sign up SIGN UP

Menghindari Diet Super Ketat, Ini 3 Kebiasaan Makan Sehat ala Camila Cabello, Tertarik Coba?

Putri Rizki Aulika | Beautynesia
Selasa, 07 Jun 2022 11:45 WIB
Menghindari Diet Super Ketat, Ini 3 Kebiasaan Makan Sehat ala Camila Cabello, Tertarik Coba?
caption

Camila Cabello termasuk salah satu selebriti yang menerapkan kebiasaan makan sehat. Jenna Wilis selaku pelatih Camila menyatakan bahwa Camila tidak menjalani diet ketat dan olahraga berlebihan karena tak berhasil. Maka dari itu, Camila hanya fokus pada makanan yang sehat dengan gizi seimbang dan olahraga secukupnya.

Dikenal juga sebagai selebriti yang aktif menyuarakan kampanye self love, Camila menganggap kesehatan mental sama pentingnya dengan kesehatan fisik. Sebagai bentuk memahami dan mencintai diri sendiri, Camila selalu menjaga kebugaran tubuh dan berpikiran positif agar mental terjaga.

Lalu, apa saja sih, kebiasaan makan sehat untuk menghindari diet ketat ala Camila Cabello? Simak penjelasannya yang telah dirangkum dari laman Eat This Not That ini, yuk!

Intuitive Eating

Ilustrasi makanan/Foto: Pexels.com/Ella Olsson
Ilustrasi makanan/Foto: Pexels.com/Ella Olsson

Intuitive eating merupakan metode non-diet yang mendorong seseorang untuk makan dengan penuh perhatian dan memperhatikan isyarat kelaparan internal tubuh. Pakar diet asal Amerika Serikat (AS), Evelyn Tribole dan Elyse Resch yang mengembangkan pola makan ini bertujuan untuk menghilangkan pemikiran diet dan memiliki pemikiran rasional terhadap makanan.

Daripada menghitung kalori atau mengkategorikan makanan sebagai sesuatu yang memberikan nilai “baik” atau “buruk”, para pelaku pola makan intuitif diajak berdamai dengan makanan, menghargai rasa lapar dan kenyang, serta menolak mentalitas diet ketat.

Pola makan intuitif mengajarkan untuk membangun komunikasi dengan sinyal lapar, karena rasa lapar yang sesungguhnya berbeda dengan rasa lapar yang sering muncul sebagai keinginan untuk makan makanan manis dan nutrisi kosong. Dengan menerapkan pola makan ini, memungkinkan Camila untuk menikmati makanan favoritnya sesekali, seperti pizza dan cokelat.

Makan dengan Porsi Kecil dan Penuh Nutrisi

Makan dalam jumlah porsi kecil dan penuh nutrisi/Foto: Pexels.com/Shameel Mukkath
Makan dalam jumlah porsi kecil dan penuh nutrisi/Foto: Pexels.com/Shameel Mukkath

Camila memilih makan dalam jumlah porsi kecil yang dipenuhi dengan makanan utuh dan nutrisi. Dengan menggunakan piring berukuran kecil, maka porsi yang diambil seseorang saat makan tidak akan berlebihan.

Selain itu, makan dalam porsi kecil akan membantu fungsi pencernaan  lebih efisien sepanjang hari. Berbeda saat makan porsi besar yang akan membebani sistem pencernaan dan sering menyebabkan kembung serta menurunkan energi sementara tubuh kesulitan mencernanya.

Mengunyah Makanan Lebih Lama

Ilustrasi seseorang sedang makan dengan mengunyah perlahan/Foto: Pexels.com/Andrea Piacquadio
Ilustrasi seseorang sedang makan dengan mengunyah perlahan/Foto: Pexels.com/Andrea Piacquadio

Camila mengunyah makanan lebih lama agar penyerapan nutrisi bisa dioptimalkan daripada makan cepat karena berisiko bisa menyebabkan beberapa kondisi yang merugikan kesehatan. Makan perlahan justru dapat membantu tubuh menjaga berat badan normal. Dengan mengunyah makanan lebih lama akan membuat makanan menjadi lebih kecil dan mudah dicerna tubuh.

Usahakan saat makan tidak sedang melakukan aktivitas lainnya seperti menonton televisi karena berbagai distraksi ini berpotensi membuat seseorang kurang peka terhadap sinyal kenyang yang disampaikan otak. Akibatnya, durasi panjang saat makan malah menyebabkan kelebihan makanan dan kalori yang masuk ke tubuh. 

Nah, itulah 3 kebiasaan makan sehat ala Camila Cabelo yang bisa kamu coba, Beauties!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id