Setiap logo perusahaan atau merek memiliki makna dan pesan tersendiri agar mudah dikenali dan dapat menarik perhatian pelanggan. Desain logo yang berkesan, baik rumit atau sederhana juga bisa berpengaruh terhadap keuntungan perusahaan.
Inilah alasan mengapa logo perusahaan dibuat tidak sembarangan dan umumnya memiliki pesan tersembunyi dibalik bentuknya. Dari banyaknya perusahaan ternama di seluruh dunia, ada beberapa logo perusahaan yang ternyata memiliki makna tersembunyi. Dirangkum dari Reader's Digest, yuk simak!
Wikipedia
![]() Logo Wikipedia/Foto: Pinterest.com/Philipe Paradis |
Selalu akrab di kalangan pengguna internet karena manfaatnya sebagai sumber informasi, Wikipedia merupakan perusahaan besar yang memiliki logo unik. Alasan di balik logo bola dunia yang terbentuk dari potongan puzzle karakter berbagai bahasa, ternyata tersirat makna "sifat tidak lengkap". Hal terlihat dari adanya bagian puzzle yang hilang sehingga diartikan bahwa situs Wikipedia adalah ensiklopedia digital yang akan terus diperbarui.
Baskin Robbins
![]() Logo Baskin Robbins/Foto: Pinterest.com/1000logos |
Terkenal dengan berbagai rasa es krimnya, Baskin Robbins juga memiliki pesan tersembunyi di dalam logonya, lho! Jika kamu perhatikan, pada logo Baskin Robbins terdapat angka 31 berwarna pink di antara inisial BR. Dilansir dari Reader’s Digest, angka 31 melambangkan jumlah aneka jenis es krim yang dijual Baskin Robbins.
Toblerone
![]() Logo Toblerone/Foto: Pinterest.com/1000logos |
Apa yang kamu lihat pertama kali dalam logo Toblerone? Sebuah gunung dan seekor beruang yang tampak bersembunyi di belakangnya menjadi lambang kota di mana tempat coklat ini berasal, yaitu di kota Bern, Swiss. Bentuk segitiga dari gunung melambangkan Matterhorn di pegunungan Alpen yang didesain berwarna kuning menambah kesan unik dan mudah diingat.
Hyundai
![]() Logo Hyundai/Foto: Pinterest.com/1000logos |
Perusahaan mobil asal Korea Selatan ini membuat logo yang terlihat cukup sederhana dengan huruf H yang dilingkari. Namun, tahukah kamu bahwa ternyata makna sebenarnya dari logo tersebut adalah dua orang yang berjabat tangan, diibaratkan satu orang sebagai penjual, dan yang lainnya adalah pelanggan mobil yang puas.
Apple
![]() Logo Apple/Foto: Pinterest.com/Lisa Marie Obrotka |
Logo apel tergigit menjadi salah satu logo paling ikonik yang dikenal di seluruh penjuru dunia. Rob Janoff dari CreativeBits selaku penggambar logo Apple menjelaskan bahwa tanda gigitan dengan skala kecil yang terdapat pada apel bertujuan agar orang-orang bisa membedakan buah apel dengan buah ceri.
Amazon
![]() Logo Amazon/Foto: Pinterest.com/1000logos |
Filosofi logo Amazon terlihat dari panah berwarna oranye pada bagian bawah yang membentuk senyum dan membentang antara huruf ‘A’ dan ‘Z’. Panah tersebut melambangkan keinginan perusahaan agar pelanggan merasa puas berbelanja online di Amazon karena bisa mencari berbagai produk dari huruf ‘A’ hingga ‘Z’.
Nah, itulah beberapa pesan tersembunyi pada logo beberapa perusahaan terkenal. Ada yang kamu sudah tahu maknanya, Beauties?
***
Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!