BILLBOARD
970x250

Biar Nggak Boros, Coba Cara Ini untuk Mengatur Anggaran Keuangan Selama Ramadan, Beauties!

Anindya Milagsita | Beautynesia
Sabtu, 25 Mar 2023 13:00 WIB
(2) Jangan Berlebihan di Waktu Berbuka dan Hindari Menuruti Gengsi

Menjalani ibadah puasa Ramadan selama sebulan penuh ternyata tak hanya menahan lapar maupun dahaga, Beauties. Melainkan juga hawa nafsu yang salah satunya adalah berkaitan dengan keuangan. Momen Ramadan sering kali penuh dengan godaan, baik berbelanja untuk kebutuhan sehari-hari, keperluan lebaran, atau bahkan mungkin mengeluarkan uang hanya sekadar buat membeli jajanan. 

Hati-hati, saat hal ini nggak dikelola dengan baik bisa bikin kamu boros dan pengeluaran jadi tak terkendali. Lantas bagaimana ya cara mengatur keuangan yang aman selama bulan Ramadan? Berikut informasinya khusus buat kamu!

(1) Hanya Membeli Barang yang Dibutuhkan hingga Melacak Pengeluaran

Langkah pertama untuk menjaga agar keuangan selama Ramadan tetap aman dan antiboros dengan membeli barang yang benar-benar dibutuhkan. Sebelum membeli sesuatu coba tanyakan pada diri sendiri apakah kamu benar-benar membutuhkannya, Beauties. Hal ini seperti diungkap oleh profesional perbankan syariah bernama Dr. Ehsanullah Agha melalui LinkedInpandemi Covid-19 mengajarkan bahwa kesehatan finansial tak kalah penting dibanding kesehatan fisik.

Oleh karenanya, membelanjakan uang sesuai dengan kebutuhan dan mempertimbangkan terlebih dahulu barang-barang yang akan dibeli menjadi hal yang sangat penting untuk dilakukan. Selain itu, melacak pengeluaran sehari-hari ternyata juga diperlukan di bulan Ramadan kali ini.

ilustrasi seorang muslimah yang terlihat sedang membawa barang belanjaan
Potret seorang muslimah sedang berbelanja/freepik/garetsvisual

Masih dilansir dari laman yang sama, sebuah studi menemukan jika pelacakan dalam pengeluaran dapat membantu seseorang untuk memiliki wawasan yang besar tentang kebiasaan belanja mereka. Cara ini pun diharapkan bisa membantu untuk tetap disiplin terhadap anggaran hingga meminimalisir adanya pengeluaran yang tak dibutuhkan.

Cobalah dengan tiga langkah sederhana, Beauties. Seperti membuat perencanaan keuangan dengan pertimbangan pendapatan sekaligus pengeluaran bulanan, tak lupa mencatat pengeluaran harian, lalu mengevaluasi total pengeluaran bulanan dan anggaran awal yang sebelumnya telah direncanakan.

(2) Jangan Berlebihan di Waktu Berbuka dan Hindari Menuruti Gengsi

Selanjutnya jangan mengeluarkan banyak uang hanya untuk berbuka puasa, Beauties. Meskipun terdengar sebagai hal yang kecil, kebiasaan ini masih sering dilakukan, lho. Dikutip dari StashAwayada beberapa orang yang cenderung makan berlebihan saat berbuka puasa. Hal ini tak jarang dilakukan sebagai hadiah setelah menahan lapar dan haus seharian. 

Padahal hal ini malah berdampak pada kesehatan keuangan, apalagi saat dilakukan tanpa mempertimbangkan anggaran. Cara terbaik buat meminimalisirnya dengan memasak sendiri di rumah atau membeli makanan dari luar secukupnya saja.

ilustrasi sebuah keluarga yang tengah makan bersama
Potret berbuka puasa di rumah/freepik/freepik

Last but not least, jangan pernah membuat diri sendiri sama seperti orang lain. Pengaruh sosial dari teman sebaya atau orang terdekat terkadang membuat individu ingin ikut memiliki sesuatu yang telah mereka tunjukkan di media sosial. Seperti gadget terbaru, model tas atau sepatu yang tengah tren, hingga mungkin barang-barang mewah.

Saat membelinya hanya untuk mengikuti tren ataupun gengsi sampai harus mengorbankan anggaran, bisa berdampak pada finansial kamu, Beauties. Tetap berpegang teguh pada perencanaan keuangan sejak awal bisa membantu kesehatan finansial kamu jadi lebih baik, lho. Selamat mencoba, ya!

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI

(raf/raf)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE