Bersiap Cari Pekerjaan Baru, Ini Cara Resign yang Sopan Biar Nggak Diblacklist Perusahaan!
Ada berbagai alasan mengapa seseorang memutuskan untuk mengundurkan diri atau resign dari perusahaan tempat ia bekerja. Alasannya bisa berupa atasan yang kurang mendukung, jumlah pekerjaan yang terlewat batas, hingga jenjang karier yang tidak jelas.
Namun, keputusan untuk resign seringkali dipertanyakan para pekerja, karena takut dianggap membawa kesan yang buruk. Jadi, bagaimana caranya mengundurkan diri dari perusahaan tanpa memberikan kesan yang buruk?
Berikut telah Beautynesia rangkum cara resign yang sopan. Simak yuk, Beauties!
1. Membersihkan Seluruh Data di Komputer
![]() cara resign yang sopan/ Foto: Pexels.com/ Oleg Magni |
Melansir CNN Indonesia, cara resign yang sopan yang pertama adalah membersihkan isi dari komputer, mulai dari menghapus file pribadi dan semua akun yang tersimpan.
Namun, pastikan kamu menyimpan kontak rekan-rekan yang perlu dihubungi setelah mengundurkan diri. Karena siapa tahu kamu masih perlu membangun hubungan dengan mereka suatu hari nanti.
2. Menyelesaikan Masalah Sebelum Resign
![]() cara resign yang sopan/ Foto: Pexels.com/ Carolina B. |
Beauties, jika kamu ingin resign, sebaiknya selesaikan terlebih dahulu segala permasalahan dalam perusahaan, terkait pengalihan tugas atau masalah lainnya terkait pekerjaan.
Jika Beauties tidak menyelesaikan masalahnya, maka ini akan menjadi beban bagi rekan kerjamu yang lain, sehingga dapat menimbulkan kesan buruk karena kamu dianggap tidak bertanggung jawab.
3. Memberikan Solusi Atas Resign
![]() cara resign yang sopan/ Foto: Pexels.com/ Fauxels |
Melansir Wolipop, ketika Beauties menyampaikan keinginan untuk resign, sebaiknya berikan juga solusinya. Solusi ini bisa berupa mencari beberapa kandidat potensial yang bisa menggantikan posisismu di perusahaan.
Apakah kamu mengenal teman atau keluarga yang sedang mencari kerja? Mungkin kamu bisa memperkenalkan mereka soal pekerjaan ini.
4. Menyampaikan Alasan Resign dengan Jujur
![]() cara resign yang sopan/ Foto: Pexels.com/ Sora Shimazaki |
Cara resign yang sopan yang selanjutnya adalah menyampaikan alasan resign dari perusahaan kepada atasan dengan jujur. Ini karena kejujuranmu bisa menjadi masukan positif untuk perkembangan perusahaan di kemudian hari.
Beauties juga cukup menyampaikan rencana resign kepada atasan, atau rekan kerja satu divisi.
5. Menulis Surat Pengunduran Diri
![]() cara resign yang sopan/ Foto: Pexels.com/ Pixabay |
Surat pengunduran diri merupakan langkah awal pengajuan pengunduran diri. Beauties sebaiknya menulis sesuai format yang diberikan di perusahaan jika ada. Pastikan surat yang ditulis menggunakan bahasa yang formal, dan merincikan alasan mengapa kamu memutuskan untuk mengundurkan diri.
Beauties, itu dia beberapa cara resign sopan, yang bisa coba kamu lakukan. Semoga cepat dapat pekerjaan baru sesuai keinginan ya!
_______________
Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!




