STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Berhenti Katakan Hal Ini di Tempat Kerja Sebelum Terlambat!

Astari Dewi Larasati | Beautynesia
Sabtu, 02 Jan 2021 14:30 WIB
Berhenti Katakan Hal Ini di Tempat Kerja Sebelum Terlambat!

Tempat kerja adalah dimana seseorang harus bersikap dan berkata secara profesional. Kinerja yang baik akan menjadikan perusahaan semakin maju dan pegawai akan menerima reward. Sebaliknya, jika tidak melakukan segala yang terbaik maka akan terkena dampaknya.

Ada beberapa bahasa serta etiket yang harus dipahami oleh pegawai selama di tempat kerja. Karena cara menampilkan diri sendiri adalah hal penting. Demikian pula, ucapan dari lisan yang perlu dijaga. Ada beberapa hal yang harus berhenti dikatakan selama di tempat kerja seperti berikut.

“Maaf mengganggu”

Daripada meminta maaf karena menyita waktu kerja, cobalah memberitahu mereka dengan sopan.
“Maaf mengganggu”/freepik.com

Saat meminta pertolongan atau ingin memotong waktu kerjaan seseorang, berhentilah berkata “maaf mengganggu”. Karena menyiratkan bahwa telah melakukan kesalahan padahal sebenarnya tidak demikian. Ingatlah bahwa kolega kerja dibayar untuk berada di sana.

Selama menyadari komitmen dan tuntutan sendiri, mereka akan senang hati membantu. Daripada meminta maaf karena menyita waktu kerja, cobalah memberitahu mereka dengan sopan. Ini akan membuat diri lebih percaya diri, tegas, dan tidak terkesan memaksa.

“Ada masalah dengan…”

Jika punya solusi, atasan akan menghargai serta menganggap pegawainya inisiatif.
“Ada masalah dengan…”/freepik.com

Tidak ada orang yang menyukai permasalahan saat di tempat kerja. Salah satu kesalahan pegawai adalah ketika menyampaikan ada masalah kepada atasannya. Meskipun ada beberapa masalah yang cukup serius sehingga perlu memberitahu atasan.

Cobalah untuk menemukan solusinya terlebih dahulu, jadi saat memberitahu atasan tidak hanya ditegur saja. Karena banyak pegawai yang hanya panik tanpa memikirkan opsi penyelesaian. Jika punya solusi, atasan akan menghargai serta menganggap pegawainya inisiatif.

“Sepertinya saya salah”

Akan mengurangi kredibilitas diri, menyiratkan ketidakpastian, dan menunjukkan kurang percaya diri.
“Sepertinya saya salah”/freepik.com

Dengan mengakui telah melakukan kesalahan akan mengurangi kredibilitas diri dan menunjukkan kurang percaya diri. Selain itu, perkataan ini akan menyiratkan ketidakpastian. Cobalah ganti dengan, “saya punya saran atau ide mengenai hal tersebut”. Sehingga membuat kolega percaya pada ide-ide serta lebih menghargai kehadiran atau partisipasi selama bekerja.

“Saya bisa melakukannya”

Merasa kewalahan di tempat kerja bisa menjadi masalah serius.
“Saya bisa melakukannya”/freepik.com

Merasa kewalahan di tempat kerja bisa menjadi masalah serius lho. Jika merasa tertekan untuk tugas tambahan ketika masih ada kerjaan lainnya, namun atasan telah memberikan tanggung jawab tambahan. Mungkin akan timbul rasa khawatir bahwa menolak pekerjaan jadi tidak bisa dinilai dengan baik. Namun jangan berikan jawaban “saya bisa melakukannya” dan ganti dengan “saya akan mencoba menyelesaikannya secara optimal”.

(arm2/arm2)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE