sign up SIGN UP

Berhasil Jadi Karyawan Tanpa 'Orang Dalam', Begini Caranya Bikin HRD Tertarik Merekrut Kamu

Anindya Milagsita | Rabu, 27 Oct 2021 18:00 WIB
Berhasil Jadi Karyawan Tanpa 'Orang Dalam', Begini Caranya Bikin HRD Tertarik Merekrut Kamu
caption

Beauties, bagi yang sedang mencari pekerjaan proses rekrutmen kerja tentu nggak mudah untuk dilakukan. Ada proses yang cukup panjang dan persiapan matang yang harus dilakukan agar mendapatkan pekerjaan impian. Tak hanya itu, ada sosok Human Resources Development (HRD) atau recruiter yang nantinya menyeleksi kamu bersama kandidat lainnya.

Kandidat terbaik dan sesuai kriteria yang akan dipilih untuk menempati posisi sebagai karyawan baru. Tanpa bantuan 'orang dalam', ada sederet cara yang bisa kamu lakukan untuk menarik perhatian HRD agar mempertimbangkan kamu sebagai kandidat paling kuat, Beauties. 

Penasaran bagaimana caranya? Simak lewat artikel berikut yuk!

Perhatikan Ejaan dan Tata Bahasa

Memperhatikan ejaan dan tata bahasa dalam CV.
Cara bikin HRD tertarik buat merekrut jadi karyawan baru/freepik/serhii_bobyk

Saat proses melamar pekerjaan, kamu akan mengirimkan Curriculum Vitae (CV) sebagai syarat awal. Pastikan untuk memanfaatkan momen ini sebaik mungkin, Beauties. Seperti dilansir dari Forbes, ada seorang Infinite HR of Charlotte bernama Rebecca Edward yang menekankan pentingnya mempersiapkan CV dalam versi terbaik.

Salah satunya dengan memperhatikan ejaan dan tata bahasa. Meskipun terdengar sepele, tapi masih ada lho kandidat yang mengabaikannya. Kamu bisa memanfaatkan waktu luang untuk membaca, meninjau kembali, hingga merevisi ejaan maupun tata bahasa yang tertulis pada CV. Jangan ragu juga untuk meminta pendapat dari orang lain tentang isi CV kamu.

Punya Kemampuan Mengikuti Arahan

Kemampuan mengikuti arahan juga dibutuhkan agar HRD tertarik merekrut kandidat.
Cara bikin HRD tertarik buat merekrut jadi karyawan baru/freepik/tirachardz

Selanjutnya tak hanya mempersiapkan CV dengan baik, kamu pun dituntut untuk memiliki kemampuan ini agar bisa dilirik HRD. Bekerja secara remote atau jarak jauh selama pandemi covid-19 ini pun membuat kemampuan untuk bisa mengikuti arahan sangat diperlukan, Beauties. Hal ini ditekankan oleh anggota Forbes Human Resources Council bernama Laura Spawn.

Langkah awal yang bisa kamu persiapkan untuk bisa membiasakan diri memiliki kemampuan ini adalah dengan menyiapkan dokumen saat melamar dengan tepat. Seorang kandidat yang cenderung berinisiatif untuk mengikuti arahan sesuai permintaan pada lowongan kerja cenderung dilirik oleh HRD atau recruiter.

Melamar Kerja Sesuai Posisi yang Dibutuhkan

Melamar pekerjaan sesuai posisi yang dibutuhkan.
Cara bikin HRD tertarik buat merekrut jadi karyawan baru/freepik/katemangostar

Masih terkait proses awal rekrutmen, ternyata melamar pekerjaan sesuai posisi yang dibutuhkan bisa membantu kamu terpilih sebagai kandidat yang dipertimbangkan HRD, Beauties. Masih dilansir dari laman yang sama, Ochuco Dasimaka mengungkap kandidat yang memiliki lamaran pekerjaan dan CV yang sesuai persyaratan cenderung bisa menarik recruiter.

Saat ingin melamar sebuah posisi pekerjaan, pastikan kalau kamu sesuai dengan deskripsi pekerjaan dan persyaratan. Kamu juga bisa melengkapi CV dengan pengalaman kerja, pencapaian, keterampilan, hingga pendidikan. Pada bagian lamaran pekerjaan bisa ditambahkan dengan alasan kamu tertarik melamar di posisi atau perusahaan dan juga mengapa kamu cocok mengisi posisi itu.

Memiliki Potensi dan Cenderung Fleksibel

Menjadi pribadi yang berpotensi dan fleksibel dibutuhkan sebagai kandidat kuat.
Cara bikin HRD tertarik buat merekrut jadi karyawan baru/freepik/freepik

Dunia digital dan teknologi yang semakin maju pesat membuat karyawan baru dituntut untuk selalu dapat mengikuti perubahan zaman, terutama soal keterampilan dalam bekerja. Inilah yang ditekankan oleh  Jennifer Marszalek, anggota Forbes Human Resources Council.

Saat proses perekrutan, potensi dalam diri kandidat dan kemauan untuk bisa menjadi karyawan yang fleksibel cenderung dibutuhkan oleh recruiter.  Dua poin ini pun masih berkaitan dengan posisi pekerjaan yang nantinya kamu lamar, Beauties.

Punya Kemauan untuk Maju

Seorang anggota Forbes Human Resources Council lainnya yang bernama Tracy Cote justru lebih menekankan pada pribadi kandidat. Ia mengaku selalu tertarik pada kandidat yang tampil sebagai pribadi yang ingin terus berkembang. Seperti bagaimana cara mereka menyelesaikan tugas, mempelajari keterampilan, hingga mengelola pengalaman.

Seluruh komponen tadi nantinya bisa menjadi modal kamu saat sesi tanya-jawab selama proses wawancara, Beauties. Tak hanya CV dan surat lamaran pekerjaan yang menarik, jawaban yang kamu berikan selama interview pun sebaiknya juga dipersiapkan dengan matang. Selamat mencoba!

---------------------

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!


Our Sister Site

mommyasia.id