STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600

Bisa Bantu Atasi Stres, Ini 3 Fakta Menarik Gaya Hidup Minimalis

Salsabila Rimawan | Beautynesia
Senin, 07 Feb 2022 22:00 WIB
Bisa Bantu Atasi Stres, Ini 3 Fakta Menarik Gaya Hidup Minimalis

Gaya hidup minimalis sudah tidak asing lagi, terlebih ketika pandemi COVID-19 melanda. Gaya hidup minimalis menjadi konsep yang dipercaya dapat memfokuskan diri pada barang dan hal yang dibutuhkan saja dan membuang hal yang tidak lagi digunakan.

Minimalis bukan hanya soal penataan dengan barang yang bermanfaat, lho, Beauties. Menjalankan konsep hidup yang minimalis berarti juga siap untuk membebaskan diri dari keputusasaan, stres hingga depresi. Yuk, intip 3 fakta menarik seputar gaya hidup minimalis berikut ini!

Pereda Stres yang Efektif

Fakta Psikologi Dibalik Hidup Minimalis
Penghilang Stress/Foto: pexels.com/Ketut Subiyanto

Menurut studi, rumah yang berantakan akan membuat pemilik rumah mengalami kecemasan tiada akhir. Rasa ingin berbenah namun tertunda dan begitu seterusnya akan berpengaruh pada produktivitas seseorang dan kesehatan mental.

Sebaliknya, berdasarkan Psychology Answers, memiliki lebih sedikit barang di rumah akan mengurangi stres atau kecemasan. Memiliki lebih sedikit barang berarti lebih sedikit pula yang perlu dikhawatirkan dan kecil kemungkinannya untuk menunda-nunda pekerjaan.

Hal ini didukung oleh studi penelitian yang menunjukkan bahwa decluttering menciptakan ketenangan pikiran, menyederhanakan hidup, dan memungkinkan kemampuan untuk melakukan banyak tugas

Cara Mengaktualisasikan Diri

Fakta Psikologi Dibalik Hidup Minimalis
Mengaktualisasikan Diri/Foto: pexels.com/George Milton

Gaya hidup minimalis memberikan pesan bahwa ada hidup bukan hanya soal konsumerisme modern. Dengan minimalisme, berarti ‘memaksa’ seseorang untuk hidup dengan melakukan introspeksi terus-menerus dan dengan menanyakan apa yang benar-benar penting.

Gaya hidup minimalis juga mendorong seseorang agar tidak fokus hanya pada kekurangan dalam kebutuhan dasar dan lebih banyak berfokus pada hal-hal yang berkontribusi pada pertumbuhan pribadi. Dalam memastikan bahwa kebutuhan cukup, tetapi tidak berlebihan, seseorang dapat lebih efektif untuk mengaktualisasikan dirinya.

Meningkatkan Empati dan Peduli Sesama

Fakta Psikologi Dibalik Hidup Minimalis
Peduli Sesama/Foto: pexels.com/Andrea Piacquadio

Hidup minimalis dapat menjawab pertanyaan penting dan bermakna dalam hidup. Seperti hal yang berarti dalam hidup, apa yang membuat seseorang terhubung, ingin kepada siapa terhubung hingga apakah hal tersebut cukup berarti.

Alasan minimalis juga beragam, ada yang ingin memberikan hal yang tidak digunakan lagi agar bisa diberikan kepada orang yang lebih membutuhkan hingga rasa cinta pada lingkungan.

Dari produksi hingga pembuangan, konsumsi berlebihan meningkatkan polusi dan permintaan akan sumber daya alam bumi yang semakin menipis. Orang yang sadar lingkungan melihat gaya hidup minimalis sejalan dengan tujuan mereka untuk menjalani kehidupan tanpa limbah.

Itulah beberapa fakta menarik seputar gaya hidup minimalis. Ternyata gaya hidup ini memiliki segudang manfaat ya, Beauties! Tertarik mencoba?

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE