BILLBOARD
970x250

Berminat dengan Pekerjaan Project Manager? Ini 5 Hal Penting yang Erat Kaitannya dengan Karier Satu Ini!

Debby Diah Ekawati Erawan | Beautynesia
Jumat, 18 Nov 2022 07:45 WIB
Berminat dengan Pekerjaan Project Manager? Ini 5 Hal Penting yang Erat Kaitannya dengan Karier Satu Ini!

Ada yang tahu posisi project manager atau manajer proyek di sebuah digital agency? Apakah Beauties berminat untuk bekerja dengan posisi ini atau mungkin bahkan ingin mencoba switching career?

Namun, sebelum itu, cari tahu dulu, yuk, sebenarnya apa saja, sih, yang dibutuhkan dari seorang project manager? Melansir dari LinkedIn, berikut hal yang erat dilakukan oleh seorang project manager:

1. Mengatur Jadwal Diskusi

Atur jadwal diskusi atau brainstorming/Foto: Freepik/DCstudio
Atur jadwal diskusi atau brainstorming/Foto: Freepik/DCstudio

Diskusi ini bisa dilakukan secara offline maupun online. Pentingnya diskusi ini adalah untuk mengetahui apa yang diinginkan oleh klien, apa objective-nya, apa saja target yang ingin mereka capai.

Dengan begitu, siapa saja yang terlibat di dalamnya dapat menyampaikan idenya maupun sudut pandangnya. Sehingga dalam pembahasan atau brainstorming ini lebih ke arah diskusi terbuka, agar strategi tepat sasaran dan jika ada suatu hambatan, penyelesaian masalahnya bisa lebih teratasi dengan baik.

2. Tentukan Target dan Memantau Progress Pekerjaan

Menentukan target dan memantau pekerjaan/Foto: Freepik/jcomp
Menentukan target dan memantau pekerjaan/Foto: Freepik/jcomp

Sebuah proyek pekerjaan yang efisien akan memiliki beberapa target yang ditetapkan untuk mengetahui bagaimana perkembangannya, sehingga dapat diketahui, diukur, dan dipelajari oleh tim apakah strategi yang dijalankan, sudah sesuai dengan target yang ditentukan.

Dalam hal ini, penting juga untuk menentukan pihak eksternal yang terlibat dalam proyek pekerjaan dan pihak internal yang dibutuhkan untuk penyelesaian proyek pekerjaan tersebut, Beauties.

 

3. Memahami Tugas dan Tanggung Jawab

Pahami tugas dan tanggung jawabnya/Foto: Freepik/lookstudio
Pahami tugas dan tanggung jawabnya/Foto: Freepik/lookstudio

Memahami bahwa tugas menjadi seorang project manager adalah memastikan semua berjalan lancar dan sesuai dengan tanggal yang telah disepakati. Project manager harus berperan aktif, memastikan tim memahami proyek tersebut dan apa saja cakupan pekerjaan yang harus dilakukan. Selain itu juga memberikan tenggat waktu kapan hasil pekerjaan itu harus diberikan kepada klien.

Hal Penting Lainnya yang Perlu Diketahui:

4. Bisa Memimpin dan Bekerja Sama

Bisa memimpin tim dan bekerja sama/Foto: Freepik/DCstudio
Bisa memimpin tim dan bekerja sama/Foto: Freepik/DCstudio

Seorang project manager juga harus memastikan kalau tim bisa bekerja sama dengan baik dan tidak merasa bekerja “sendirian”. Eksekusi pekerjaan menjadi bagian terpenting agar sesuai dengan timeline yang telah disusun oleh project manager. Karena itu, project manager perlu mencari strategi yang tepat untuk tim, jika memang diperlukan tim yang lebih kecil untuk mengerjakan bagiannya masing-masing, maka hal itu harus dilaksanakan.

Project manager juga perlu memberikan taklimat (briefing) yang jelas agar meminimalisir kesalahan. Tim juga harus diberi ruang untuk bertanya, tidak takut untuk mengajukan pertanyaan “mengapa?” karena tentunya keberhasilan dan kelancaran proyek pekerjaan yang dijalani menjadi harapan satu tim, bukan?

5. Tidak Takut Gagal

Jangan takut dengan kegagalan/Foto: Freepik/benzoix
Jangan takut dengan kegagalan/Foto: Freepik/benzoix

Untuk bisa 100% sesuai rencana atau bahkan zero mistake sepertinya akan menjadi beban tersendiri, ya, Beauties. Kita perlu memahami bahwa kegagalan tidak selalu berarti buruk, asalkan kita menyadari hal itu dan mengambil langkah yang diperlukan untuk memperbaiki atau tidak mengulangi kesalahan yang serupa. Dengan menyadari poin ini, membuat kita belajar menjadi lebih baik dan bisa mengambil tindakan tepat di masa depan.

Setelah melakukan kelima tahap di atas, jangan lupa untuk mengevaluasi pekerjaan, ya, Beauties. Dengan melakukan evaluasi kita jadi tahu apa saja keberhasilan serta hambatan yang dilalui, setiap anggota tim juga jadi bisa lebih terbuka untuk menyuarakan pemahaman mereka terkait proyek pekerjaan yang dilakukan. Sehingga akan memungkinkan kita dan tim untuk bisa menjadi lebih baik dan meminimalisir kesalahan.

Bagaimana, sudah siap switch career?

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE