sign up SIGN UP

Biar Nggak Salah Jurusan, Calon Mahasiswa Bisa Coba Cara Ini buat Pilih Prodi Kuliah yang Tepat

Anindya Milagsita | Beautynesia
Senin, 25 Oct 2021 08:45 WIB
Biar Nggak Salah Jurusan, Calon Mahasiswa Bisa Coba Cara Ini buat Pilih Prodi Kuliah yang Tepat
caption

Beauties, adakah di antara kamu yang masih merasa bimbang untuk memilih jurusan kuliah apa yang nantinya akan dipilih? Kondisi ini wajar dialami para calon mahasiswa, lho. Terlebih bagi kamu yang memiliki banyak minat atau mungkin masih abu-abu soal tujuan karier di masa depan.

Ada berbagai hal yang harus kamu pertimbangkan untuk memutuskan jurusan apa yang akan dipilih. Biar nggak bingung, ada sederet cara memilih jurusan kuliah yang bisa membantu kamu supaya nggak galau lagi. Yuk, simak kiatnya lewat artikel berikut!

Tentukan Prioritas

Menentukan prioritas terlebih dahulu untuk memilih jurusan kuliah.
Cara memilih jurusan kuliah yang tepat buat para calon mahasiswa/freepik/rawpixel.com

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan dengan menentukan prioritas terlebih dahulu, Beauties. Kamu bisa menentukan prioritas dengan mempertimbangkan tujuan untuk kuliah, lho. Melansir dari Best Colleges, sebagian calon mahasiswa lebih mengutamakan jurusan kuliah berdasarkan potensi kerja atau gaji yang akan didapat nantinya saat bekerja. 

Ada banyak juga menentukan prodi kuliah yang cocok dengan bidang minat. Lainnya, lebih memilih prodi kuliah yang sesuai kemampuan mereka selama ini. Nah, dari ketiga faktor inilah harus kamu tentukan manakah yang jadi prioritas.

Pilih Sesuai Minat

Memilih jurusan kuliah sesuai minat.
Cara memilih jurusan kuliah yang tepat buat para calon mahasiswa/freepik/tirachardz

Seperti yang diuraikan sebelumnya, memilih prodi kuliah yang sesuai minat banyak dipilih oleh calon mahasiswa. Kondisi ini terjadi karena dengan memilih jurusan sesuai minat bisa membantu kamu mendapatkan hasil yang lebih baik saat mengikuti perkuliahan nantinya. Tapi nggak jarang, calon mahasiswa masih kesulitan mengenali minat mereka, Beauties.

Masih dilansir dari laman yang sama, buat membantu kamu menentukan minat bisa mencoba tes kepribadian. Ada 16 tipe kepribadian yang diwakilkan oleh 4 huruf seperti contoh INFJ, ENFP, ISTP, ESTJ, dan masih banyak lagi. Nah, lewat kepribadian inilah juga bisa membantu kamu lebih mengenal minat yang ada di dalam diri.

Fokus pada Kemampuan

Fokus sesuai kemampuan untuk bisa memilih jurusan kuliah yang tepat.
Cara memilih jurusan kuliah yang tepat buat para calon mahasiswa/freepik/jcomp

Tak hanya minat, kemampuan yang ada dalam diri ternyata juga bisa membantu kamu dalam menentukan jurusan kuliah, Beauties. Berbeda dengan minat yang terkadang masih abu-abu, kemampuan yang dimiliki seseorang cenderung pasti dan lebih mudah dikenali. Memahami kemampuan diri sendiri membuat kamu lebih percaya diri dan cukup membantu untuk menentukan prodi kuliah.

Seperti saat kamu memiliki kemampuan yang baik di bidang bisnis, maka ada sederet jurusan kuliah di Fakultas Ekonomi yang bisa dipilih. Di sisi kalau ada di antara kamu yang punya bakat menggambar, ada jurusan desain grafis yang dapat menjadi referensi buat dipilih.

Peluang Bagus di Masa Depan

Memilih jurusan kuliah yang memiliki peluang karier bagus di masa depan.
Cara memilih jurusan kuliah yang tepat buat para calon mahasiswa/freepik/marymarkevich

Meskipun banyak calon mahasiswa yang memilih untuk kuliah di jurusan yang sesuai minat ataupun kemampuan, nggak jarang ada juga lho yang sudah mempertimbangkan masa depan dan lebih memilih prodi yang berpeluang. Seperti dilansir dari detikEdu, peluang karier masing-masing jurusan bisa membantu kamu memilih mana yang paling cocok dan memiliki prospek karier bagus di masa depan.

Caranya dengan melihat prospek karier yang tengah diminati belakangan ini. Meskipun ke depan nggak ada yang tahu prospek karier seperti apa yang lebih diminati, tapi kamu bisa melihat bidang pekerjaan manakah yang cenderung selalu dibutuhkan dan justru meningkat dari tahun ke tahun, Beauties.

Riset Jurusan yang Dipilih

Melakukan riset mendalam untuk memilih jurusan kuliah yang tepat.
Cara memilih jurusan kuliah yang tepat buat para calon mahasiswa/freepik/tirachardz

Masih dilansir dari laman yang sama, setelah kamu menentukan jurusan apa yang akan dipilih untuk lanjut studi kuliah nantinya, pastikan untuk melakukan riset terlebih dahulu. Riset jurusan bisa membantu kamu untuk mengetahui gambaran mata kuliah apa yang akan dipelajari, bidang-bidang apa yang akan ditekuni, besar biaya yang dibutuhkan, hingga pilihan peluang karier yang bisa dijalani setelah lulus nantinya.

Kamu bisa melakukan riset dengan membuka laman resmi kampus atau universitas yang menyediakan pilihan jurusan sesuai apa yang dimau. Selain itu, jangan ragu untuk bertanya pada kenalan atau orang terdekat semisal ada yang sebelumnya pernah berpengalaman kuliah di jurusan yang sama, Beauties. Selamat mencoba, ya!

---------------------

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!


Our Sister Site

mommyasia.id