Biar Nggak Gagal Terus-terusan, Simak 7 Kiat Sukses Menghadapi Interview Kerja

Novianty Aulia Anjani | Beautynesia
Minggu, 25 Dec 2022 20:00 WIB
Kiat Sukses Hadapi Interview Kerja Berikutnya
7 Tips Sukses Menghadapi Interview Kerja/Foto:Freepik.com/Freepik

Menghadapi interview kerja tentu bisa menimbulkan rasa gugup terlebih untuk kamu yang belum memiliki pengalaman. 

Tetapi jangan khawatir, dengan persiapan serta strategi yang tepat, kamu dapat membangun kepercayaan diri serta meminimalisir hambatan sehingga proses interview bisa berjalan lancar. 

Seperti dirangkum dari laman The Balance Money, ini beberapa tips untuk membantu kamu menyelesaikan interview kerja dengan sukses. Yuk simak!

1. Lakukan Riset tentang Perusahaan

Tanpa adanya pemahaman tentang posisi atau perusahaan yang dilamar membuat kamu kurang maksimal dalam menjawab pertanyaan nantinya. 

Oleh karenanya, lakukan dahulu riset untuk mencari tahu seputar deskripsi pekerjaan, skill yang dibutuhkan serta informasi penting lainnya. Semakin banyak wawasan yang dipahami, semakin mudah untuk kamu menampilkan keterampilan diri yang selaras dengan perusahaan. 

2. Berpakaian Sesuai Kriteria 

Bagaimana kamu berpenampilan menjadi kesan pertama sekaligus penilaian paling berpengaruh dalam sebuah interview. Karenanya, kenakan sesuatu yang sesuai dengan tipe berpakaian dari posisi atau perusahaan tempat kamu di wawancara. 

Setelan busana yang rapi bukan hanya meninggalkan kesan positif pada rekruter namun juga membuatmu lebih percaya diri sehingga pembawaan dalam interview pun terlihat menarik.

Sebelum interview, persiapkan materi, pertanyaan yang ingin diajukan serta pakaian yang rapih untuk dikenakan.
Siapkan materi dan kenakan pakaian rapih untuk interview
/Foto:Freepik.com/Senivpetro

3. Siapkan Pertanyaan

Meskipun muncul di akhir interview, momen bertanya juga menjadi penilaian tersendiri untuk melihat seberapa antusias dirimu kepada perusahaan. 

Beberapa pertanyaan seperti bagaimana tahapan selanjutnya, target yang dicapai serta hal lain seputar lingkungan tempat bekerja bisa kamu ajukan kepada rekruter. 

Selain mempelajari lebih detail tentang perusahaan, bertanya juga membuat proses wawancara lebih komunikatif. So, siapkan pertanyaan sebaik mungkin ya, Beauties. 

Kiat Sukses Hadapi Interview Kerja Berikutnya

7 Tips Sukses Menghadapi Interview Kerja/Foto:Freepik.com/Freepik

4. Tunjukkan Keterampilan Secara Maksimal 

Wawancara yang sukses salah satunya ditentukan oleh bagaimana kamu menunjukkan keterampilan sebagai calon karyawan yang berkualitas. 

Sebelum interview, siapkan apa saja yang akan dibicarakan seperti pengalaman kerja atau daftar pencapaian sebelumnya. Kaitkan hal-hal tersebut dengan kualifikasi yang dibutuhkan oleh perusahaan sehingga mendukung kecocokan kamu untuk posisi yang dipilih. 

Cara bercerita yang jelas dapat membuat rekruter tertarik untuk melihat lebih lanjut kinerja yang dapat kamu berikan nantinya. 

Menuturkan dengan jelas kemampuan, kelebihan serta pengalaman yang kamu miliki sebelumnya.
Yakinkan rekruter bahwa kamu memiliki kemampuan yang mumpuni/Foto:Freepik.com/Yanalya

5. Memahami Etika Saat Wawancara 

Setiap perusahaan mencari calon karyawan yang tidak hanya cerdas namun juga beretika. Penting untuk kamu memperhatikan setiap gestur tubuh yang ditunjukkan mulai saat masuk ruangan hingga selesai. Tunjukkan sikap yang ramah namun tetap sopan supaya rekruter merasa dihargai. 

Dengan menerapkan etika yang baik, kamu akan dipandang sebagai calon karyawan dengan karakter diri berkualitas yang tentunya memperbesar peluang untuk diterima. 

6. Kendalikan Rasa Gugup 

Rasa khawatir membuat kamu begitu stres menjelang interview. Meskipun menjadi hal yang lazim, terlalu grogi di depan rekruter bisa menggagalkan kelancaran interview lho, Beauties. 

Berikan waktu untuk mempersiapkan diri dengan datang 15 menit lebih awal dari jadwal yang ditentukan. Cobalah untuk tetap tenang dan fokuskan pikiran terhadap hal-hal positif untuk menghindari kekeliruan dalam menjawab pertanyaan

Kedepankan etika wawancara yang baik dan jangan lupa sampaikan terima kasih seusai wawancara.
Beretika yang baik dengan menyampaikan terima kasih kepada rektruter/Foto:Freepik.com/Timeimage

7. Ucapkan Terima Kasih 

Akhiri proses wawancara dengan mengucapkan terima kasih kepada rekruter. Sampaikan secara tulus dan ceritakan kesan baik yang kamu rasakan selama wawancara. 

Meskipun terkesan sederhana, ucapan terima kasih menjadi bagian dari etika interview kerja untuk membangun image baik sebagai calon karyawan. 

 ---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE