sign up SIGN UP

Belajar dari Lesti Kejora yang Ditolak Belanja di Hermes, Ini 4 Cara Hadapi Penolakan yang Baik untuk Mental

Cica Rahmania | Beautynesia
Senin, 20 Jun 2022 06:41 WIB
Belajar dari Lesti Kejora yang Ditolak Belanja di Hermes, Ini 4 Cara Hadapi Penolakan yang Baik untuk Mental
caption
Jakarta -

Dalam sebuah konten video di YouTube, pedangdut Lesti Kejora membagikan kisah penolakan saat ia berbelanja di Hermes Paris. Menurut Lesti, saat ia ingin membeli sepatu untuk suami, Rizky Billar, ke butik Hermes, dirinya tidak dilayani karena alasan sibuk.

Pengalaman Lesti Kejora tersebut membuat Rizky Billar kecewa. Di kesempatan yang sama, Rizky Billar mengungkapkan bahwa pengalaman itu adalah bentuk diskriminasi. 

"Diskriminasi tuh orang. Membeda-bedakan. Zalim tuh orang. Padahal ane mau bayar yah, mau bayar tuh di sana. Sibuk sendiri dia," kata Rizky Billar.

Jenis Teh yang Bisa Bantu Atasi KecemasanIlustrasi sedih karena penolakan. / Foto: Freepik/benzoix

Perlu dipahami bahwa penolakan pada hal-hal yang kamu inginkan adalah hal yang menyakitkan, dan itu adalah hal yang alami. Hal ini bisa timbul ketika kamu merasa tidak disertakan, diterima, atau disetujui.

Kendati penolakan kerap terjadi di kehidupan sehari-hari, tapi nggak semua orang bisa menghadapinya dengan baik. Dihimpun dari Psychology Today, ada empat cara untuk menghadapi penolakan yang baik untuk kesehatan mental. Apa saja?

Akui Penolakan Itu

Close up of a depressed Caucasian young woman sitting at home, reading some bad news on her smart phone, feeling sad and worriedIlustrasi sedih karena penolakan. / Foto: Getty Images/Ivan Pantic

Rasa malu kerap timbul ketika penolakan terjadi. Selain itu, timbul pula rasa perasaan tertekan, denial, dan hasrat melakukan hal-hal yang dianggap bisa menghilangkannya, seperti minum minuman keras atau pesta makanan.

Padahal, ketika kamu ditolak yang termasuk dalam keadaan berduka, ada baiknya kamu menerima perasaan itu. Menangis mungkin akan terjadi tapi menulis jurnal, terapi, berolahraga, pergi ke alam, self-care akan jadi terapi yang baik ketika bersedih.

Setidaknya, kamu perlu memberi waktu untuk memproses perasaanmu.

Jangan Salahkan Diri Sendiri

A young woman sits on a couch with her unrecognizable therapist.  She puts her head in her hand as she looks out the window with a sad expression.  Her therapist puts a hand on her shoulder.Penolakan. / Foto: Getty Images/SDI Productions

Mungkin kamu penasaran kenapa kamu dapat penolakan, tapi kamu tidak perlu mengoreknya terlalu dalam. Pasalnya, semakin kamu tidak mendapatkan atau menerima jawaban, maka kamu akan cenderung menyalahkan diri sendiri. Penolakan tidak selalu tentang kamu yang salah, dan bukan hal adil untuk menyalahkan diri sendiri atau bertanggung jawab.

Perkuat Pertahanan Diri

Tak jarang penolakan bikin down. Dikutip dari Psychology Today, para psikolog percaya bahwa ada hal yang bisa dipelajari dari penolakan, seperti pikiran terbuka, menghindari pemikiran 'semua orang sama', dan berfokus pada solusi.

Unhappy Couple After an Argument in the Living Room at Home. Sad Pensive Young Girl Thinking of Relationships Problems Sitting on Sofa With Offended Boyfriend, Conflicts in Marriage, Upset Couple After Fight Dispute, Making Decision of Breaking Up Get DivorcedIlustrasi sedih. / Foto: Getty Images/PixelsEffect.

Dengan begitu, kamu bisa mencari dukungan, mempertahankan rasa humor, mengingat kekuatan sebagai pertahanan diri. Kamu bisa melihat kesalahan sebagai langkah penting menuju kesuksesan, Beauties.

Tetap Tunjukkan Dirimu Berarti

Penolakan akan terjadi berulang kali dalam hidup, dan berulang kali juga kamu perlu dealing dengan dirimu sendiri. Dengan kemampuan berdamai dengan diri sendiri, hal tersebut dapat menciptakan pola pikir bahwa penolakan adalah bagian dari proses, sehingga tidak berlarut dalam kekecewaan.

In a panic about her looming deadlinesIlustrasi sedih. / Foto: Getty Images/iStockphoto/PeopleImages

Jadi, tanamkan lah pikiran bahwa bukan kamu yang menyebabkan penolakan, berfokus pada kekuatan kamu, dan menerima bahwa penolakan adalah hal yang normal, sehingga kamu bisa menerima penolakan dengan lebih efektif.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fer/fer)

Our Sister Site

mommyasia.id