BILLBOARD
970x250

Berkeinginan untuk Switch Career? Persiapkan 5 Hal Ini Sebelum Mantap Memulainya!

Sherley Gucci Permata Sari | Beautynesia
Kamis, 14 Jul 2022 07:45 WIB
Berkeinginan untuk Switch Career? Persiapkan 5 Hal Ini Sebelum Mantap Memulainya!

Bertahun-tahun jalani pekerjaan ada kalanya seorang pekerja ingin mencoba bidang pekerjaan yang baru sampai nanti akhirnya menemukan pekerjaan yang benar-benar dirasa sesuai.

Misalnya, seseorang yang sebelumnya berkarir di bidang marketing ingin mencoba pekerjaan dan tantangan yang baru di bidang teknologi atau human resources. Kedua bidang pekerjaan ini tentu memiliki latar belakang yang berbeda dan skill yang dibutuhkan pun juga  berbeda. 

Banyak faktor yang menyebabkan seseorang ingin mengubah bidang pekerjaannya kini dengan bidang pekerjaan baru.  Mulai dari upah kerja yang tidak sesuai, lingkungan kerja yang tidak sehat, hingga ingin mencoba tantangan di pekerjaan yang baru. Namun, sebelum melakukannya ada hal-hal yang perlu dipersiapkan agar kamu tidak salah dalam mengambil keputusan dan berujung menyesal, lho, Beauties.

Berikut 5 hal yang perlu dipersiapkan, bagi kamu yang berkeinginan mengganti bidang pekerjaan atau switch career dilansir dari Indeed.

Research 

Research merupakan hal penting yang perlu dilakukan saat ingin switch career
Research/Foto: Freepik.com

Hal utama yang harus dilakukan  sebelum memutuskan berhenti dan mencoba pekerjaan di bidang baru ialah research. Yup, yang satu ini penting dilakukan agar kamu mengetahui informasi penting mengenai pekerjaan baru yang diminati dan hal lainnya yang perlu dipersiapkan.

Dengan melakukan research, kamu dapat mengetahui bagaimana lingkungan kerja, tantangan yang akan dihadapi, hingga besaran upah yang akan diperoleh dari bidang pekerjaan baru yang diminati.

Bahkan kamu juga bisa melakukan research tentang bekerja di luar negeri, lho! Dalam melakukan research, Beauties dapat memanfaatkan kecanggihan teknologi internet, sosial media hingga platform pencari kerja yang kini telah banyak tersedia berbagai pilihannya.

Memperluas Networking

Memperluas networking dapat membantu saat ingin switch career
Ilustrasi/Foto: Freepik.com/rawpixel.com

Memperluas networking juga bisa membantu kamu yang ingin mencoba switch career nih, Beauties. Dengan memperluas jaringan atau kenalan, seseorang yang ingin mengganti bidang pekerjaannya dapat menambah pengetahuannya di bidang pekerjaan yang baru atau yang diminati. Selain itu, networking juga membantu untuk mendapatkan informasi dan peluang pekerjaan yang baru.

Dilansir dari Indeed, perlu diperhatikan industri dan posisi apa yang diminati untuk dihubungi, serta bicaralah secara profesional. Networking ini bisa diperoleh dari rekan kerja, teman, tempat menempuh pendidikan, hingga platform pencari kerja, lho! Selain itu, networking juga bisa didapatkan lewat kegiatan sukarelawan atau magang yang juga dapat membantumu terlihat lebih menonjol dari kandidat pesaing. 

Mempelajari Skill dan Pengalaman Baru

Saat berkeinginan untuk switch career perlu mempelajari skill baru
Ilustrasi/Foto: Freepik.com

Mencoba  bidang pekerjaan baru bisa jadi momok menakutkan dan tentunya berisiko, jika tidak dibekali dengan kemampuan yang dibutuhkan bidang pekerjaan yang baru. Mengganti bidang pekerjaan baru maka bisa dipastikan akan membutuhkan skill baru di luar pengalaman kerja yang dimiliki. 

Mempelajari skill dan pengalaman baru bisa diperoleh dengan belajar dari internet atau mengikuti pelatihan khusus, bootcamp yang memiliki sertifikasi, seperti digital marketing, product management, dan lainnya.

Selain itu, dilansir dari Forbes, untuk dapat meningkatkan skill dan mendapatkan pengalaman baru, salah satunya bisa didapat dengan cara menjadi sukarelawan.

Mengubah Personal Branding 

Mengupgrade personal branding jug apenting dilakukan saat ingin switch career
Mengupgrade Personal Branding/Foto: Freepik.com/tiracardz

Dalam berkarir, personal branding jadi salah satu hal penting yang perlu dipersiapkan dan dibangun. Saat ingin mencoba mengganti bidang pekerjaan yang baru, mengubah personal branding atau rebranding juga penting dilakukan.

Hal ini bertujuan untuk menyesuaikan kembali skill dan pengalaman yang dimiliki dengan pekerjaan baru yang diinginkan. Rebranding dapat dilakukan dengan cara mengubah resume, surat lamaran, profil sosial, website, info kontak dan tentunya laman pencari kerja yang dimiliki sesuai dengan personal branding yang baru.

Motivasi Diri

Hal penting lainnya saat ingin switch career adalah memotivasi diri sendiri
Motivasi Diri/Foto: Freepik.com

Last but not least, motivasi juga penting dipersiapkan saat akan memulai switch career. Tanpa adanya motivasi, keempat hal di atas tentu tidak dapat dilaksanakan dengan baik. Agar selalu termotivasi, banyak cara yang dapat dilakukan, misalnya membuat kata-kata semangat di notes, handphone, hingga memanfaatkan spreadsheet untuk mencatat pencapaian saat proses menuju perubahan karir yang baru. Selain itu juga diperlukan apresiasi diri di setiap progress dan pencapaian yang berhasil dilewati

Nah, itu tadi 5 hal yang perlu disiapkan buat kamu yang mulai mencoba swicth career. Semangat, Beauties!

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE