing hanya bermodal internet/Foto: Pexels/Tatiana Syrikova

Channel Youtube-nya sendiri telah memiliki sebanyak 558 ribu subscriber.dan seluruh videonya telah ditonton lebih dari 14 juta kali. Konten yang dibuatnya beragam mulai soal grammar, cara pengucapan, pemilihan kata yang benar dalam sebuah konteks kalimat, hingga trivia ringan dalam bahasa Inggris.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fer/fer)

Our Sister Site

mommyasia.id