Ada yang tahu posisi project manager atau manajer proyek di sebuah digital agency? Apakah Beauties berminat untuk bekerja dengan posisi ini atau mungkin bahkan ingin mencoba switching career?
Namun, sebelum itu, cari tahu dulu, yuk, sebenarnya apa saja, sih, yang dibutuhkan dari seorang project manager? Melansir dari LinkedIn, berikut hal yang erat dilakukan oleh seorang project manager:
1. Mengatur Jadwal Diskusi
Atur jadwal diskusi atau brainstorming/Foto: Freepik/DCstudio |
Diskusi ini bisa dilakukan secara offline maupun online. Pentingnya diskusi ini adalah untuk mengetahui apa yang diinginkan oleh klien, apa objective-nya, apa saja target yang ingin mereka capai.
Dengan begitu, siapa saja yang terlibat di dalamnya dapat menyampaikan idenya maupun sudut pandangnya. Sehingga dalam pembahasan atau brainstorming ini lebih ke arah diskusi terbuka, agar strategi tepat sasaran dan jika ada suatu hambatan, penyelesaian masalahnya bisa lebih teratasi dengan baik.
2. Tentukan Target dan Memantau Progress Pekerjaan
Menentukan target dan memantau pekerjaan/Foto: Freepik/jcomp |
Sebuah proyek pekerjaan yang efisien akan memiliki beberapa target yang ditetapkan untuk mengetahui bagaimana perkembangannya, sehingga dapat diketahui, diukur, dan dipelajari oleh tim apakah strategi yang dijalankan, sudah sesuai dengan target yang ditentukan.
Dalam hal ini, penting juga untuk menentukan pihak eksternal yang terlibat dalam proyek pekerjaan dan pihak internal yang dibutuhkan untuk penyelesaian proyek pekerjaan tersebut, Beauties.
3. Memahami Tugas dan Tanggung Jawab
Pahami tugas dan tanggung jawabnya/Foto: Freepik/lookstudio |
Memahami bahwa tugas menjadi seorang project manager adalah memastikan semua berjalan lancar dan sesuai dengan tanggal yang telah disepakati. Project manager harus berperan aktif, memastikan tim memahami proyek tersebut dan apa saja cakupan pekerjaan yang harus dilakukan. Selain itu juga memberikan tenggat waktu kapan hasil pekerjaan itu harus diberikan kepada klien.